Optimalisasi jaringan untuk Ramadhan terus dilakukan para operator telekomunikasi. | Dok XL Axiata

Inovasi

Persiapan Berbeda Jaringan Ramadhan

Residensial dan pusat layanan kesehatan menjadi fokus optimalisasi jaringan di Ramadhan kali ini.

Ramadhan kali ini, industri telekomunikasi di Indonesia, khususnya para operator, menyiapkan jaringannya secara berbeda. Apabila tahun-tahun sebelumnya operator berfokus di jalur mudik dan berbagai tempat wisata di luar Ibu Kota, tahun ini residensial dan sektor layanan kesehatan jadi perhatian.

Penyebaran virus Covid-19 yang masih tinggi dan larangan mudik dari pemerintah menjadi faktor utama perubahan fokus operator kali ini. Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menjelaskan, Telkomsel memahami betapa pentingnya untuk terus saling terhubung dengan orang-orang tercinta dalam momen Ramadhan dan Idul Fitri bagi umat Islam di Indonesia.

Untuk itu, sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya memastikan seluruh pelanggan dapat tetap nyaman menjalin silaturahim walau saat ini negara sedang menghadapi keadaan yang penuh tantangan.

 
Upaya penguatan dan pengamanan akses jaringan di sejumlah titik prioritas telah kami lakukan guna memaksimalkan pemanfaatan layanan berbasis broadband agar masyarakat dapat terus menikmati terhubung dengan nyaman dan lancar.
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro
 

Menurut dia, pada momen Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) tahun ini, Telkomsel memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik komunikasi untuk layanan broadband sebesar 20 persen. Sedangkan, untuk trafik layanan legacy, yaitu suara dan SMS, diprediksi akan mengalami penurunan jika diban dingkan dengan hari normal.

Sebagai antisipasi, Telkomsel telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest(POI) yang berfokus di 309 titik area residensial.Titik-titik ini merupakan titik yang telah teridentifikasi mengalami kenaikan trafik telekomunikasi yang sangat signifikan sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI untuk beraktivitas di rumah.

Selain itu, fokus optimalisasi jaringan juga dilakukan di 58 titik rumah sakit rujukan Covid-19, 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi seperti bandara dan pelabuhan, 31 titik area transportasi logistik, alat-alat kesehatan dan ke butuhan pokok, dan pengamanan jaringan di akses jalur tol serta jalan utama sepanjang 16 ribu kilometer yang terbentang dari wilayah Pulau Sumatra, Jawa, hingga Kalimantan.

Paket untuk silaturahim

Untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia akan menyambut dan menjalani Ramadhan dalam suasana berbeda seiring dengan pandemi Covid-19. Melihat kondisi saat ini, momen Ramadhan yang biasanya diisi dengan ngabuburit, buka puasa bersama, hingga perjalanan mudik saat Lebaran tidak akan dapat ditemui pada Ramadhan tahun ini.

Kondisi ini menginspirasi IM3 Ooredoo membangun kampanye Ramadhan bertajuk 'Tidak ada yang lebih penting dari Silaturahmi'. Kampanye ini ingin memberikan semangat kepada masyarakat Indonesia bahwa budaya silaturahim tidak boleh luntur, terlepas dari keterbatasan yang saat ini harus dihadapi.

Pekan lalu, IM3 Ooredoo pun menghadirkan paket Freedom Kuota Harian yang memberikan kuota harian dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini untuk memastikan agar setiap harinya konsumen bisa memiliki kuota internet yang cukup untuk bersilaturahim bersama teman dan keluarga setiap hari.

Selain itu, IM3 Ooredoo juga akan mendonasikan Rp 2.000 dari setiap aktivasi paket Freedom Kuota Harian untuk penanganan Covid-19. Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh menjelaskan, situasi sulit ini merupakan ujian berat bagi semua elemen masyarakat, tetapi harus tetap dijalani.

Menurut dia, melalui kampanye ini, IM3 Ooredoo ingin membuktikan bahwa melakukan physical distancing selama Ramadhan tidak berarti memutus tali silaturahim. Masyarakat pun bisa terhubung setiap harinya dengan paket Fre-edom Kuota Harian sehingga ibadah Ramadhan tetap dapat fokus dijalankan meskipun tetap di rumah, ujarnya.

Pelanggan dapat menikmati paket Freedom Kuota Harian dengan masa aktif yang sama dengan jumlah kuota utamanya. Mulai dari Rp 19.900 untuk kuota 7 GB dengan masa aktif 7 hari, Rp 39.900 untuk kuota 14 GB masa aktif 14 hari, hingga Rp 74.900 untuk kuota 28 GB dengan masa aktif 28 hari.

Pelanggan dapat menikmati paket Freedom Kuota Harian ini dengan mendapatkannya melalui *123# atau aplikasi My IM3 yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat