Ilustrasi memancing | Pixabay

Inovasi

Teknologi untuk Segala Situasi

Adopsi teknologi dapat meningkatkan kualitas kehidupan di berbagai lini.

Banyak hal berarti yang bisa diwujudkan dengan teknologi. Jarak yang terbentang akibat pandemi, ternyata berhasil pula dijembatani untuk konektivitas dan inovasi-inovasi teknologi. 

Pda prinsipnya, segala lapisan masyarakat bisa merasakan dampak positif yang bisa dibawa oleh konektivitas. Nelayan, misalnya. 

Saat ini, teknologi memiliki peran untuk membantu para nelayan mencari ikan. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia terus bekerjasama menyosialisasikan aplikasi Laut Nusantara ke kalangan nelayan dan para pemangku kepentingan terkait di berbagai pelosok Nusantara. 

Di Kawasan Timur Indonesia (KTI), sosialisasi juga diberikan kepada pelajar dan mahasiswa. Pekan lalu, ratusan siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Ambon dan mahasiswa Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Sorong, di mana sebagian besar dari mereka merupakan keluarga nelayan, mengikuti acara sosialisasi pemanfaatan teknologi digital untuk membantu para nelayan kecil meningkatkan produktivitas.

Aplikasi Laut Nusantara merupakan aplikasi yang dapat memberikan data-data yang akurat mengenai berbagai kebutuhan nelayan selama melaut. Termasuk lokasi keberadaan ikan, data cuaca terkait kecepatan angin dan kondisi gelombang, perhitungan BBM, hingga fitur untuk panggilan darurat. 

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur perbincangan yang bisa nelayan manfaatkan untuk mendapatkan informasi mengenai harga ikan tangkapan di pasar.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, sesuai tema, XL menyasar sosialisasi aplikasi Laut Nusantara kepada para siswa SUMP Ambon dan mahasiswa Poltek KP, Sorong, karena sebagian besar mahasiswa di sini berasal dari keluarga nelayan. “Kami berharap sosialisasi ini selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan para mahasiswa tentang urgensi transformasi dan adopsi teknologi digital pada sektor perikanan, juga terjadi transfer pengetahuan kepada keluarga mahasiswa yang menjadi nelayanan di kampung,” ujarnya menjelaskan. 

Selain pelajar dan mahasiswa, sosialisasi Laut Nusantara juga diikuti oleh para pengajar di kedua lembaga pendidikan perikanan tersebut, juga para penyuluh kelompok nelayan, serta ratusan nelayan dari berbagai desa di area Sorong dan Ambon, dan komunitas perikanan lainnya di berbadai daerah di Indonesia. 

Penunjang Gaya Hidup

photo
Layanan VoLTE terus diperluas, baik dalam hal jangkauan maupun perangkat. - (Dok Telkomsel )

Di aspek gaya hidup, teknologi juga mampu memberikan warna tersendiri. Telkomsel melalui Dunia Games menghadirkan kemudahan akses bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar Telkomsel membayar biaya berlangganan fitur akun premium Tinder menggunakan pulsa atau tagihan Kartu Halo.

Head of Digital Lifestyle Telkomsel Crispin P Tristram mengungkapkan, Telkomsel selalu memusatkan pengembangan produk dan layanannya sesuai kebutuhan berbagai segmen pelanggan. "Telkomsel sebagai connectivity enabler juga memaknai kolaborasi ini dengan memperkuat komitmen kami untuk terus menghubungkan tiap individu di seluruh Tanah Air melalui pemanfaatan teknologi digital tepat guna," ujarnya.

Menurut Cripin, melalui platform unit bisnis Dunia Games, Telkomsel akan terus berupaya memenuhi kebutuhan akses ragam platform hiburan digital pelanggan. Termasuk, dengan terus menghadirkan aplikasi gim dengan ragam genre baru. 

Di sisi lain, untuk melanjutkan langkah menuju implementasi 5G di Indonesia, Telkomsel juga terus memperluas ketersediaan layanan voice over LTE (VoLTE) yang meliputi perluasan jangkauan daerah dan mitra ponsel pendukung. 

VoLTE merupakan basis teknologi yang berdasar pada all-IP (Internet Protocol) yang terintegrasi dengan fitur panggilan pada smartphone. Dengan jaringan 4G LTE yang memiliki kecepatan akses data internet yang lebih cepat, memungkinkan panggilan suara dan data berada dalam satu jaringan akan membuat performa voice call dan akses internet lebih optimal.

Upaya ini diharapkan dapat mengakselerasi adopsi teknologi broadband VoLTE oleh seluruh lapisan masyakarakat Indonesia. Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menjelaskan, Telkomsel terus berupaya menghadirkan inovasi teknologi seluler terkini di Indonesia. “Kehadiran layanan VoLTE ini diharapkan mampu memperkuat roadmap perusahaan dalam menghadirkan layanan jaringan 5G,” ujarnya. 

Untuk wilayah jangkauan layanan VoLTE, kini Telkomsel telah memperluas ketersediaan layanan VoLTE hingga wilayah Bogor dan Sidoarjo, setelah sebelumnya sukses dengan pengoperasian layanan VoLTE di wilayah Jadetabek dan Surabaya sejak awal Mei lalu. Sedangkan untuk ponsel penyedia layanan VoLTE, kini Telkomsel juga telah berkolaborasi dengan Xiaomi sebagai mitra produsen perangkat yang menyediakan sistem operasi yang akan mendukung keunggulan layanan VoLTE dari Telkomsel.

Kehadiran Xiaomi menyusul mitra produsen lainnya seperti Samsung, Huawei, dan Vivo yang sudah terlebih dahulu berpartisipasi. 

 
VoLTE memungkinkan panggilan suara dan data berada dalam satu jaringan akan membuat performa voice call dan akses internet lebih optimal.
SETYANTO HANTORO, Direktur Utama Telkomsel
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat