Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan logo baru Kementerian BUMN di halaman kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/7). | Dok. Kementerian BUMN

Ekonomi

Erick: BUMN Terus Melakukan Transformasi

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku akan terus melakukan transformasi di perusahaan pelat merah. Erick mengatakan, keputusannya melakukan perampingan dan klasterisasi BUMN bagian dari transformasi dan membangun ekosistem sebagai rantai pasok yang andal.

"Restrukturisasi BUMN terus kita akan jalankan karena ini bagian dari efisiensi, tata kelola perusahaan yang baik, supaya key performance indicators (KPI) kita bisa jelas tolok ukurnya," kata Erick saat meresmikan perubahan logo dan slogan Kementerian BUMN di halaman kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/7).

Erick juga tidak mengabaikan pembenahan manajemen talenta dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap menghadapi perubahan. Erick menyebut, peningkatan kualitas SDM merupakan hal yang vital di tengah perubahan situasi global akibat pandemi Covid-19.

"Kita harus siap berubah, saya yakin dengan Covid-19 ini harus terjadi percepatan-percepatan karena kita pasti yakin sama-sama, negara kita negara besar," ujar Erick.

Erick mengatakan, ada dua faktor utama yang menjadi kekuatan bangsa, yakni populasi yang besar dan kekayaan sumber daya alam (SDA). Namun, dua faktor tersebut belum cukup lantaran Indonesia, kata Erick, juga harus memperbaiki sektor logistik rantai pasok dan meningkatkan transformasi teknologi.

Ia berharap perubahan logo dapat dimaknai sebagai suntikan semangat baru bagi BUMN untuk meningkatkan akselerasi ke depan. Bagi Erick, logo baru merupakan komponen yang saling menguatkan dalam menghadapi masa yang akan datang.

Erick juga memastikan mendukung penuh para dirut BUMN yang berkomitmen melaksanakan transformasi. Erick berpesan para dirut menjadi mentor yang baik bagi para direksi muda.

Kementerian BUMN juga resmi memiliki logo baru. Prosesi peluncuran logo baru Kementerian BUMN juga disaksikan langsung Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto serta dihadiri 14 direktur BUMN yang ditandai dengan penurunan kain yang menutupi logo baru Kementerian BUMN.

"Logo baru ini sekaligus menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan," ujar Erick.

Erick mengatakan, makna dari perubahan logo ini adalah bagaimana BUMN terus adaptif pada perubahan suasana zaman. Sekalipun zaman berubah, tetap ada karakter yang bertahan, yakni jati diri dan budaya bangsa.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat