Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma (tengah), Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya (kedua kiri), Direktur Pemasaran AHM Mutsuo Usui (kedua kanan), pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez (kiri), dan pembalap Alex Marquez berpose dalam | ANTARA
23 Sep 2021, 10:55 WIB

Pasar Moge Tetap Menawan

Moge yang paling diminati di Indonesia adalah yang memiliki mesin berkapasitas sekitar 500 cc.

OLEH ERIC ISKANDARSYAH Z

Populasi motor gede (moge) di Indonesia memang tak terlalu besar. Tapi, sejumlah pabrikan tetap serius menggarap pasar ini karena memang memiliki segmentasi konsumen tersendiri.

Sejumlah pabrikan yang serius dalam menggarap pasar ini, di antaranya, Honda dan Piaggio Indonesia. GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin mengatakan, perusahaan peduli untuk menggarap pasar moge karena melihat sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. "Oleh karena itu, Honda terus menghadirkan produk terbaru untuk menarik konsumen pada segmen moge," kata Muhibbuddin kepada Republika, Selasa (21/9).

Dengan strategi itu, Honda merasa yakin pasar dapat terus bangkit dari tekanan pandemi. Saat ini, beberapa line up moge yang ditawarkan oleh Honda, yaitu Honda CB 500 F, CB 650 R, CBR 500 R, CBR 600 RR, CBR 1000 RR-R, CRF 1100 L Africa Twin, CB 500 X, X-ADV, Rebel, dan Gold Wing.

Terkait

Melihat produk-produk itu, terlihat bahwa Honda telah menyajikan ragam pilihan dari berbagai kategori. Mulai dari naked bike, super sport, adventure, dan cruiser. Dari semua pilihan poduk, moge yang paling diminati di Indonesia adalah yang memiliki mesin berkapasitas sekitar 500 cc.

Dalam menjembatani para pencinta moge, Honda juga menghadirkan jaringan khusus dengan nama Honda Big Wing. Lewat jaringan ini, pencinta moge bisa menikmati sejumlah layanan exclusive big bike corner, premium lounge, dan teknisi khusus.

Honda Big Wing juga memberikan pelayanan dyno test, pick up service, serta emergency road assistance. Layanan itu diberikan dengan harapan para pengguna moge Honda dapat berkendara dan melakukan beragam perawatan secara nyaman. "Saat ini, di Indonesia telah terdapat 11 jaringan Honda Big Wing," tambah dia. Kesebelas jaringan itu berlokasi di Jakarta, Medan, Banjarmasin, Makassar, Denpasar, Tengerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sementara itu, PT Piaggio Indonesia juga cukup agresif untuk menawarkan produk dan layanan bagi para pencinta Aprilia serta Moto Guzzi. Baru-baru ini, pabrikan asal Italia itu pun mencurkan empat produk baru sekaligus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. Astra Honda Motor (welovehonda_id)

Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, mengatakan, empat produk baru itu adalah Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660 serta Moto Guzzi V7 Stone dan Moto Guzzi V85 TT Travel.

"PT Piaggio Indonesia selalu bersemangat untuk menghadirkan produk terbaru ke Indonesia karena kami memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan pasar dan antusiasme di Indonesia. Langkah kami pun didorong oleh premiumization roadmap strategy yang solid. Maka, selalu penting bagi kami untuk berada pada posisi terdepan di industri dengan produk-produk mutakhir untuk memimpin segmen premium," kata Marco.

Dengan peluncuran empat produk baru ini, Piaggio Indonesia mencoba menjawab kebutuhan para pencinta kendaraan roda dua sesuai dengan selera dan kebutuhanya masing-masing. Aprilia RS 660 dan Tuono 660 merupakan motor sport kelas menengah yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang mudah, lincah, dan gesit di berbagai kondisi, baik sirkuit, dalam kota, hingga touring.

Untuk mesin, Aprilia RS 660 dibekali dengan mesin 660 cc berkemampuan 100 daya kuda. Sedangkan, Aprilia Tuono 660 hadir dengan mesin yang sama, tapi berkemampuan 95 daya kuda. Aprilia RS 660 ditawarkan dengan harga Rp 650 juta dan Aprilia Tuono 660 ditawarkan dengan harga Rp 630 juta.

Sementara itu, Moto Guzzi V7 Stone merupakan motor cruiser yang dibekali dengan mesin 850 cc dengan output 65 daya kuda. Sedangkan, Moto Guzzi V85 TT Travel juga mengandalkan mesin 850 cc dengan output 76 daya kuda. Sebagai motor yang didedikasikan untuk perjalanan jauh, motor ini sudah dilengkapi dengan pannier atau side box. Untuk harga, Moto Guzzi V7 Stone dan Moto Guzzi V85 TT Travel dijual seharga Rp 535 juta dan Rp 700 juta.

"Piaggio Indonesia memahami, peningkatan permintaan terhadap motorbike yang benar-benar dikaitkan dengan kekayaan sejarah, teknologi terbarukan, dan dengan mengusung gaya hidup premium. Oleh karena itu, kami bangga dapat menghadirkan pilihan lini terbaru dari Aprilia dan Moto Guzzi yang didedikasikan bagi para pengendara yang mencari pengalaman berkendara terbaik," ujarnya.

PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia Ayu Hapsari menambahkan, perusahaan berkomitmen untuk memperkaya pasar Indonesia dengan menghadirkan produk yang dapat memberikan pengalaman baru dalam berkendara motor.

"Segmen otomotif premium roda dua masih sangat menjanjikan. Hal ini dipertegas dengan komitmen dan optimisme kami saat kami membawa produk terbaru dari Aprilia dan Moto Guzzi. Produk pilihan terbaru dari Aprilia dan Moto Guzzi adalah produk yang mengisi kekosongan pada segmen motor premium kelas menengah di Indonesia," kata Ayu kepada Republika.

Soal jaringan, para pengguna Aprilia dan Moto Guzzi dapat memanfaatkan layanan dari dealer Motoplex Piaggio yang saat ini hadir di Jakarta dan Surabaya. Di Jakarta, dealer Motoplex Piaggio hadir dengan nama Gaia Moto.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Piaggio Indonesia (piaggioindonesiaofficial)

Sales Manager Gaia Moto Ningga Siagian mengatakan, sejauh ini, penerimaan pasar Aprilia dan Moto Guzzi di Indonesia cukup baik meski mereknya baru diboyong ke Indonesia pada 2015. "Tiap produk Aprilia dan Moto Guzzi cukup diminati karena masing-masing produk memiliki karakternya masing-masing," kata Ningga kepada Republika.

Untuk layanan, dealer ini bisa menjadi sarana perawatan untuk kendaraan Aprilia dan Moto Guzzi karena mengusung konsep 3S (sales, service, dan sparepart). "Agar dapat memberikan layanan yang optimal, dealer ini hadir dengan dukungan konsultan penjualan yang berkompeten dan teknisi yang terlatih," ujarnya.

Gaia Moto juga memberikan layanan pick up service serta emergency road assistance untuk memudahkan pengendara saat melakukan perawatan atau perbaikan.


×