Sejumlah pekerja menjahit jas hujan Edelweiss Raincoat di Kelurahan Leuwinutug, Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021). Saat musim hujan, pilih pakaian luar yang tahan air sekaligus bisa menghangatkan tubuh. | ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Modis

Tetap Trendi Saat Musim Hujan

Aneka bentuk dan jenis outer dapat menghangatkan tubuh sekaligus tetap tampil trendi.

 

OLEH GUMANTI AWALIYAH

Musim hujan telah tiba. Udara basah dan sering lembap membuat daya tahan tubuh pun menurun. Karena itu, untuk menjaga kesehatan saat musim hujan, daya tahan tubuh perlu diperkuat dan pakaian pun perlu disesuaikan.

Pada musim ini, suhu udara cukup dingin sehingga pakaian yang bisa menjaga suhu tubuh tetap nyaman pun dibutuhkan. Desainer yang berfokus pada pakaian Muslimah, Ina Priyono, mengatakan, kenyamanan harus menjadi hal utama yang dipertimbangkan saat memilih pakaian pada musim hujan.

Untuk Muslimah yang biasa mengenakan gaun, dianjurkan untuk memakai legging berbahan nyaman dengan warna gelap. Sedangkan, untuk yang suka mengenakan setelan atasan dan bawahan, disarankannya untuk menggunakan celana berbahan nyaman dan warna gelap, tapi atasannya berwarna cerah agar tetap fashionable.

Agar tetap fashionable, Anda bisa memadukannya dengan tunik berwarna lebih cerah. “Anda juga dapat menggunakan outer karena musim hujan itu kan lebih dingin,” kata Ina saat dihubungi Republika, Rabu (8/12).

Outer yang bisa dipilih juga beragam mulai dari cardigan, hoodie, sweater, atau blazer yang cukup mudah ditemukan di toko busana, mal, bahkan butik di Indonesia. Menurut Ina, outer merupakan perpaduan yang tetap stylish, elegan, dan memberikan kenyamanan.

“Saya selalu tekankan, kenyamanan pemakai itu poin utama. Jadi, silakan bisa dipadukan mau dengan outer seperti apa, yang pasti harus nyaman,” kata Ina.

photo
Saat musim hujan, pilih pakaian yang bisa digunakan untuk belanja tapi juga berfungsi sebagai jas hujan. - (Dok Maison Gadiza)

Desainer modest ternama, Jenny Tjahyawati, juga sepakat soal outer bisa menjadi pilihan tepat untuk dikenakan saat musim hujan. Bahannya bisa dipilih dari viscose atau kain rayon semisintetis dari pulp kayu pengganti sutra yang halus. “Ada outer panjang modelnya seperti jins, tapi bahannya viscose. Nyaman sekali dipakai saat musim hujan,” kata Jenny saat diwawancarai di Nur Corner, Jakarta.

Untuk warna, menurut Jenny, selama pandemi Covid-19 ini tren warnanya lebih banyak. Jadi, outer berwarna pastel atau lebih terang masih sangat trendi untuk dikenakan di berbagai acara pada musim hujan.

Founder and Chairman Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) ini juga mengajak pencinta fashion khususnya modest fashion untuk bangga menggunakan outer dengan sentuhan etnik modern. Dengan begitu, selain menghangatkan tubuh, kita juga membantu menciptakan ekosistem fashion di Indonesia semakin mandiri.

Dalam perhelatan IMFW 2020, Jenny, misalnya, memperkenalkan koleksi bertema “Batik Gringsing Banyuwangi Warna Alam”. Dia menyuguhkan dua outer lengan panjangnya. “Kita sedang berjuang menjadikan Indonesia pusat modest fashion dunia. Jadi, bagaimana caranya agar kekayaan bangsa bisa jadi identitas dan kekhasan dalam setiap pakaian yang dikenakan," kata Jenny.

photo
Sejumlah pekerja memproduksi jas hujan, di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/1/2020). Memasuki puncak musim hujan, produksi jas hujan dari bahan taslan lateks impor tersebut mengalami peningkatan dari biasanya 50 pasang menjadi 100 pasang setiap hari. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/ama. - (ANTARA FOTO)

Menurut dia, hal tersebut bisa diwujudkan dengan dukungan masyarakat untuk menggunakan produk fashion dalam negeri, termasuk outer untuk dikenakan pada musim hujan. 

