Kondisi wajah seseorang bisa terpengaruh akibat kurang tidur. | Freepik.com
04 Jul 2021, 11:34 WIB

Atasi Jerawat dengan Cermat

Masalah jerawat itulah yang kerap membuat pasiennya terlihat kurang percaya diri dan merasa depresi. 

OLEH DESY SUSILAWATI

Banyak penduduk dunia ini yang berjuang mengatasi permasalahan kulitnya. Persoalan ini tak bisa dipandang sebelah mata karena berdampak pada kualitas hidup seseorang. Mereka yang mengalami masalah kulit biasanya mengeluhkan kecemasan, kurang percaya diri, sampai depresi. 

Sebanyak 1,9 miliar orang yang mengalami persoalan kulit ini dan cukup banyak yang menderita jerawat. Namun, hanya 10 persennya yang bisa mendapatkan akses dermatologi. 

Tak hanya itu, terdapat 165 juta anak di dunia juga mengalami masalah eksim pada kulitnya. Contohnya acne positivist influencer Cut Rizki yang mengalami acne-prone skin saat remaja dan karena itulah dia menghadapi masa-masa tidak percaya diri dan tak berani menatap lawan bicara karena malu. Saat becermin saja bisa membuatnya sedih dan itu perasaan yang sangat tidak menyenangkan baginya. 

Terkait

"Perlu waktu yang lama untuk bisa mengembalikan rasa percaya diri. Aku adalah seorang acne positivist yang berusaha memberikan semangat kepada sesama pejuang jerawat, baik secara langsung maupun lewat media sosial,” kata dia dalam acara virtual, sebulan lalu.

photo
Masalah jerawat itulah yang kerap membuat pasiennya terlihat kurang percaya diri dan merasa depresi. - (Freepik.com)

Dermato-venereologis dr Aryani Sudharmono SpKK(K) menjelaskan, jerawat menjadi penyakit kulit terbanyak yang dialami pasien di kliniknya. Keluhan lainnya adalah pigmentasi, kelainan pembuluh darah, tumor jinak kulit, dermatitis, dan infeksi kulit. Masalah jerawat itulah yang kerap membuat pasiennya terlihat kurang percaya diri. 

“Jerawat itu sebaiknya diamati jumlahnya, misalnya, dalam dua pekan sekali dan dibandingkan dengan dua pekan sebelumnya. Kalau pengobatannya benar dan dilaksanakan dengan disiplin, biasanya jumlah jerawat semakin sedikit. Kalau jerawat baru masih muncul sebelum atau sesaat menstruasi, berarti masih sakit dan masih harus terus ditangani," ujar dia. 

Perawatan kulit wajah dan disiplin menggunakan resep rekomendasi dari dokter, Aryani menambahkan, perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini. "Sangat penting bagi pasien untuk disiplin dalam menjaga kesehatan kulitnya.”

 
Kalau jerawat baru masih muncul sebelum atau sesaat menstruasi, berarti masih sakit dan masih harus terus ditangani.
 
 

Salah satu produk perawatan kulit khusus untuk mengatasi jerawat adalah La Roche Posay. Lewat #SkinLifeChanger, La Roche Posay bekerja sama dengan berbagai pihak dan dermatolog untuk mengedukasi masyarakat dalam perawatan kulit supaya tetap sehat. 

“La Roche Posay mengedepankan sains dan bekerja sama dengan 90 ribu dermatologis dunia. Cara ini tepat untuk meraih life-changing dermatology dan mengubah kehidupan banyak orang," ujar General Manager-Active Cosmetics Division L’Oréal Indonesia Silvia Yohana. 

Untuk formulasinya, La Roche Posay melakukan 600 riset pada 100 ribu pasien dari bayi sampai lanjut usia dengan etnis dan patologi kulit yang berbeda. Permasalahan kulit yang dihadapi para responden adalah jerawat, alergi kulit, eksim, perawatan kanker, luka, dan perawatan pascaestetika. 

Senior Clinical Expert L’Oréal Research and Innovation Audrey Gueniche PharmD PhD menjelaskan, kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh mikrobioma yang seimbang. Mikrobioma kulit adalah komunitas mikroorganisme yang tidak terlihat di permukaan kulit yang melindungi dari serangan eksternal. La Roche Posay melakukan ratusan riset dengan menggunakan aqua posae filiformis (APF). 

"Aqua posae filiformis, sebuah inovasi dermatologis yang bisa membantu memperbaiki fungsi perlindungan kulit, membantu regenerasi kulit, meningkatkan sistem perlindungan alami kulit, dan bersifat menenangkan,” kata Gueniche.

Produk Effaclar dari La Roche Posay menawarkan pilihan dermatologi untuk melawan kulit berjerawat. Salah satunya adalah Effaclar Duo+ Moisturizer dengan APF untuk menjaga keseimbangan mikrobioma. Produk-produknya bisa didapatkan lewat konsultasi dan resep dari dermatologis di mitra klinik dermatologi dan kecantikan serta telemedicine.

“Melalui dukungan kerja sama dengan dermatolog Indonesia, kami berharap dapat mengubah kehidupan masyarakat dengan mewujudkan kulit yang sehat, menumbuhkan rasa percaya diri, hingga mengurangi rasa cemas. Kami percaya bahwa dermatology can be life-changing,” kata Silvia.

