Tangkapan layar film Write Me a Love Song | Youtube

Geni

08 Dec 2021, 10:21 WIB

Write Me a Love Song: Kisah Jenaka di Balik Musisi Idealis

Film drama Write Me a Love Song disutradarai oleh Emil Heradi.

Bagi penggemar drama dengan cerita ringan dan kocak, serial “Write Me a Love Song” bisa menjadi pilihan. Drama orisinal Viu Indonesia yang terdiri atas 10 episode ini bercerita tentang kehidupan musisi bernama Valentino Kun (Bio One). Ditemani oleh gitar, Kun berusaha menciptakan lagu cinta yang hit. 

Permasalahannya, pada usia 27 tahum Kun tidak pernah merasakan cinta. Bagaimana dia bisa menciptakan lagu cinta, kalau tak pernah merasakan cinta? Kun digambarkan sebagai musisi yang sangat percaya diri, teguh dalam mengejar mimpi, dan bersedia melakukan apa pun. Dia termasuk musisi yang idealis, enggan menyanyikan atau mengaransemen lagu orang lain.

Mimpinya adalah menjadi musisi sukses yang bisa mengubah rasa dalam industri musik Indonesia. Peran ini menyuguhkan tantangan tersendiri bagi Bio One. Karena karakter Valentino Kun yang menarik, Bio tertarik mengambil peran tersebut.

“Saya pikir, cerita tentang kehidupan musisi ini seru banget. Lagu yang dinyanyikan juga sangat banyak. Jadi, saya excited,” kata Bio One saat wawancara khusus dengan Republika pada pertengahan November. 

Di balik keseruan “Write Me a Love Song”, ada sutradara Emil Heradi yang memegang peran sebagai sutradara utama. Namanya bahkan sudah mendunia. Film pertamanya Sagarmatha, diputar di berbagai ajang festival film internasional.

Di serial ini dia tak bekerja sendirian, tapi berkolaborasi dengan sutradara Sidharta Tata. Bio merasa seru saat diarahkan oleh keduanya karena masing-masing punya cara untuk mengarahkan. Apa yang ada di kepala keduanya sangat menarik. 

Serial bergenre komedi romantis ini jauh berbeda sekali dari dua karya Emil sebelumnya yang bergenre thriller. Cerita, skrip, hingga adegan lucu di serial ini bisa membuat penonton terpingkal.

Ide cerita serial ini berawal saat Emil berbincang dengan sang produser, Ajish Dibyo dan Wicaksono Wisnu Legowo. Mereka membicarakan tentang musisi yang jenius dan jago secara teknis, tapi musisi itu tidak bisa ke mana-mana dan akhirnya tidak membuat karya apa pun. “Ini idenya setahun sebelumnya, jadi baru terjadi di pandemi ini,” kata dia.

Musik menjadi topik utama dalam serial ini, bahkan empat pemerannya bernyanyi dengan suara asli mereka. Lagu-lagu yang dimainkan pun hampir semuanya easy listening dan beberapa lagunya diciptakan oleh salah satu produser musik, Reza Ryan.

Selain Bio One, pemeran lain dalam serial “Write Me A Love Song” di antaranya Dinda Kirana sebagai Yogurt, (musisi yang terbiasa meng-cover lagu orang lain sembari memainkan ukulele), Chelsea (Marsha Aruan) yang suka sekali dengan drama Korea, dan Steven (Andri Mashadi) yang selalu mendukung Kun meskipun karya Kun kurang bagus.

Serial “Write Me A Love Song” ditayangkan di 16 negara serentak sejak 25 November 2021. Ada 10 episode dari serial ini yang bisa disaksikan di Viu yang dapat diunduh secara gratis di App Store, Google Play, smart TV tertentu, dan web di www.viu.com.


×