Seperti halnya Ina dan Jenny, desainer sekaligus founder ELHasbu, Lulu Elhasbu, juga condong pada outer seperti hoodie yang cocok dikenakan saat musim hujan. Selain itu, knitwear atau rajutan juga bisa menjadi alternatif karena bahannya tebal dan mampu menghangatkan tubuh.

“Kalau untuk musim hujan itu menjadi kesempatan buat kita untuk pakai bahan-bahan yang mungkin enggak kita pakai di musim selain hujan. Model-model hoodie, interlock, terus juga knitwear dan model lain yang agak tebal bisa kita kenakan,” kata Lulu saat dihubungi Republika, Kamis (9/12).

Lulu mengaku sering memakai outer atau jaket winter saat berlibur ke luar negeri. Koleksi pakaian winter juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk busana saat musim hujan. “Jaket atau outer-nya bisa dipakai untuk styling. Pas banget untuk cuaca dingin karena Jakarta juga sekarang agak dingin,” kata Lulu.

photo
Saat musim hujan, pilih pakaian luar yang terbuat dari bahan dapat menahan air. - (Dok Maison Gadiza)

Desain Khas untuk Kenyamanan 

Kemampuan untuk menahan suhu dingin dan udara yang basah merupakan salah satu pertimbangan yang diperlukan dalam mendesain pakaian yang dikenakan pada musim dingin atau musim hujan. Meski pertimbangan-pertimbangan tadi menjadi fokus utama dalam merancang busana, tetapi ada faktor lain yang butuh dilihat, yaitu kenyamanan dan model yang tetap gaya.

Beberapa pertimbangan seperti itulah yang muncul dalam pemikiran desainer ternama Jil Sanders. Desainer ini digaet merek fashion asal Jepang, Uniqlo, dalam menelurkan koleksi untuk musim hujan. Koleksi +J Fall Winter atau koleksi musim dingin 2021 ini jadi karya pertama Uniqlo dalam mengeksplorasi dunia high fashion.

Dalam koleksi ini, Sander tampak menghadirkan siluet yang khas, tekstur yang sensual, dilengkapi jahitan simpel untuk memberikan kenyamanan dan keeleganan baru bagi para penggunanya. Tak hanya itu, desain kali ini juga mengedepankan busana bervolume, tetapi dengan proporsi yang tepat dan bentuk yang menciptakan siluet baru.

photo
Pembeli memilih jas hujan di toko Istana Jas Hujan, Jl Wates, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ama. - (Antara Foto)

Desain tersebut dirancang karena Sander ingin koleksinya dapat memberikan kenyamanan bagi pemakainya, apalagi saat ini masih dalam pandemi Covid-19. “Koleksi winter ini fokus pada siluet yang khas, tekstur sensual dan jahitan elegan yang tentunya akan melengkapi rasa nyaman dan elegan ketika dikenakan semua orang,” kata Jil Sander, seperti dikutip dari pernyataan Uniqlo.

Dalam memasuki musim hujan, Uniqlo juga mempersiapkan pakaian fungsional yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Pakaian yang disiapkan berupa koleksi yang membuat pemakainya tetap kering dan nyaman saat meninggalkan rumah di musim hujan.

Bermuatkan teknologi antiair, Uniqlo mengenalkan Blocktech Parka, Pocketable UV Parka, dan Smooth Lined Parka. Ketiga jaket ini dapat dijadikan andalan baru ketika berada di bawah cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.

Paduan dengan lini sweats seperti Crew Neck Cropped Sweat, Full-Zipped, dan Pullover Sweat, serta Celana Sweat juga dapat melengkapi tampilan gaya dalam mengenakan lini parka. Pada musim hujan, biasanya setiap orang yang akan beraktivitas di luar ruangan perlu menyiapkan payung. Untuk itu, merek ini pun menyiapkan aksesori dari bahan tahan air, yaitu UV Protection Umbrella.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat