Penjaga gawang Liverpool Adrian menangkap bola yang hendak merobek gawang yang dijaganya dalam sebuah pertandingan liga inggris. | REUTERS

Olahraga

Membaca Posisi Big Four Liga Inggris

Masyarakat dunia menunggu klub apa yang akan memenangkan pertarungan Liga Inggris.

 

 

LONDON -- Keberhasilan Chelsea membungkam Norwich City, 1-0, Rabu (15/7) dini hari WIB, memperbesar peluang the Blues untuk tampil di Liga Champions musim depan. Telah memainkan satu laga lebih banyak dari pesaing-pesaingnya, the Blues berada di peringkat ketiga dan unggul empat poin atas Leicester City dan Manchester United, yang duduk di peringkat keempat dan kelima secara berurutan.

Dengan keunggulan poin yang cukup besar dan dibatalkannya sanksi UEFA terhadap Manchester City, dua posisi teratas Liga Primer Inggris sudah hampir pasti menjadi milik Liverpool dan Manchester City. Dua tim ini otomatis sudah mengantongi tiket ke Liga Champions musim depan.

Namun, persaingan ketat masih tersaji untuk menentukan pemegang dua tiket terakhir tampil di Liga Champions musim depan. Hingga menyisakan tiga partai lagi untuk sebagian besar kontestan, setidaknya masih ada enam tim yang memiliki peluang ke Liga Champions musim depan berdasarkan posisi terakhir di klasemen akhir Liga Primer Inggris musim ini. 

Enam tim tersebut adalah Chelsea, Leicester City, Manchester United, Wolverhampton Wanderers, Sheffield United, dan Tottenham Hotspur. Dengan persaingan yang ketat, tidak tertutup kemungkinan digelarnya playoff penentuan peringkat keempat musim ini.

Tidak hanya itu, apabila nantinya dua wakil Inggris meraih titel di Liga Champions dan Liga Europa musim ini dan tim-tim tersebut finis di luar empat besar, hanya tiga tim teratas di papan klasemen akhir yang boleh tampil di Liga Champions musim depan. Pasalnya, Liga Inggris hanya boleh mengirimkan maksimal lima wakil di Liga Champions.

Lantas, bagaimana peluang dari setiap tim tersebut. Berikut ulasan yang disadur dari BBC.co.uk, Rabu (15/7).

Chelsea (peringkat ketiga)

photo
Pemain Chelsea Olivier Giroud, menyundul bola untuk mencetak gol - (AP Photo/Julian Finney,Pool)

Dengan mengantongi keunggulan empat poin dan telah memainkan satu laga lebih banyak, Chelsea tinggal memiliki dua laga, yaitu menghadapi Wolves pada laga tandang dan Liverpool di partai kandang. Secara matematis, tim besutan Frank Lampard itu tinggal membutuhkan empat poin tambahan untuk bisa mengunci satu tiket tampil di Liga Champions musim depan. 

 

Leicester City (peringkat keempat)

photo
Pelatih Leicester City Brendan Rodgers - (Glynn Kirk/AP)

Dalam tiga laga pamungkas, the Foxes akan menghadapi pesaing, seperti Sheffield United, Spurs, dan Manchester United. The Foxes mesti meraih kemenangan dalam tiga laga terakhirnya agar memastikan finis di empat besar. Bahkan, berada di peringkat keempat, Leicester City hanya unggul jumlah selisih gol atas Manchester United. Kedua tim akan saling berhadapan pada pekan terakhir.

 

Manchester United (peringkat kelima)

photo
(NTB scanpix)

Sama seperti Leicester, United mesti memetik kemenangan dalam tiga laga terakhir musim ini untuk bisa tampil di Liga Champions musim depan. Lawan mereka adalah Crystal Palace, West Ham, dan terakhir Leicester.

Skenario digelarnya laga playoff penentuan peringkat keempat masih bisa muncul. Saat ini, Leicester unggul tiga poin dalam jumlah selisih gol dari United. Apabila nantinya United dan Leicester City mengenggam poin serta jumlah selisih gol yang identik, penghitungan akan didasarkan pada head to head antara kedua tim. 

 

Wolverhampton Wanderers (peringkat keenam)

photo
Penjaga gawang Wolverhampton Wanderers Rui Patricio- (Peter Powell/Pool EPA)

Berada di peringkat keenam, Wolves tertinggal empat poin dari Leicester City dan Manchester United. Dalam tiga laga terakhir, Wolves akan melakoni laga berat, diawali dengan lawatan ke markas Burnley, menjamu Crystal Palace, dan melawan Chelsea di Stadion Stamford Bridge. Dengan kondisi ini dan keharusan menyalip dua tim sekaligus, peluang Wolves finis di peringkat keempat sekitar empat persen.

 

Sheffield United (peringkat ketujuh)

photo
Pemain Sheffiels David McGoldrick (kiri) membawa bola menghindari pemain Chelsea Christian Pulisic. - (EPA-EFE/Shaun Botterill/NMC/Pool )

Keberhasilan Sheffield United berada di 10 besar Liga Inggris musim ini menjadi pencapaian penting. Sebagai salah satu tim promosi, Sheffield berpeluang untuk tampil ke Liga Champions musim depan.

Dengan catatan, Sheffield mesti meraih kemenangan dalam tiga laga pamungkas saat melawan Leicester, Everton, dan Southampton. Kendati begitu, kemenangan saja tidak cukup buat the Blades. Sheffield United juga mesti berharap tim yang berada di atasnya kehilangan poin pada tiga pekan terakhir Liga Inggris.

 

Tottenham Hotspur (peringkat kedelapan)

photo
Tim Tottenham Hotspur merayakan kemenangan dalam sebuah pertandingan. - (Michael Regan/AP)

Bisa dibilang, Spurs membutuhkan keajaiban untuk tampil di Liga Champions musim depan lewat posisi terakhir pada klasemen Liga Inggris. Saat ini, Spurs tertinggal tujuh poin dari empat besar. Dalam tiga laga terakhir, the Lilywhites harus menghadapi Newcastle United, Leicester City, dan Crystal Palace. Satu saja kegagalan memetik poin penuh dalam laga-laga tersebut, maka secara matematis, Spurs sudah gagal tampil ke Liga Champions musim depan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat