Asupan gizi berimbang dan suplemen penting untuk menjaga daya tahan tubuh kala musim hujan. | Pixabay

Belanja

25 Dec 2021, 13:59 WIB

Perhatikan Asupan Harian Saat Musim Hujan

Asupan gizi berimbang dan vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh kala musim hujan.

OLEH SHELBI ASRIANTI

 

 

Datangnya musim penghujan berpotensi memberikan kondisi tertentu pada tubuh dan lingkungan. Daya tahan tubuh bisa menurun sehingga rawan terhadap penyakit. Karena itu, tindakan pencegahan jadi salah satu kuncinya, termasuk menjaga tubuh tetap bugar di musim hujan.

Untuk menjaga tubuh bugar, bisa ditempuh dengan berbagai cara. Dokter spesialis gizi di Klinik Primaya Hospital Tangerang, dr Yohan Samudra SpGK, menyampaikan beberapa langkah antisipasi untuk membuat kondisi tubuh selalu prima.

Salah satunya, menjaga pola makan gizi seimbang, terutama yang kaya vitamin C, vitamin D, dan zink. Rutin berolahraga juga penting dan pilihlah jenis olahraga dalam ruangan.

Langkah antisipasi lain, kata Yohan, adalah rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan diri, dan menjaga kebersihan makanan. "Ini penting karena kasus beberapa penyakit, seperti diare, typhoid, dan leptospirosis sering meningkat saat musim penghujan akibat air yang terkontaminasi," kata dia saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Di saat pandemi, langkah antisipasi tersebut sangat dibutuhkan. Ancaman Covid-19 pun masih berlanjut, tapi kata Yohan, apa pun variannya, cara pencegahannya sama, yaitu menjalankan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas), serta dari dalam dengan meningkatkan imunitas.

"Tetap waspada, tapi sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir karena tingkat kecemasan atau stres yang tinggi justru dapat menurunkan imunitas," kata Yohan.

 
Kasus beberapa penyakit, seperti diare, typhoid, dan leptospirosis sering meningkat saat musim penghujan akibat air yang terkontaminasi.
 
 

Menjaga imunitas dilakukan dengan memperhatikan asupan harian. Setiap orang membutuhkan asupan berupa makanan tinggi serat yang baik bagi pencernaan. Soalnya, 80 persen imunitas berada di saluran pencernaan.

"Protein juga diperlukan sebagai bahan baku pembentuk sel imun dan lemak tak jenuh dapat memperkuat dinding sel sehingga tidak mudah diserang penyakit," ungkap Yohan.

Apabila seseorang tidak dapat mencukupi nutrisi dari sumber makanan alami, konsumsi suplemen bisa jadi tambahan, apalagi di saat sakit, mengurus orang sakit, atau di sekitarnya banyak orang sakit. Meski begitu, seseorang tetap disarankan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran. Hanya, Yohan menganjurkan untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan dosis suplemen yang tepat guna mencegah efek samping.

photo
Selalu menjemur pakaian agar tidak lembab merupakan kiat terhindar dari penyakit kala musim hujan. - (Pixabay)

Terkait dengan jenis dan kandungan suplemen yang dibutuhkan tubuh, ada cara yang mudah untuk dilakukan, yaitu lewat aplikasi penyedia vitamin personal Jovee. Aplikasi ini menghadirkan cara untuk membantu masyarakat mendapatkan vitamin dan suplemen yang sesuai. Pengguna bisa berkonsultasi secara daring dengan ahli gizi dan membeli vitamin dengan mudah dalam satu aplikasi.

"Melihat pola hidup dan kebutuhan masyarakat yang beragam, Jovee hadir dengan fitur baru untuk memberikan rekomendasi vitamin dan suplemen sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan pola hidup masing-masing pengguna," ujar CEO Jovee Natali Ardianto dalam pernyataannya.

Konsumsi vitamin dan suplemen sebaiknya ketika kebutuhan tubuh sedang meningkat. Seseorang mungkin merasa badannya lemas dan letih.

