Suasana pengeboran terowongan pada proyek pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (27/5). | RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO

Ekonomi

Jalur Kereta Cepat Diperpanjang

Perpanjangan jalur kereta cepat akan membuat proyek itu lebih feasible.

 

JAKARTA -- Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diperpanjang hingga Surabaya untuk mengatasi persoalan pembengkakan biaya. Penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung pun diperkirakan akan mundur satu tahun atau baru bisa beroperasi pada 2022. 

"Dilaporkan Menteri BUMN terkait proyek kereta cepat juga terjadi budget overrun dan ada keterlambatan selama satu tahun. Arahan Presiden (Joko Widodo) agar lebih ekonomis untuk didorong kelanjutan proyek," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas terkait Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Jumat (29/5).

 
Tidak hanya berhenti di Bandung, tetapi terus sampai Surabaya.
AIRLANGGA HARTARTO, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Kendati demikian, Airlangga tidak menjelaskan detail pembengkakan biaya yang terjadi dan alasannya. Untuk menyiasati hal ini, ujar Airlangga, Jokowi memerintahkan agar kelanjutan proyek dikerjakan lebih ekonomis.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diintegrasikan dengan proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya. Artinya, jalur yang ada nanti akan terhubung antara Jakarta-Bandung-Surabaya. Mengenai detail teknisnya, ujar Airlangga, masih dikaji oleh Kementerian BUMN.

"Tidak hanya berhenti di Bandung tetapi terus sampai Surabaya dan diusulkan agar konsorsium bisa ditambah oleh konsorsium dari Jepang," jelas Airlangga.

 
Pemerintah mematangkan rekomendasi 89 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 1.422 triliun.
 
 

Awalnya, operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan bisa dilakukan pada kuartal II 2021. Namun, dengan berbagai kendala saat ini, Kementerian BUMN dan konsorsium proyek akan berkoordinasi untuk membahas kelanjutan proyek.

"Oleh Menteri BUMN akan dikaji, baik itu mengenai anggota konsorsium juga mengenai rute dan total proyek," jelas Airlangga.

Pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). KCIC merupakan konsorsium yang terdiri atas perusahaan BUMN dan perusahaan asal Cina. Sementara, proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya rencananya akan digarap investor asal Jepang. 

Pemerintah sedang mematangkan rekomendasi 89 proyek strategis nasional (PSN) mulai 2020, dengan nilai total Rp 1.422 triliun. Airlangga menyampaikan, dari 89 PSN yang disepakati, 56 proyek di antaranya adalah usulan baru. Sementara, 10 proyek merupakan proyek perluasan dari PSN sebelumnya, 15 proyek dikelompokkan sebagai program pemerintah baru, dan delapan proyek masuk dalam sektor ketenagalistrikan.

"Dari 245 proyek baru (yang diusulkan), hanya 89 proyek yang memenuhi kriteria. Dengan demikian, 156 proyek belum direkomendasikan karena masih butuh dukungan kementerian teknis dan perlu memenuhi kriteria sebagai PSN," ujar Airlangga.

photo
Kereta api melintas di samping proyek pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (27/5). - (RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO)

Airlangga memerinci, ada 15 PSN baru berkaitan dengan pembangunan jalan-jembatan, lima proyek bandara senilai Rp 5,6 triliun, lima proyek kawasan industri senilai Rp 327,2 triliun, 13 proyek bendungan-irigasi senilai Rp 71,8 triliun, satu proyek tanggul laut senilai Rp 5,68 triliun, dan dua proyek smelter.

Kemudian, masih ada satu proyek penyediaan lahan pangan berupa penambahan luas lahan sawah di Kalimantan Tengah, lima proyek pelabuhan, enam proyek kereta api, 13 proyek kawasan perbatasan, 12 proyek energi, enam proyek air bersih, satu proyek pengelolaan sampah, dan tiga proyek pengembangan teknologi termasuk teknologi drone senilai Rp 27,17 triliun.

 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek termasuk dalam pembangunan PSN. Meski begitu, Erick mengaku telah mendapat amanat dari Jokowi untuk tetap bisa melanjutkan pembangunan PSN yang telah ditetapkan.

"Ini yang buat kita harus optimistis bahwa negara kita terus memikirkan pembukaan lapangan kerja karena proyek strategis nasional ini banyak menyerap tenaga kerja," ujar Erick dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (29/5).

Erick mengatakan, proyek pembangunan kereta cepat kini telah mendapatkan lampu hijau dari Jokowi. Bahkan, pembangunan kereta cepat bisa diperpanjang hingga ke Surabaya. Erick menyebut, proyek seperti kereta cepat akan membuka banyak lapangan kerja baru. Menurut Erick, perpanjangan rute kereta cepat akan membuat proyek itu lebih layak pendanaan atau feasible

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat