AS Roma | EPA-EFE/ETTORE FERRARI
26 Oct 2021, 11:10 WIB

Hujan Kartu Merah untuk Para Allenatore

Spalletti mendapat kartu merah langsung pada menit terakhir babak kedua.

Liga Seri A Italia musim 2021/2022 memanas pada giornata kesembilan. Ada ketegangan di luar dan di dalam lapangan. Ini terjadi di berbagai grande partita. Para pelatih sejumlah tim menjadi korban. Mereka diharuskan meninggalkan areanya. Momen unik terjadi karena dalam malam yang sama, empat pelatih mendapatkan kartu merah.

Dimulai dari duel Atalanta vs Udinese. Laga yang berlangsung di Gewiss Stadium, Bergamo, Ahad (24/10) petang WIB itu, berkesudahan imbang 1-1. Juru taktik tuan rumah, Gian Piero Gasperini, mendapat kartu merah pada injury time babak kedua.

Gasperini marah besar. Ia merasa tidak pantas diganjar hukuman seperti itu. Namun, sang pengadil enggan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

"Saya tidak memarahi siapa pun dan saya sama sekali tidak tahu mengapa saya dihukum. Ini masalah besar bagi wasit karena tidak ada seorang pun di pinggir lapangan yang mengeluh tentang apa pun," kata tokoh 63 tahun ini, dikutip dari Football Italia, Senin (25/10).

Berlanjut ke duel AS Roma vs Napoli. Bigmatch tersebut dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Ahad (24/10) malam WIB. Allenatore kedua tim diusir wasit.

Arsitek tim tuan rumah, Jose Mourinho, tidak mendapat kartu merah langsung. Semula ia cuma dikenakan kartu kuning pada menit ke-19. Saat itu ia terlibat adu mulut dengan sang pengadil. 

Kemudian pada menit ke-81, pelatih asal Portugal itu mendapat kartu kuning kedua. Itu karena ia bereaksi keras terhadap insiden Nicolo Zaniolo. Mou menilai anak asuhnya dilanggar, tapi wasit tidak berpikir demikian.

Berikutnya, dalam laga yang sama, juru taktik kubu tamu, Luciano Spalletti. Spalletti mendapat kartu merah langsung pada menit terakhir babak kedua, tepatnya pada masa injury time.

Tampaknya terjadi kesalahpahaman. Situasi bermula dari reaksi Ultras Roma yang terus mencemooh yang bersangkutan. Ini buntut dari kisah masa lalu.

Beberapa tahun lalu, pria kelahiran Certaldo ini pernah membesut I Lupi. Ia dinilai berperan besar membuat legenda hidup klub tersebut, Fransesco Totti, pensiun. Rupanya para penggemar masih membencinya.

Apalagi ia datang ke Olimpico dengan bendera Napoli yang juga salah satu rival klasik Roma. Spalletti menanggapi cemoohan terhadapnya dengan sarkasme. Ia melambaikan tangan kepada para tifosi tuan rumah sebagai ucapan terima kasih.

Saat pertandingan berakhir, Spalletti mendatangi wasit Davide Massa. Ia mengaku berniat memuji kepemimpinan sang pengadil. Namun, aksi tepuk tangan arsitek tersebut ditanggapi berbeda oleh Massa.

"Saya segera ingin mengklarifikasi insiden kartu merah ini," ujar sosok yang juga pernah membesut klub Rusia, Zenit Saint Petersburg, itu.

Berlanjut ke duel Inter Milan vs Juventus. Grande partita ini berlangsung di markas Inter, Stadion Giuseppe Meazza, Senin (25/10) dini hari WIB. Tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui gol Edin Dzeko pada menit ke-17.

Sekitar satu menit menjelang waktu normal berakhir, Juve mendapat penalti. Paulo Dybala yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik. Sebelumnya Denzel Dumfries dinilai melanggar Alex Sandro di area terlarang.

Wasit Maurizio Mariani harus melihat tayangan ulang untuk menunjuk titik putih. Pelatih Nerazzurri, Simone Inzaghi, kecewa terhadap keputusan sang pengadil. Ia berteriak melakukan protes keras. Tanpa ampun Mariani lantas mengusir eks juru taktik Lazio itu.


×