Menurut ulasan Jovee, bisa jadi itu karena pola makan yang kurang optimal atau sehabis melakukan aktivitas berat. Kondisi demikian bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin B12 atau suplemen zat besi. 

Sementara itu, ada beberapa suplemen yang cocok dikonsumsi saat musim hujan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti vitamin A. Rekomendasi lain dari Jovee adalah mengonsumsi vitamin C atau E yang mengandung antioksidan. Kandungannya berfungsi membantu melawan radikal bebas agar tidak merusak sistem kekebalan tubuh.

photo
Tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker di keramaian bisa menjaga imunitas tubuh. - (Pixabay)

Menjaga Higienitas Keseharian

Menjaga kebersihan atau sanitasi menjadi salah satu langkah penting untuk memastikan badan tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap prima di musim penghujan. Berbagai produk pun hadir untuk masyarakat, termasuk dari PZ Cussons Indonesia.

Selama ini, PZ Cussons memiliki lima merek utama, antara lain Cussons Baby, Cussons Kids, Imperial Leather, Original Source, dan Carex. "PZ Cussons hadir untuk masyarakat Indonesia dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama di masa pandemi ini," kata Category & Brand Senior Manager PZ Cussons Indonesia, Andy Santoso, pekan ini.

Andy menyampaikan, produk-produknya menerapkan konsep keberlanjutan. Dia mencontohkan wewangiannya 100 persen alami dan terakreditasi vegan oleh organisasi hak asasi binatang People for the Ethical Treatment of Animals (PETA). 

Ancaman Covid-19 varian baru Omicron memberikan peluang bagi PZ Cussons lewat brand Carex untuk membantu masyarakat Indonesia menjaga kebersihan diri. Formula dengan pH asam dan Manuka Honey efektif membunuh kuman/bakteri dan menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, ada jenama Cussons Kids dengan rangkaian produk Cussons Kids Shampoo dan Cussons Kids Body Wash. Head Of Marketing Baby & Kids PZ Cussons Indonesia Rahma Anna Setyani menjelaskan, Cussons Baby hadir lengkap, seperti sabun cair dan batang, sampo, tisu basah, bedak, hair lotion, dan lainnya untuk bayi. Untuk Cussons Kids pun menyuguhkan rangkaian lengkap untuk perawatan kulit dan rambut anak.

photo
Kesehatan anak dijaga dengan asupan gizi berimbang kala musim hujan. - (Pixabay)

"Produk-produk Cussons Baby dan Cussons Kids telah tersertifikasi halal dan teruji secara dermatologi," ujar Rahma.

Sementara itu, higienitas pakaian pun perlu dijaga. Untuk ini, Wings Care berinovasi untuk deterjen Daia dengan formula bersih higienis dalam setiap variannya. Produk tersebut diklaim ampuh membersihkan pakaian dalam 30 detik dan mencuci pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan, terutama bagi para ibu.

Menurut sejumlah penelitian termasuk dari seorang pakar Color Therapy Constance Hart, warna dan wangi dapat memengaruhi suasana hati, emosi, bahkan kesehatan. Warna yang cerah cenderung membuat kita menjadi lebih positif dan bersemangat, begitu pula dengan wewangian.

Memperhatikan suasana hati ibu yang berpengaruh bagi keluarga, Daia pun menerapkan teknologi yang memberikan kemudahan bagi para ibu dalam menjalani kesehariannya, terutama dalam mencuci pakaian.

“Inovasi baru kami ini bertujuan untuk memberikan fun washing experience bagi para ibu dalam membantu mewujudkan keluarga yang bahagia,” kata Marketing Manager Daia-Wings Group Indonesia Anastasia Pamela dalam pernyataannya.

Pamela menyebutkan, varian Floral Blossom dan Fresh Lemon mempunyai teknologi Duo Perfume, yaitu paduan dua jenis parfum segar buah dan bunga. Sedangkan, Daia Putih memberikan wangi fresh dengan proteksi pakaian agar tetap putih dan cerah. Lalu, varian Romantic Pink dan Violet Passion dilengkapi butiran Softener agar pakaian tetap lembut dan wangi.


×