Smart camera Tapo C2000 | Dok TP Link

Belanja

03 Dec 2021, 18:00 WIB

Hadirkan Kenyamanan Smart Home

Konsep rumah pintar membuat aktivitas di rumah lebih mudah, nyaman, dan aman.

Pandemi Covid-19 telah mendorong percepatan digitalisasi di Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, pada kuartal II 2020, sebanyak 196,7 juta atau 73,7 persen dari penduduk Indonesia sudah menjadi pengguna internet.

Alih media digital ini juga terjadi pada sektor home living. Masyarakat modern kini mulai mempraktikkan konsep smart home atau rumah pintar karena dinilai lebih praktis, mudah dan nyaman.

Masa pandemi Covid-19 juga melahirkan keterbatasan untuk bepergian keluar kota. Anak yang tinggal jauh dari orang tua ingin bisa melepas rindu, sekaligus memastikan orang tua aman di kampung halaman.

Terkhusus dalam kondisi orang tua sedang sakit atau lemah secara fisik, tentu perlu perhatian dengan memonitor keadaan mereka setiap saat. Keterbatasan seperti ini bisa diatasi dengan Tapo C200, smart wi-fi camera yang dapat difungsikan sebagai IP Camera sekaligus alat untuk berkomunikasi dua arah. 

“Dengan Tapo C200 kita bisa stand by memantau orang tua yang sedang sakit atau lemah secara fisik, dan dengan fitur two way audio yang dapat digunakan dengan Tapo App kita dapat bicara atau komunikasi langsung dua arah dengan orang tua atau yang ada di rumah, atau di kampung,” kata Marketing Manager TP-Link Indonesia, Yoshia di Jakarta, Kamis (2/12). 

photo
Pemanfaatan smart canera with wifi untuk mengawasi kondisi di rumah (ilustrasi) - (Dok TP Link)

Teknologi ini, sambungnya, sangat membantu tanpa harus terpaku layar handphone yang sangat terbatas dan merepotkan khususnya bagi orang tua yang sudah berumur. Sebab fitur voice controls yang ada pada Tapo C200 memungkinkan melakukan komunikasi dua arah melalui mikrofon dan pelantang internal. 

“Kita tinggal bicara dari jauh melalui Tapo App yang terpasang di smartphone kita, dan orangtua mendengar dan menjawab langsung tanpa kesulitan karena adanya perangkat Tapo C200 yang sudah terpasang di ruangan,” lanjutnya. 

Tapo C200 sudah memiliki kualitas HD video dengan resolusi 1.080 sejernih kristal, serta dengan penglihatan malam sampai lebih dari sembilan meter. Hal ini akan membantu menidentifikasi dan pengenalan dari jauh dengan kualitas gambar yang tajam. 

Tak hanya itu, Tapo C200 juga dilengkapi dengan fitur pendeteksi gerakan yang dengan otomatis memberi tahu pengguna saat kamera mendeteksi gerakan.  “Jadi alat ini mendeteksi gerakan dan mengirimkan peringatan atau notifikasi segera. Tak hanya itu kita juga bisa mengatur zona gerak untuk hanya menangkap apa yang terjadi di area yang kita pilih,” kata Yoshia.

Perangkat ini juga dapat berguna ketika pengguna perlu memantau barang-barang berharga kita yang ditinggal di rumah, hewan peliharaan atau tanaman yang berharga. 

Dukung Konsep Smart Home

photo
Pemanfaatan Iot untuk Smart Home - (Freepik)

Berangkat dari kondisi makin berkembangnya konse smart home di Indonesia, Ace juga melengkapi proses digitalisasi dengan menghadirkan 'Smart Solutions for Smart Home' yakni rangkaian produk inovatif berbasis IoT (internet of things) yang mendukung konsep sistem rumah pintar untuk aktivitas di rumah yang lebih mudah, nyaman dan aman.

Yoelius Saputra, selaku Marketing Communications General Manager PT Ace Hardware Indonesia, menjelaskan, secara bertahap Ace telah melakukan berbagai proses digitalisasi dari segala sisi untuk menghadirkan inovasi dan pengalaman belanja yang sesuai tren. 

Seperti penggunaan peranti digital untuk memperkuat posisi di dunia digital, pelayanan niaga elektronik, hingga mengembangkan aplikasi mobile bernama ;Miss Ace’ untuk kemudahan belanja dan dapat dikoneksikan dengan kartu member Ace Rewards.

"Karena itu Smart Solution for Smart Home merupakan kelanjutan untuk melengkapi proses digitalisasi yang kami lakukan," kata dia dalam konferensi pers virtual, awal November lalu.

Merchandising General Manager PT Ace Hardware Indonesia, Helen Widjaja, menerangkan, Smart Solution for Smart Home menghadirkan rang kaian produk pintar untuk rumah tangga, didukung dengan aplikasi Smartklic untuk kemudahan mengontrol berbagai perlengkapan rumah tangga menggunakan gawai.

Selain membuat aktivitas lebih mudah, produk- produk Smart Solution for Smart Home akan menciptakan rumah yang lebih nyaman melalui koleksi lampu dengan berbagai fungsi pintar, yang dapat membuat rumah lebih nyaman dengan fitur pengaturan cahaya sehingga suasana ruangan bisa disesuaikan.

"Kemudian ada juga universal remote yang dapat menggantikan fungsi berbagai remote perangkat elektronik di rumah, dalam satu genggaman sehingga lebih nyaman beraktivitas di rumah," kata Helen.

Untuk membuat rumah lebih aman, lanjut dia, pelanggan bisa meningkatkan keamanan koleksi Smart IP Camera dengan dukungan koneksi wifi, sehingga dapat memonitor keluarga, hewan peliharaan, maupun aktivitas bisnis dengan lebih mudah. Sementara, socket adaptor dan extension socket yang dapat diatur fungsi penjadwalannya dapat mengurangi risiko konsleting ataupun tersetrum listrik.

Fitur smart lock juga akan membuat rumah lebih aman, karena dapat mengunci secara otomatis dan memiliki pengaturan pada aplikasi sehingga tidak perlu khawatir jika lupa mengunci pintu atau lupa membawa kunci. "Penggunaan sidik jari pada sistem juga membuat kunci pintu sulit dipalsukan," jelas Helen.

Sedangkan untuk membuat rumah lebih sehat, Ace memperkenalkan beberapa produk terbaru. Misalnya smart robot vacuum cleaner yang akan membantu untuk menyapu, mengisap, mengepel kotoran di rumah secara praktis, serta alat penjernih udara yang dapat dikendalikan dengan mudah menggunakan aplikasi.

 
"Sistem pengendalian menggunakan aplikasi ini dapat mengurangi sentuhan dengan berbagai barang di rumah (touchless system), yang sangat dibutuhkan untuk meminimalkan penyebaran virus melalui sentuhan. Di samping itu, fungsi kontrol yang tersedia juga dapat menghemat penggunaan energi.”
 
HELEN WIDJAJA, Merchandising General Manager PT Ace Hardware Indonesia
 

 

 


×