Aneka pilihan menu pilihan di Bulan Ra,adhan | Pexels/Daria Shevtsova
11 May 2021, 15:11 WIB

Warna-warni Pilihan Menu Saat Ramadhan

Ramadhan saat pandemi memberikan peluang bagi para pengusaha kuliner untuk menyajikan menu-menu menarik.

Berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan tetap berjalan seperti biasanya, bahkan saat pandemi Covid-19 masih melanda. Hal yang berbeda adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan perlu dijalankan dengan disiplin tinggi. Upaya pencegahan penular an Covid-19 ini tentunya dapat berdampak pada kebiasaan-kebiasaan yang berlaku selama puasa dan Lebaran.

Saat sahur dan berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu oleh mereka yang berpuasa. Karena itu, mereka umumnya menyiapkan berbagai makanan dan sajian khas bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama sebulan penuh. Kondisi ini tentunya selalu mendatangkan peluang bagi para pengusaha kuliner untuk menyajikan menu-menu yang menarik.

Terlebih, saat pandemi, menurut Survei Bank Indonesia, sebanyak 87,5 persen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terkena dampaknya. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan membantu kebangkitan UMKM kuliner, PT Harapan Bangsa Kita (Hebat) menawarkan produk sejumlah UMKM binaannya untuk menu sahur dan berbuka puasa.

CMO Hebat Ansari Kadir menyampaikan, program itu berkolaborasi dengan beberapa jenama, seperti Sang Pisang, Ternakopi, Yang Ayam, ataupun Let's Toast. "Dengan begitu, kami bisa membuat produk-produk kami terus relevan dan menarik untuk pelanggan.

Terkait

Perusahaan kuliner lainnya juga menawarkan cara unik lainnya, yaitu menu berbuka virtual supaya lebih aman bagi masyarakat. Caranya dengan memasak sendiri atau menikmati makanan pesanan di rumah.

 
Cara unik lainnya, yaitu menu berbuka virtual supaya lebih aman bagi masyarakat.
 
 

Kelompok usaha bidang kuliner Nikmat Group juga memiliki sejumlah usaha, seperti jaringan Kopi Lain Hati. Aneka minuman kekinian pun mereka hadirkan, seperti Street Boba, Snack Korea Gildak, Es Kopi Pak Muh, Es Macho, atau Es Romantis yang layak dicoba. Street Boba juga menghadirkan Shibuya Fresh Milk dan Boba Donatsu untuk buka puasa. Sedangkan Gildak menyuguhkan pilihan, seperti teok- boki, odeng, cheese corn dog, hingga crispy chicken dan nasi.

Director of Nikmat Group Leo Bernandus Gomulya mengatakan siap menyuguhkan variasi makanan dan minuman yang bisa juga didapatkan lewat layanan pembayaran digital. "Produk dan penawaran kami diharapkan dapat mem berikan warna pada aktivitas berbuka puasa, termasuk berbuka virtual atau dari rumah.

Sementara, peluang lainnya terbuka untuk bisnis hantaran. Pandemi membuat pertemuan keluarga dan handai taulan terbatas juga. Karena itu, beberapa pilihan dapat dilakukan untuk tetap menjalin silaturahim. Selain silaturahim virtual, pengiriman hantaran pun jadi salah satu cara menjalin ikatan persaudaraan.

Kafe dan restoran di bawah naungan PT MAP Boga Adiperkasa memanfaatkan peluang ini dengan menyiapkan menu Ramadhan dan hantaran lewat pesan antar dan mitra e-commerce. “Melalui program spesial Ramadhan kami ingin memastikan merek-merek kami memberikan solusi di tengah pembatasan sosial,” kata Direktur Utama PT MAP Boga Adi perkasa Anthony Cottan dalam kon ferensi pers virtual, Rabu (28/4).

Beberapa kafe dan restoran MAP, seperti Starbucks, Krispy Kreme, Pizza Marzano, Genki Sushi, dan toko kue Paul, kata dia, me nawarkan berbagai program dan paket, baik makanan maupun hantaran dengan menu-menu khas Lebaran. 

Sajian Praktis untuk Berbuka Puasa

Bulan puasa jadi tantangan bagi para orang tua dalam melatih anaknya berpuasa. Anak-anak biasanya bersemangat saat mendapatkan menu-menu yang menarik perhatiannya. Karena itu, kreativitas orang tua dalam menyusun dan membuat menu sangat penting.

Selain dari rasa harus menarik, makanan itu juga harus terlihat menarik.Lalu teksturnya juga harus main, ujar Chef Devina Hermawan dalam acara menyambut Ramadhan bersama #MomenNutella yang disimak secara virtual, sebulan lalu.

Kreativitas dalam makanan diperlukan agar anak-anak tidak bosan. Banyak menu yang praktis namun menarik yang dapat diciptakan untuk anak-anak. Devina menyarankan agar mengajak anak- anak membuat bersama makanan sahur dan berbukanya. “Persiapan bahan dan lain-lain dilakukan sehari sebelum nya agar tidak merepotkan saat sahur atau berbuka. Jadi tinggal jalan saja,” kata dia.

Devina melanjutkan, sangat penting untuk menciptakan momen kebersamaan keluarga saat makan bersama dan menyiapkan hidangan. 

Menurut psikolog anak Ayoe P Soetomo, menyiapkan makanan bersama anak memiliki sejumlah manfaat. Bagi keluarga, tentunya komunikasi antara orang tua dan anak bisa terbangun. “Jadi, itu bisa jadi sarana anak untuk berkomunikasi,” ujar Ayoe.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Online Cooking Class (masakonline)

Menyiapkan makanan bersama, kata dia, memancing banyak stimulasi pada anak, seperti kognitif, motorik, sensorik, sampai komunikasi. Sementara, sajian praktis lain nya untuk berpuasa, terutama berbuka puasa adalah makanan yang berkuah.

Selain rasanya lebih segar, menu berkuah memberikan tambahan cairan bagi tubuh yang tepat di saat berpuasa. Contoh sajian berkuah yang praktis dihadirkan PT Ajinomoto Indonesia lewat jenama Masako. 

Lewat produk Masako Kaldu Spesial, Ajinomoto mengajak masyarakat untuk menciptakan kreasi menu sehat di tengah pandemi. Ada tiga menu yang dihadirkan Ajinomoto lewat ambassador Masako, yaitu Isyana Sarasvati dan sejumlah influencer. Menunya adalah Shabu- shabu, Omelette Sayur, serta Macaroni Panggang ala Masako.

“Tahun ini kita masih dihadapkan dengan adaptasi kebiasaan baru untuk melakukan sebagian besar aktivitas di rumah, termasuk memasak yang pastinya menjadi lebih sering. Harapan kami, Masako Kaldu Spesial bisa melengkapi kreasi menu sehat dan tentunya tambah lezat,” kata Brand Manager Masako PT Ajinomoto Indonesia Putri Astriani dalam pernyataannya, dua pekan lalu.

Menurut Putri, kaldu spesial Masako berasal dari ekstrak daging. Sejumlah saran menu dari Masako hadir lewat Dapur Umami, www.dapurumami.com. 

Pilihan Ruang Komunal Baru 

photo
Pilihan tempat wisata kuliner dan belanja, Urban Farm di PIK - (Instagram/UrbanFarmPIK)

Saat ini, masyarakat masih kerap kesulitan menemukan ruang komunal yang dapat menjadi tempat nyaman untuk dihabiskan bersama keluarga. Belum lama ini, Urban Farm hadir sebagai pilihan wisata kuliner dan ruang kreatif yang ramah lingkungan, dari kolaborasi Agung Sedayu Group dan Salim Group. 

Urban Farm akan menjawab kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka komunal yang berfungsi sebagai wadah kreativitas, sekaligus mendorong gerakan anak muda agar bisa berkegiatan secara sehat dan kolaboratif. 

Berlokasi di Golf Island, kawasan Pantai Indah Kapuk, Urban Farm dibangun di atas lahan seluas total 6.859 meter persegi dengan mengambil konsep gaya hidup sehat di tengah area perkotaan. “Area fase satu telah dibuka sejak November 2020 dan menuai kesuksesan dengan barisan tenant seperti Gioi by the Farm, Toby’s Estate dan Kinetic Farm. Sementara untuk fase dua, dibuka tanggal 30 April 2021,” ujar Sawitri Setiawan selaku COO Retail dan Commercial Divisi dua Agung Sedayu Group.

photo
Pilihan ruang komunal baru, Urban Farm di PIK - (Instagram/UrbanFarmPIK)

Untuk fase kedua, dua tenant terbesar, seperti Monsieur Spoon dengan croissant dan french pastries akan membuka cabang pertamanya di Jakarta. Selain itu, Urban Farm juga menawarkan Here Fishy, Fishy & Shake Mie yang membuka cabang pertamanya dari Gading Food Culinary, serta Solo Pizza yang membuka toko luring pertamanya. 

CEO Hotels & Malls Division 2 Agung Sedayu Group, Natalia Kusumo menjelaskan, Urban Farm menawarkan konsep baru dalam berekreasi dan berkolaborasi, sehingga pengunjung dapat menikmati beragam kegiatan. Mulai dari, menikmati kuliner di tengah perkebunan, atau menikmati suasana ruang terbuka yang estetik, hingga mengambil foto-foto menarik untuk diunggah di media sosial sambil menikmati udara di ruang terbuka. 

Dengan ruang terbuka yang tersedia, Urban Farm nantinya juga akan menjadi salah satu wadah bagi para insan kreatif dan komunitasnya untuk menyalurkan kreativitas, bertukar pikiran dan dan menghasilkan kreasi-kreasi baru.

 

 

 

Tahun ini kita masih dihadapkan dengan adaptasi kebiasaan baru untuk melakukan sebagian besar aktivitas di rumah, termasuk memasak.

PUTRI ASTRIANI, Brand Manager Masako PT Ajinomoto Indonesia
 

 

 


×