Pesepeda bersiap naik bus gratis di pool bus Damri, Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (20/7/2020). Perum Damri dan Kemenhub melalui Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) menyediakan layanan pengangkutan sepeda untuk pekerja dengan menggun | ARIF FIRMANSYAH/ANTARA FOTO

Ekonomi

BUMN Transportasi Masih Optimistis

BUMN transportasi mengoptimalkan kinerja di tengah pandemi Covid-19.

JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan sektor transportasi merupakan sektor penyumbang kontraksi ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor transportasi pun berupaya meningkatkan kinerja selama enam bulan terakhir tahun ini.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus mengupayakan pemulihan sektor penerbangan akibat terdampak Covid-19. "Ya pokoknya, kita promosi terus terbang aman," kata Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra kepada Republika, di Jakarta, Kamis (6/8).

Irfan menegaskan, yang paling penting saat ini dilakukan Garuda Indonesia, yakni meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk terbang kembali. Dengan begitu, kata dia, pada semester dua tahun ini peningkatan penumpang secara bertahap dapat terus berlangsung.

Garuda Indonesia juga akan memperkuat dan mengoptimalkan upaya pemulihan kinerja perusahaan di tengah tekanan kinerja yang terdampak pandemi Covid-19. Irfan mengatakan, saat ini sudah menyusun langkah tersebut.

Irfan menjelaskan, upaya pemulihan kinerja tersebut dilakukan secara menyeluruh pada lini bisnis perusahaan. Hal tersebut meliputi langkah optimalisasi pendapatan penumpang penerbangan berjadwal, layanan kargo udara, penerbangan charter.

Selain itu, Irfan memastikan Garuda Indonesia juga menjalankan langkah strategis dari aspek pengelolaan biaya. "Ini kami lakukan melalui upaya negosiasi biaya sewa pesawat dan restrukturisasi utang," ujar Irfan.

Irfan menambahkan, Garuda juga melakukan implementasi efisiensi di seluruh lini operasional. Dengan begitu, Irfan menilai, dapat menyelaraskan tren supply and demand pada masa pandemi Covid-19.

photo
Kepala BNPB sekaligus Kepala Satuan Tugas Nasional Penanganan Covid-19 Doni Monardo (kedua kiri) mendampingi Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil (keempat kiri) saat membagikan masker ke calon penumpang kereta di Stasiun Bandung, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) - (NOVRIAN ARBI/ANTARA FOTO)

BUMN transportasi lainnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan memaksimalkan peluang peningkatan penumpang pada semester dua tahun ini. Terlebih, BPS mencatat pada kuartal kedua, transportasi angkutan rel terkontraksi hingga minus 63,75 persen.

"Kita terus berupaya memaksimalkan peluang pada Agustus ini, kereta api (KA) jarak jauh juga sudah mulai banyak yang beroperasi," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Republika.

Joni mengakui, adanya pembatasan perjalanan pada masa pandemi Covid-19 membuat penurunan jumlah penumpang KAI. Meskipun begitu, Joni memastikan, saat ini minat pelanggan untuk menggunakan KA secara bertahap mulai meningkat setelah pembatasan perjalanan diperlonggar.

Hal tersebut menjadi sinyal positif untuk memulihkan kembali kondisi transportasi kereta api setelah terdampak pandemi Covid-19. Joni mengatakan. peningkatan penumpang sudah terjadi sejak Juli 2020.

"Pada Juli KAI melayani sekitar 1,1 juta penumpang. Angka ini naik 60 persen dibandingkan volume penumpang pada Juni yang hanya 699.309 pelanggan," ujar Joni.

Peningkatan penumpang yang terus menunjukkan angka positif membuat KAI semakin optimistis dalam masa pemulihan. Meskipun terjadi peningkatan perjalanan kereta api, Joni menegaskan, KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Perum Damri memastikan akan terus mengupayakan peningkatan pendapatan pada semester dua tahun ini. Sebelumnya, Damri bahkan kehilangan pendapatannya hingga 90 persen dikarenakan pandemi Covid-19.

photo
Petugas mengalungkan bunga untuk menyambut penumpang pesawat rute domestik yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (31/7/2020). Pemprov Bali mulai membuka sektor pariwisata bagi wisatawan domestik pada Jumat (31/7) dengan sejumlah persyaratan yang mengedepankan aspek kesehatan dan kualitas untuk memberi pelindungan, kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung selama masa pandemi Covid-19 - (FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO)

Direktur Utama Damri Setia N Milatia Moemin mengatakan, untuk mengupayakan peningkatan pendapatan, Damri mulai melakukan sinergi. "Kami berkolaborasi kembali dengan perusahaan BUMN, BUMD, dan swasta," kata Milatia.

Milatia menegaskan, Damri tetap optimistis sektor transportasi di Indonesia dapat bangkit kembali pada kuartal ketiga dan akhir 2020. Hanya saja, Milatia mengatakan, Damri juga perlu mengantisipasi ketidakpastian dinamika selama masa pandemi.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, penurunan terdalam terjadi pada seluruh moda transportasi, terdalam pada subsektor angkutan udara. Moda transportasi yang paling terpukul angkutan udara, kontraksi 80,23 persen, kemudian diikuti angkutan rel 63,75 persen. "Kontraksi terjadi pada semua moda transportasi," kata dia,

Berdasarkan lapangan usaha, sektor yang tercatat mengalami penurunan paling dalam adalah sektor transportasi pergudangan, yaitu turun hingga 30,84 persen year on year.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat