Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hadir saat aksi solidaritas terhadap rakyat Palestina yang digelar Gabungan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Jawa Barat, di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (18/5/2021). | Edi Yusuf/Republika
09 Jun 2021, 03:45 WIB

Wagub Jabar Positif Covid-19, Akui Teledor Prokes

Sejak positif Covid-19 pada Ahad, Wagub Jabar menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR). Sejak dinyatakan positif Covid-19 pada Ahad (6/6), Uu kini menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Dia diketahui sudah divaksin Covid-19 dua dosis. “Hari ini saya kena juga Covid-19. Sudah hampir lima hari mejelang enam hari. Saya mengakui karena sudah divaksin, jadi saya agak teledor, sehingga protokol kesehatan (prokes) terkadang saya abaikan. Maka terjadilah hal semacam ini,” ujar Uu dalam akun Youtube resminya, Selasa (8/6).

Wagub UU meminta maaf kepada masyarakat kalau ada jadwal dan janji yang sudah dijadwalkan sebelumnya tapi tidak bisa hadir. Kedua, ia juga meminta maaf kepada masyarakat atas keteledoran tidak taat prokes sehingga menyebabkan terpapar Covid-19. Uu juga meminta doa masyarakat supaya cepat sembuh.

Menurut Uu, ia tak mengalami gejala apapun atau OTG. Prosedur penanganan Covid-19 telah dilakukannya dengan menjalankan isolasi mandiri di rumah dinas hingga 14 hari ke depan. Selama menjalani isolasi mandiri, Wagub akan tetap menjalankan tugas kedinasan meski secara virtual.

Terkait

“Insya Allah saya akan berusaha untuk tetap menjalankan tugas membantu Bapak Gubernur Ridwan Kamil seperti biasanya karena selain bisa dilakukan secara online, prosedur kerja itu akan membatasi saya berinteraksi secara fisik tanpa risiko menularkan kembali virus Covid-19 kepada orang lain,” ujar dia.

photo
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ketiga kiri) bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (kanan) bersama jajaran terkait meninjau vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) saat kunjungan kerja di Rumah Sakit Otto Iskandar Dinata, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/5/2021). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Kabar tersebut mula-mula dibagikan oleh Uu dari laman resminya @ruzhanul. "Meski terpapar Covid-19, alhamdulillah kondisi saya saat ini baik-baik saja tanpa gejala. Sejak kemarin, saya sudah mulai menjalani prosedur penanganan Covid-19 dengan segera melakukan isolasi mandiri di rumah dinas," ujar Uu.

 

Menurut Uu, dari hasil tes PCR keluarganya tak ada yang terpapar. Uup mengingatkan lagi kepada warga untuk tetap waspada penularan virus Covid-19.

Uu pun mengatakan virus ini nyata adanya dan bisa menular kepada siapa pun. Jadi, tetap selalu patuhi aturan dengan terus menjaga protokol kesehatan 5M selama masa pandemi. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi interaksi dan mobilisasi. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Uu Ruzhanul Ulum (ruzhanul)

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta masyarakat mendoakan kondisi Wagub Jabar agar dapat kembali pulih secepatnya. “Kami mohon doanya. Karena Wagub kami sedang isolasi mandiri karena terpapar Covid-19 dua hari lalu. Mudah-mudahan secepatnya pulih,” kata dia di Tasikmalaya.

Ridwan Kamil mengatakan, tingkat fatalitas terkait Covid-19 di Jabar relatif kecil, yakni ‘hanya’ 1 persen dari kasus positif. Angka ini merupakan salah satu yang terendah di antara daerah lainnya.

“Dengan kata lain, 99 persen kasus Covid-19 di Jabar sembuh dan sedang tersembuhkan. Insya Allah,” ujar Ridwan Kamil.


×