Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Measles and Rubella (MR) lanjutan kepada murid SDN Mojoroto 3 di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (28/12/2021). | ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.

Jawa Barat

29 Dec 2021, 03:45 WIB

Cirebon Mulai Vaksinasi Anak

Vaksinasi anak juga digencarkan di Kabupaten Semarang.

 

CIREBON -- Daerah yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak umur 6-11 tahun terus bertambah. Kemarin, Kota Cirebon, Jawa Barat memulai vaksinasi anak dengan target 1.000 anak divaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy  Sugiarto menyebutkan, ada 31.408 anak berusia 6-11 tahun di Kota Cirebon yang menjadi target vaksinasi Covid-19. Dia optimis target itu bisa segera tercapai. ''Insya Allah awal Februari 2022 selesai,'' ujar Edy, di sela peluncuran vaksinasi Covid-19 bagi Anak 6-11 Tahun di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Cirebon.

Kick off vaksinasi anak itu digelar selama dua hari dengan target seribu anak per hari. Edy mengatakan, setelah kick off hari ini, kegiatan vaksinasi Covid-19 akan dilanjutkan oleh seluruh Puskesmas. Vaksinasi akan dilakukan di sekolah-sekolah untuk mempermudah dalam pelaksanaannya. ''Setelah kick off ini, petugas puskesmas yang datang ke sekolah-sekolah,'' kata Edy.

Edy menyebutkan, vaksin yang digunakan untuk anak-anak itu adalah Sinovac 0,5 cc dan aman bagi anak-anak. Tak hanya menyasar anak-anak sekolah, lanjut Edy, vaksinasi Covid-19 juga menargetkan para orang tua atau keluarga yang mengantar anak-anak mereka ke sekolah. Bagi orang tua atau siapapun yang belum divaksin, maka mereka akan ikut divaksin.

photo
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Measles and Rubella (MR) lanjutan kepada murid SDN Mojoroto 3 di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (28/12/2021). Imunisasi MR lanjutan tetap diselenggarakan untuk anak sekolah dan menunggu minimal 28 hari kemudian untuk dapat diberikan vaksin COVID-19. - (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.)

''Jadi bagi orang tua atau keluarga yang mengantar anak ke sekolah dan belum divaksin, akan divaksin sekalian,'' kata Edy.

Meski peserta didik sedang melaksanakan libur sekolah, Polres Semarang tetap mengupayakan percepatan program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 – 11 tahun di Kabupaten Semarang. Kali ini pelaksanaan program percepatan vaksinasi anak usia 6 -11 tahun tersebut digelar di SDN Kembangan 02, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

“Pada pelaksanaan hari ini, tercatat ada 60 peserta didik yang mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ungkap Pjs Kasi Humas Polres Semarang, Iptu Bharatungga DP, di sela pelaksanaan vaksinasi di SDN Kembangan 02, Selasa (28/12).

Menurutnya, Polri –dalam hal ini Polres Semarang—terus berupaya mmbantu Pemerintah kabupaten (Pemkab) Semarang dalam menggencarkan program vaksinasi anak, usia 6 hingga 11 tahun.

Kendati saat ini masih dalam masa libur sekolah, para peserta didik SDN Kembangan 02, yang secara klasifikasi usia masuk dalam sasaran vaksinasi anak, diminta datang ke sekolah guna mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Sesuai arahan Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika HA, jajaran Polres Semarang telah diinstruksikan untuk bekerjasama dengan sekolah, Puskesmas Banyubiru serta orang tua peserta didik melaksanakan percepatan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun secara masif.

Hal ini dimaksudkan untuk mendorong tercapainya herd immunity pada anak- anak (peserta didik) pada masa pandemi Covid-19 ini. “Sekaligus sebagai perlindungan bagi peserta didik yang saat ini sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah,” tegasnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi di SDN Kembangan 02 ini, lanjut Bharatungga, mengerahkan tim dari Puskesmas Banyubiru dengan vaksinastor dr Antini. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi anak usia 6 -11 tahun ini juga didampingi oleh kepala sekolah Rusgi Harsono SPd beserta guru, Bhabinsa Desa Kemambang serta para orang tua peserta didik sasaran vaksinasi.

photo
Seorang peserta didik menikuti program vaksinasi anak usia 6 -11 tahun yang digelar Polres Semarang di SDN Kambangan 02, kecamatan banyubiru, kabupaten Semarang, Selaa (28/12/2021). Kendati masa libur sekolah, program vaksinasi anak terus digencarkan di wilayah Kabupaten Semarang. - (Dok POlres Semarang)

Secara umum, pelaksanaan vaksinasi kai ini berjalan lancar, para orang tua juga sangat antusias untuk mengantar dan menemani putra- putri mereka mengikuti program vaksinasi ini. Menurutnya, dukungan dari orang tua agar putra- putri mereka segera mendapatkan perlindungan --melalui program vaksinasi Covid-19 bagi anak sia 6 -11 tahun ini-- sangat dibutuhkan.

“Kami juga mengimbau kepada dewan guru masing- masing sekolah, wali murid dan peserta didik yang lain juga ikut mendukung suksesnya program vaksinasi anak usia 6 -11 tahun ini,” tegasnya. ';

×