Suasana masjid Istiqlal yang tidak menyelenggarakan tarawih pertama, Jakarta, Kamis (23/4). Masjid Istiqal meniadakan kegiatan shalat tarawih berjamaah dan sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak orang pada Ramadhan 1441 H. | Prayogi/Republika

Cahaya Ramadhan

17 Juta Cicitan untuk Ramadhan

Unggahan tentang Ramadhan berasal dari Inggris, Arab, Melayu, Thailand, Indonesia, India, dan Spanyol.

 

 

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat umat Islam di penjuru dunia untuk menjalani Ramadhan. Salah satu bukti, banyaknya unggahan mengenai Ramadhan di media sosial (medsos) sebagai bentuk antusiasme warganet. Mereka berkreasi dengan membuat aneka konten seputar Ramadhan.

Platform media sosial (medsos) Twitter mencatat, sedikitnya ada 17 juta cicitan mengenai Ramadhan 1441 Hijriyah. Jumlah tersebut meningkat 70 persen dibandingkan pada Ramadhan tahun lalu.

Twitter mencatat, unggahan banyak berasal dari tujuh bahasa, yakni Inggris, Arab, Melayu, Thailand, Indonesia, India, dan Spanyol. Beberapa tagar yang menyemarakkan lini masa di Twitter, di antaranya, #Ramadan, #RamadanKareem, dan #RamadanMubarak.

Ada pula #IftarRamadan, #Iftar, #SuhurRamadan, #Suhoor, #Sahur, dan #Suhour.

Di Twitter, warganet sering membahas topik-topik selama bulan suci. Mulai dari agama, makanan, hingga hiburan.

"Orang-orang di Twitter berkumpul untuk membahas topik-topik yang paling berarti bagi mereka selama bulan ini," seperti dilansir di Saudi Gazette, Ahad (26/4) malam.

Ada sepuluh negara top berkicau secara global mengenai tema-tema yang berkaitan dengan Ramadhan, di antaranya, Arab Saudi, Mesir, Turki, Uni Emirat Arab, dan Oman.

Simbol yang digunakan untuk mengirim salam kepada Nabi Muhammad SAW diunggah hingga empat juta kali. Negara-negara yang paling banyak mengunggah cicitan berkaitan dengan hal tersebut, di antaranya, Indonesia, Malaysia, Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan Mesir.

Beberapa selebritas dunia tak ketinggalan menyampaikan pesan cinta dan damainya pada awal-awal Ramadhan ini. Seperti dilansir di the Express Tribune baru-baru ini, bintang pop Halsey menyampaikan dukungan kepada para penggemarnya yang beragama Islam.

"Ramadan kareem bagi semua yang merayakan. Saya yakin kalian diberkahi kesabaran, kekuatan, keberanian, kebahagiaan, dan kedamaian yang besar," kata Halsey dalam cicitannya di Twitter.

Raksasa DC Comics membagikan ilustrasi dari pahlawan super Green Lantern. "Ramadan Mubarak! Berharap yang terbaik untuk semua yang merayakan di seluruh galaksi," tulis mereka.

Penyanyi Sami Yusuf juga berdoa bagi para penggemarnya agar Ramadhan tahun ini penuh keberkahan. "Berharap kalian semua selamat dan bahagia di bulan suci ini," tulisnya di Twitter.

photo
Umat Islam melaksanakan shalat Tarawih di Masjid Agung Baitul Hakim, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (23/4/2020). Salat Tarawih berjamaah hari pertama Ramadhan 1441 di masjid tersebut diikuti ratusan umat muslim dengan menerapkan physical distancing, mengenakan masker dan melewati bilik penyemprotan cairan disinfektan sebelum memasuki masjid guna mencegah penyebaran COVID-19 - (SISWOWIDODO/ANTARA FOTO)

Semarak Ramadhan juga merambah ke tokoh animasi Spongebob Squarepants. Dia dan sahabatnya si bintang laut Patrick mengenakan baju koko dan sarung sebagai tema menyambut Ramadhan.

Nickelodeon sebagai perusahaan yang memproduksi Spongebob Squarepants sengaja mengubah tampilan kostum karakter tersebut. Banyak yang mengapresiasi langkah Nickelodeon ini.

photo
Mutiara Ramadhan - (Republika)

Banyak respons positif terhadap unggahan itu, yakni sekitar 160 ribu yang mengunggah ulang dan 290 ribu yang menyukai.

Sebagian besar warganet memuji perubahan kostum dua karakter bawah laut ini. Lucu dan menghibur.

Namun, ada sedikit yang menganggu di unggahan tersebut, yaitu perdebatan antara beberapa warganet asal Indonesia dan Malaysia. Mereka bersikeras bahwa busana yang digunakan Spongebob Squarepants dan Patrick berasal dari negaranya masing-masing.

Dibanding berdebat, warganet lain lebih penasaran pakaian apa yang digunakan Tuan Krabs, Squidward, dan Sandy. Ada yang membayangkan Tuan Krabs dan Squidward mengenakan kombinasi baju Melayu, sementara Sandy memakai hijab bermotif bunga.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.