Aplikasi Qlue | Google Play Store

Inovasi

Tingkatkan Pemanfaatan IoT Selama Masa Pandemi

Banyak manfaat yang dapat diraih dengan pemanfaatan IoT.

 

Perkembangan IoT di Tanah Air saat ini gencar dilakukan di sektor perkotaan, melalui smart city. Penyedia layanan ekosistem smart city, Qlue pun menjadi finalis di Extreme Tech Challenge (XTC) 2020. 

XTC merupakan kompetisi usaha rintisan terbesar di dunia yang bertujuan mengatasi berbagai tantangan global. Qlue berhasil menjadi finalis untuk dua kategori sekaligus, yaitu kategori smart cities dan inovasi Covid-19. XTC tahun ini telah memilih 52 finalis yang dipilih dari 2.419 peserta yang berasal dari 87 negara.

Founder sekaligus CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, Qlue bangga terpilih menjadi salah satu finalis yang mewakili Indonesia. Menurutnya, sejak awal didirikan, Qlue selalu berusaha mengakselerasi perubahan positif di dunia melalui teknologi smart city berbasis kecerdasan buatan, IoT, dan mobile workforce. 

Sehingga dapat memudahkan warga, pemerintah, dan bisnis untuk dapat bekerja lebih efektif. “Ini merupakan kabar positif untuk Qlue di tengah pandemi. Kami percaya jika startup-startup di Indonesia tak kalah dengan startup di negara lain,” ujarnya.

Selain terus mengakselerasi perubahan positif di bidang smart city, saat ini Qlue juga fokus mengembangkan inovasi teknologi berbasis AI, IoT, dan mobile workforce untuk membantu pemerintah dan sektor swasta dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan menyongsong new normal.

Qlue pun menjadi bagian dari sinergi usaha rintisan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sejak Covid-19 merebak di Indonesia, Qlue menambahkan beberapa label baru terkait Covid-19 ke dalam aplikasi pelaporan masyarakatnya.

Di antaranya, QlueApp, untuk memantau situasi rumah sakit penuh, kelangkaan alat medis, kerumunan warga, tracing suspect Covid-19, bantuan sembako, dan potensi mudik. Laporan dari QlueApp juga terintegrasi dengan platform IndonesiaBergerak.com, platform digital yang berisi informasi mengenai Covid-19 yang digagas oleh MDI Ventures, bersama beberapa rintisan lainnya. 

Sejak diluncurkan di akhir Maret, sudah ada 883 laporan terkait Covid-19 yang masuk melalui QlueApp. Laporan didominasi oleh kerumunan warga dengan 690 laporan (78 persen), disusul dengan kebutuhan sembako dengan 162 laporan (18 persen), suspect Covid-19 dengan 18 laporan (dua persen), kelangkaan alat medis dengan enam laporan (0,7 persen), dan RS penuh dengan dua laporan (0,2 persen).

Tingkatkan Bisnis

photo
Pemanfaatan IoT dari Telkomsel untuk efisiensi operasional Alfamart - (Dok Telkomsel )

Hadirnya teknologi 5G memang telah sejak beberapa waktu digadang-gadang akan datang tak lama lagi. Pemanfaatan utama dari 5G pun diperkirakan akan lebih diarahkan untuk segmen industri. 

Pekan lalu, Telkomsel mengumumkan kolaborasinya bersama Alfamart (PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.), untuk menyediakan solusi berbasis Internet of Things (IoT). Kolaborasi ini bertujuan mentransformasi jaringan operasional wide area network (WAN) milik Alfamart melalui solusi IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Implementasi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT akan membantu Alfamart meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional selama masa pandemi hingga kondisi new normal. Hal ini menjadi salah satu bukti pemanfaatan teknologi IoT untuk membantu dunia usaha beradaptasi sekaligus menjaga produktivitasnya dengan aman dan efisien dalam segala situasi. 

Direktur International Business & Technology Alfamart Bambang Setyawan Djojo menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Alfamart tengah berupaya melakukan transformasi digital di lebih dari empat belas ribu gerainya yang tersebar di seluruh Indonesia. “Kolaborasi kali ini akan memperkuat semangat kami untuk terus memperluas digitalisasi di dalam operasional perusahaan secara berkelanjutan, sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Bmbang, kolaborasi ini tak hanya akan memberikan manfaat bagi Alfamart. Namun juga akan berdampak positif bagi industri retail di Indonesia. 

Senada, General Manager IoT Smart Connectivity Telkomsel Alfian Manullang, mengungkapkan, implementasi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT akan membantu Alfamart meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional. Solusi Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT, menurut Alfian, akan mampu mentransformasi infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart dengan menghubungkannya ke sistem cloud, sehingga sistem operasional jaringannya dapat terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end.

Selain itu, solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) yang memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru sehingga meminimalkan terjadinya kendala teknis. 

 
Pemanfaatan teknologi IoT untuk membantu dunia usaha beradaptasi sekaligus menjaga produktivitasnya dengan aman dan efisien dalam segala situasi. 
NAMA TOKOH
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat