Penggunaan air purifier untuk kenyamanan di rumah. | Dok Samsung Indonesia
04 Oct 2021, 18:02 WIB

Udara Bersih dan Kian Betah di Rumah

Penggunaan penjernih udara untuk perlindungan ekstra dari virus dan bakteri dalam udara di ruangan.

Udara bersih dan bebas virus menjadi dambaan tiap orang di rumahnya. Maklum saja, semakin banyak orang yang prihatin dengan kua litas udara, terutama udara di dalam ruangan, karena pandemi Covid-19 saat ini.

Nah, sebagai bagian dari upaya mitigasi kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan ventilasi di dalam ruangan, serta mendorong penggunaan penjernih udara (air purifier), khusus dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA).

Pencemaran udara di dalam ruangan dua hingga lima kali lebih tinggi daripada udara luar dan sering dicemari oleh partikel ultrahalus PM2.5, alergen, bakteri, gas berbahaya, serta kelembapan udara. Berbagai bentuk polutan udara dalam ruang mengintai di dalam ruangan modern. Sehingga meningkatkan kondisi kesehatan kronis, seperti asma atau alergi rinitis yang memengaruhi lebih dari 20 persen populasi dunia saat ini.

Untuk menjawab hal ini, Philips memperkuat portofolio pembersih udaranya dengan menghadirkan Philips AC2729/10 Air Purifier dan Humidifier 2-in-1 yang baru. “Philips terpanggil untuk menghadirkan inovasi yang berarti, yang dapat membantu orang bernapas lebih sehat,'' kata Consumer Marketing Lead Philips Domestic Appliances Indonesia Ika Nursantini Noor dalam keterangan pers, akhir pekan lalu.

Terkait

Menurut Ika, dengan banyaknya orang yang menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan dan memprioritaskan kesehatan mereka, alat penjernih udara telah beralih dari produk musiman menjadi kebutuhan sepanjang waktu.

Alat ini dirancang untuk digunakan di dalam ruangan modern, seperti rumah, kantor, klinik, dan sekolah, yang memiliki sedikit sirkulasi udara segar dan sering kali bergantung pada AC untuk ventilasi. Penggunaan penjernih udara ini memberikan perlindung an ekstra dari virus dan bakteri yang berada di udara dalam ruangan.

Dilengkapi dengan AeraSense dan filtrasi tiga lapis yang terdiri atas NanoProtect HEPA, karbon aktif dan prafilter, alat ini dapat menyaring 99,97 persen partikel ultrahalus sekecil 0,003 mikron3.

Hal ini membuat Anda tidak hanya aman dari partikel PM2.5, asap, debu, serbuk sari dan bakteri, tetapi juga akan menghilangkan 99,9 persen virus dari udara. Kemampuan ini juga telah diuji untuk virus korona (SARS-CoV-2).

Ukuran virus SARS-CoV-2 diperkirakan antara 50-140 nanometer (nm). Filter Philips HEPA dapat menyaring 99,97 persen partikel berukuran sekecil tiga mili meter, lebih kecil dari virus terkecil yang diketahui yang berada di udara dan melewati filter. Filter NanoProtect HEPA juga tersedia pada rangkaian seri Philips 800, 1000i dan 3000i yang sudah tersedia di Indonesia.

Philips AC2729/10 Air Purifier dan Humi difier 2-in-1 juga dilengkapi dengan teknologi Philips NanoCloud. NanoCloud melembapkan udara dengan menghasilkan molekul air kecil dari air jernih yang tidak terlihat oleh mata. 

Volumenya yang sangat kecil menyebabkan uap air tak kasat mata ini, mampu melembapkan udara secara merata, dan terbukti meminimalkan kehadiran risiko bakteri, debu, dan lantai basah.

Semua masalah umum yang ada bila menggunakan teknologi pelembapan ultrasonik. Lebih jauh lagi, sebagai proses alami NanoCloud tidak melibatkan ion, bahan kimia, dan ozon.

Berkat desainnya yang hemat energi, alat penjernih udara ini bekerja maksimal dengan daya 35W. Ini setara dengan satu bola lampu standar. Dalam moda tidur atau sleep, lampu layar diredupkan, dan alat yang disertifikasi oleh Quiet Mark ini beroperasi dengan hampir tanpa suara untuk menyediakan udara bersih saat Anda tidur.

Atur Sirkulasi Udara dengan AC

Selain peranti pembersih udara, kehadiran air conditioner (AC) bisa membantu untuk mengatur sirkulasi udara di rumah. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, terdapat juga produk-produk AC yang dilengkapi oleh penjernih udara ataupun ionizer, sehingga bisa menghambat virus dan bakteri agar pengguna mendapatkan udara berkualitas. Anda bisa memilih produk-produk AC terbaik yang cocok untuk kebutuhan rumah atau ruangan Anda.