Mengontrol minyak di wajah

photo
Merawat wajah sangat penting, selain juga menjaga kecukupan tidur yang dapat memengaruhi kesehatan wajah seseorang. - (Freepik.com)

Memiliki wajah cantik seperti artis Korea menjadi impian setiap wanita. Mereka rela membeli produk asal Korea agar bisa memiliki wajah seperti girl band Korea.

Salah satu merek kecantikan alami asal Jeju, Korea Selatan, innisfree, meluncurkan No Sebum Mineral Powder pertama kalinya di tahun 2006. Bedak translucent ini menjadi salah satu produk innisfree yang paling digemari pencinta kosmetik. Untuk merayakan hari jadinya, setiap tahun innisfree mengeluarkan No Sebum Mineral Powder edisi terbatas yang selalu menarik perhatian.

Jika tahun lalu innisfree berkeja sama dengan Mentos, tahun ini innisfree berkolaborasi dengan brand asal Korea, Dinotaeng, untuk memperingati hari jadi ke-15 No Sebum Mineral Powder. Dinotaeng  memiliki ciri khas disain minimalis tapi playful. Disain Dinotaeng mengilustrasikan tiga karakter menggemaskan. Quokka, terinspirasi dari hewan dengan nama yang sama quokka, yaitu hewan paling bahagia di dunia. Bobo terinspirasi dari perpaduan panda dan gummy bear. Serta Marsh yang terinspirasi dari marshmallow. Ketiga karakter ini dijamin dapat mengambil hati para milenial sampai Gen Z.

No Sebum x Dinotaeng memiliki lima varian dengan keharuman berbeda: Fresh Lemonade, Juicy Peach, Vanilla Pudding, Grape Soda dan Mint Candy. Masing-masing bedak juga memiliki berbagai ilustrasi karakter Dinotaeng yang khas baik pada kemasan maupun puff. Semuanya cocok digunakan sehari-hari maupun dijadikan koleksi.

No Sebum Mineral Powder mengandung mineral alami dan daun mint dari Pulau Jeju yang dapat membantu menyerap juga mengontrol minyak pada kulit tanpa menjadikannya kering serta membuat kulit terlihat segar dan lembut. Partikel halus bedak ini dapat membantu ratakan riasan yang menggumpal akibat sebum sehingga tampilan wajah terlihat prima seharian. Tak hanya itu, No Sebum Mineral Powder juga bisa digunakan sebagai face, eye & mascara primer, dry shampoo, blotting paper, lip mattifier, deodorant, maupun body powder.

Dapatkan produk No Sebum x Dinotaeng seharga Rp 90 ribu di di seluruh gerai resmi innisfree Indonesia, baik secara offline maupun online melalui Shopee, Lazada, Tokopedia, JDID, serta Whatsapp order.

Kulit bersih tanpa perih

Sudahkah kamu membersihkan wajahmu dengan benar? Tinggal di negara tropis yang tinggi paparan polusi setiap hari mengharuskan kita untuk membersihkan wajah dengan teliti. Pembersihan dua tahap (double cleansing) tepat dilakukan dalam merawat wajah untuk mencegah berbagai masalah kulit dan membantu meregenerasi sel agar kulit tampak cerah dan sehat. 

Cara membersihkan seperti ini diawali dengan micellar water, cleansing oil, atau sejenisnya. Langkah keduanya adalah membersihkan dengan sabun wajah. Pembersihan seperti ini untuk menghindari berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kusam, penuaan dini, dan masalah kulit lainnya. 

Jika tidak menggunakan produk dan cara yang tepat, double cleansing ini dapat membuat kulit kering bahkan iritasi. Mengutip dailymail.co.uk, dermatologis ternama di Sydney, dr Natasha Cook, merekomendasikan double cleansing dengan micellar water dan dilanjutkan dengan sabun pembersih wajah yang lembut.

Berdasarkan kebutuhan produk pembersih wajah seperti itu, Brand Manager Kaila, Clarissa Lavenia, mengungkapkan, jenamanya menghadirkan Hybrid Micellar Water yang multifungsi, praktis, halal, dan cocok untuk segala jenis kulit. "Hybrid Micellar Water ini mendukung rutinitas double cleansing-mu tanpa membuat kulit kering atau iritasi," kata Clarissa.

photo
Sangat penting bagi pasien untuk disiplin dalam menjaga kesehatan kulitnya.  - (Pixabay)

Pembersihnya ada dua varian, yaitu Kaila Infused Micellar Water dan Kaila Micellar Hydrating Water. Kedua varian micellar water ini tidak hanya mampu membersihkan make up dan kotoran di wajah, tapi juga mampu menjaga kelembapan dan menutrisi kulit. Sebab, ada delapan esens alami dan aloe vera, serta tanpa alkohol, yang membuatnya aman untuk pembersihan kulit. "Setelah menggunakan micellar water, kamu bisa gunakan sabun wajah favoritmu," ujar dia. 

Kaila Infused Micellar Water memiliki oil-infused yang dapat menghapus waterproof make up dengan lembut dan melembapkan kulit. Lalu, Kaila Micellar Hydrating Water memiliki tambahan kandungan niacinamide untuk mencerahkan dan meminimalisasi noda hitam. Kandungan lainnya adalah agen antibakteri o-cymen-5-ol untuk membantu melindungi wajah dari bakteri. 

"Jadi, cocok banget digunakan di masa pandemi seperti sekarang. Kedua varian ini pun bisa didapatkan dengan harga terjangkau," kata Clarissa.


×