Tampilan baru interiso Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1). Sejak diluncurkan oleh Toyota Astra Motor pada 2003 Toyota Avanza membukukan penjualan 1.7 juta unit selama 15 tahun kehadira | Yogi Ardhi/Republika

Otomotif

11 Nov 2021, 08:49 WIB

Resmi Meluncur, Avanza dan Veloz Gunakan Front Wheel Drive

All New Avanza kini dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih canggih.

 

 

Avanza telah genap berusia 18 tahun. Kini, multi purpose vehicle (MPV) itu telah mengalami perubahan yang signifikan lewat produk All New Avanza dan All New Veloz yang tampil makin canggih. Regional Operating Officer (ROO) Asia Region Toyota Motor Corporation Susumu Matsuda mengatakan, All New Avanza mengalami perubahan 180 derajat lewat pengembangan desain menjadi lebih menarik. Selain itu, menawarkan interior ekstra luas dalam memberikan ruang yang nyaman untuk melakukan perjalanan bersama seluruh anggota keluarga.

"Sebagai model global yang dikembangkan di Indonesia, Avanza telah menjadi brand penting bagi Toyota Global dan Toyota Indonesia. Kami harap, All New Avanza dapat semakin mendukung mobilitas masyarakat, khususnya di Indonesia dan melanjutkan warisannya untuk menjadi bagian dari kebesaran Indonesia," kata Susumu Matsuda dalam peluncuran All New Avanza dan All New Veloz yang digelar secara virtual pada Rabu (10/11).

Generasi ketiga All New Avanza kini dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih canggih dengan tetap mempertahankan DNA sebagai kendaraan andal, tahan lama, dan menawarkan value for money. Selain hadir dengan desain yang benar-benar baru pada seluruh bagian, mobil ini juga hadir dengan platform baru yang disebut dengan full engine–front wheel drive (FF)

Platform itu kemudian dikombinasikan dengan new comfortable suspension yang mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang. Termasuk karakteristik kecepatan spring rate dan damper sehingga kendaraan jadi lebih nyaman dan stabil.

Untuk tampilan, kini Avanza hadir dengan desain bumper depan yang bold dengan desain headlamp LED yang tajam. Serta panel chrome yang membuat tampilan front end mobil ini terlihat mewah, dinamis, dan canggih.

Kecanggihan itu dipertegas dengan penerapan sejumlah fitur. Misalnya, vehicle stability control, hill start assist, rear crossing traffic alert, dan blind spot monitoring. Bahkan, varian tertiggi Avanza juga telah dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS), seperti pre-collision warning and pre-collision braking, pedal missoperation control, lane departure warning and lane departure prevention, dan front departure alert.

Soal dapur pacu, produk yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 206,2 juta ini dihadirkan dalam opsi mesin 1,3 liter dan 1,5 liter. Mesin itu dipadukan dengan transmisi continuously variable transmission (CVT) yang mampu menunjang efisiensi dan kenyamanan berkendara dalam berbagai kondisi.

Untuk All New Veloz, mobil ini dibangun dengan desain dinamis yang tidak hanya menciptakan citra terdepan dan premium. Akan tetapi, juga menonjolkan tampilan crossover yang tangguh. Secara grand design, kesan kokoh, tangguh, dan agresif terpancar dari kap mesin yang tinggi.

Sebagai MPV yang tangguh, dari samping All New Veloz memancarkan garis tegas dengan garis desain yang harmonis dan berirama untuk membentuk penampilan yang mengesankan sekaligus memberikan kesan tangguh.

Produk ini dibekali dengan wireless charger dan new electric parking brake with brakehold. Selain itu, mobil dengan mesin 1,5 liter ini juga dibekali dengan vehicle stability control, hill start assist, new all round view camera, rear crossing traffic alert, dan blind spot monitoring.

Mobil yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 251,2 juta ini pun dibekali dengan fitur TSS. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima mengatakan, perusahaan telah mendengar banyak masukan, terutama dari para pengguna, untuk mengembangkan Veloz yang semakin sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Toyota telah mengembangkan mobil yang benar-benar baru dengan platform, teknologi, dan fitur baru, serta memperkenalkan All New Veloz kepada pelanggan.

"Veloz dihadirkan sebagai sebuah MPV 7-seater baru yang tidak hanya akan menjadi partner yang dapat diandalkan. Tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk dinikmati pelanggan dengan tampilan premium dan kehadiran yang kuat yang mampu mencerminkan kepribadian pemiliknya. Kami berharap All New Veloz dapat semakin memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan di Indonesia," kata Fumitaka Kawashima. 


×