Sebut saja seperti AC Panasonic yang yang dilengkapi oleh air purification. Teknologi yang diadopsinya memiliki tujuh keunggulan, seperti menghilangkan bau tak sedap, menghambat aktivitas jamur di udara dan jamur yang melekat, menghambat serbuk sari, menghambat alergen yang berasal dari hewan peliharaan, mengurangi partikel berbahaya (PM2.5) yang dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan, melembapkan kulit dan membuat rambut lebih lurus serta lebih halus.

Ada pula AC Sharp dengan teknologi plasmacluster yang efektif dalam mencegah virus dan kuman yang dapat mengotori udara, sehingga mampu menciptakan udara yang lebih bersih dan sehat untuk makhluk hidup.

photo
Jajaran produk air purifier dari Sharp Indonesia - (Dok Sharp Electronics Indonesia)

Teknologi plasmacluster menghasilkan ion-ion positif dan negatif yang ada di alam. Teknologi tersebut mampu mengurangi jamur bebas di udara, menghentikan penyebaran jamur yang menempel, virus menempel, ataupun virus yang bebas dalam udara untuk menjaga rumah Anda tetap nyaman dan aman saat Anda dan keluarga bernapas. Penjernih udara dari Sharp mampu mengurangi bau tak sedap dan menyengat yang menyebabkan ketidaknyamanan di ruangan Anda.

Tak ketinggalan, AC dari Samsung yang dilengkapi dengan teknologi Triangle Design For Powerful Cooling. Dengan desain segitiga yang unik,  AC Samsung ini secara signifikan bisa meningkatkan kinerja untuk membuat sirkulasi udara dingin lebih cepat dingin di ruangan rumah Anda. Silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja kantong Anda.

 

 
Pemerintah mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan ventilasi di dalam ruangan.
 
 

 

Cara Baru Percantik Rumah 

photo
Merenovasi rumah kini lebih mudah dengan layanan daring. - (Dok Tukang.com)

Saat ini, rumah memainkan fungsi yang demikian sentral dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari, bekerja, belajar, hingga membangun bisnis, serta berekreasi, semuanya dilakukan dari dalam rumah. 

Mempercantik rumah pun telah menjadi kebutuhan. Mengingat rumah yang nyaman, akan membuat pikiran kita tetap sehat selama masa pandemi. 

Bergulirnya industri 4.0, jasa renovasi rumah juga mulai melakukan digitalisasi. Pembangunan desain rumah hingga menyewa jasa pekerja, kini semmuanya bisa dilakukan semudah memesan makanan melalui aplikasi ojek daring. 

Hal itu terungkap setelah usaha rintisan Tukang.com resmi hadir  untuk yang keduakalinya pada, Jumat (1/10). Jasa ini melayani beragam fitur dengan layanan 100 jenis pekerjaan. 

"Dalam versi terbaru kali ini, terdapat beberapa fitur baru yaitu tiga layanan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari, home maintenance, build and renovate, serta design inspiration," kata Fajar Rizki selaku Co-founder Tukang.com melalui siaran persnya. 

Fajar mengungkapkan, hadirnya usaha rintisan ini memudahkan penggunanya untuk merencanakan pembangunan atau renovasi rumah melalui aplikasi daring.  Seperti pada layanan Home Maintenance, ia menjelaskan, layanan itu merencanakan renovasi rumah atau bangun baru, lengkap dengan layanan build and renovate yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan bujet yang dimiliki. 

Selain itu, dengan kerjasama bersama lembaga finansial terpecaya, Tukang.com, juga menawarkan kemudahan pembiayaan bagi yang ingin merenovasi dengan metode pembiayaan cicilan. Platform ini juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan rintisan dalam negeri seperti Brum.id, OK Garden dan lain-lain. 

Dengan demikian, Tukang.com juga mengembangkan ekosistem pelayanan jasa ke rumah, seperti perawatan kebersihan rumah, landscaping dan kebun, serta perawatan serta perbaikan kendaraan bermotor. 

Co-founder Tukang.com lainnya, Rommy Adams menjelaskan, saat ini platform ini sudah memiliki 110 ribu pengguna, sejak berdiri pada 2015 lalu. Saat ini layanan tukang.com dapat dipesan bagi yang berdomisili di Jabodetabek. Namun, dalam waktu dekat akan membuka layanan hingga ke kota-kota di luar Jabodetabek.


×