Pengunjung memadati pameran teknologi komputer dan gawai Indocomtech 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (1/11/2019). | ANTARA FOTO

Inovasi

Mewujudkan Teknologi Berdampak

Dengan teknologi robotik, proses pendanaan bisa difokuskan pada ketertarikan pengguna.

 

 

Bicara bisnis, tentu tak melulu soal membuat produk, merekrut dan menggaji pegawai, hingga memasarkan produk kepada publik. Ada pula dampak sosial yang dihasilkan dari bisnis yang beroperasi.

Seperti yang dilakukan oleh Beauty Barn, jenama rangkaian produk perawatan kulit, kesehatan, dan rumah yang aman digunakan bagi bayi baru lahir, anak-anak, hingga ibu hamil-menyusui yang memiliki alergi.

Founder Beauty Barn Welly Ng mengungkapkan, Beauty Barn lahir dari keluhan alergi anaknya. Ia sudah pergi berulang kali ke dokter, tapi alergi anaknya tidak sembuh. Dokter menyarankan agar anaknya meminum obat antihistamin setiap hari agar alerginya tidak muncul.

Sebagai orang tua tentu menyakitkan mendengar anaknya harus terus meminum obat. Setelah pulang dari dokter, ia bertanya-tanya apa solusi agar anaknya bisa sembuh. "Akhirnya saya research dan saya temui salah satu solusi namanya fitoterapi. Jadi, menggunakan tanaman berulang kali sampai tujuannya tercapai. Misi saya, mengurangi keluhan alergi anak saya," kata Welly seusai acara Koinworks #MeetYourPeers di Jakarta, Rabu (4/3).

Setelah membuat dan berhasil untuk anaknya, Welly memberikan produk tersebut untuk teman dekatnya. Dari teman-temannya ia mendapatkan masukan agar produk ini dijual saja. "Awalnya saya juga masak sih jualan, dikit-dikit cari duit, mainin purpose. Tapi, teman-teman bilang jangan berpikiran seperti itu, siapa tahu anak orang lain bisa terbantu. Nah, Beauty Barn, September 2012 pun pertama jualan,? ujarnya.

Berbicara soal dampak sosial yang dihasilkan perusahaan, Welly mengungkapkan, seseorang harus tahu terlebih dulu apa tujuan mereka berbisnis. Bagi Welly, dampak sosial yang ingin ia berikan ke luar perusahaan adalah ingin melihat generasi Indonesia yang sehat dan bahagia. Maka dari itu, ia membuat produk yang 100 persen berasal dari bahan natural yang aman dan efektif dengan harga terjangkau.

Sudah bertahun-tahun menjalankan Beauty Barn, Welly memiliki kiat tersendiri agar bisnisnya bertahan. Selain berinovasi, ia terus memperkuat tim di balik Beauty Barn.

Sebab, tanpa tim yang solid dan saling mendukung satu sama lain, bisnis tak akan berlanjut. Mereka adalah orang-orang yang menangani semua agar bisnis terus berjalan dengan baik.

Beauty Barn saat ini telah memiliki karyawan sebanyak 23 orang dan merupakan salah satu peminjam di platform one-stop financial solution KoinWorks yang merasakan dampak setelah mendapatkan pembiayaan. Melalui bantuan pendanaan dari KoinWorks, Beauty Barn yang awalnya industri rumahan (home-based), kini telah berhasil memiliki fasilitas dan pabrik sendiri. Saat ini, Beauty Barn semakin berkembang dengan kehadiran gerai luring.

Saat ditanya tentang kiat peminjaman, Welly mengungkapkan yang pasti adalah jujur. Setelah mendapatkan dananya, kemudian fokuslah pada perusahaan. Kemudian, Welly memiliki target membuat wellness community hub, tempat ibu-ibu bisa datang untuk berbagi cerita dan mendapatkan nilai tambah untuk keluarganya di rumah.

Optimalisasi kemampuan prediksi

KoinWorks yang telah berevolusi menjadi Super Financial App, kini melengkapi fiturnya dengan menghadirkan KoinRobo untuk jajaran produk keuangan yang ditawarkan. Teknologi ini memudahkan pengelolaan bagi para pendana dengan menawarkan hasil yang telah diprediksi sejak awal.

Tak hanya menawarkan kemudahan, KoinWorks melalui KoinRobo membawa misi sosial untuk mengajak pengguna menjadi bagian dari pencipta dampak (impact creator). Sebab dapat mendanai kategori pebisnis yang disesuaikan dengan ketertarikan masing-masing pengguna.

Sejalan dengan keberadaan layanan tersebut, KoinWorks memperkenalkan #MeetYourPeers untuk pertama kalinya pada publik sebagai acara dan wadah pertemuan pendana dan peminjam secara tatap muka sambil bertukar pengalaman tentang bisnis para peminjam.

Chief of Marketing Officer KoinWorks Jonathan Bryan mengungkapkan, melalui program ini diharapkan mampu memberikan kesadaran bahwa setiap pendanaan yang dilakukan melalui KoinRobo tidak semata-mata otomatisasi pendanaan dan keuntungan. Namun, juga membawa misi sosial dalam membantu para pelaku UKM dalam mengembangkan bisnisnya. ?Melalui KoinRobo, KoinWorks juga mengajak masyarakat untuk ambil bagian menjadi //impact creator// dan melihat langsung hasil nyata dari dana yang telah disalurkan,? kata Jonathan.

Lebih jauh, ia melanjutkan, melalui produk KoinRobo, pengguna dapat menentukan sendiri tenor pendanaan dan alokasi dana terhadap kategori bisnis yang ada untuk ikut membantu memberikan dampak sosial bagi para pelaku UKM. Antusias para pengguna terhadap produk ini pun cukup baik, terlihat dari 30 persen pendana di KoinWorks menyalurkan pendanaannya melalui KoinRobo.

Kehadiran #MeetYourPeers juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan KoinWorks yang ditujukan untuk pengguna, sebagai program literasi keuangan agar masyarakat dapat lebih 'melek' finansial di era digital. N ed: setyanavidita livikacansera

Hidupkan Kembali Cerdas Cermat

Beberapa dekade lalu, konsep beradu pengetahuan umum dalam kompetisi cerdas cermat begitu populer. Kini, di era digital, Telkomsel kembali menghadirkan kompetisi berkonsep serupa dengan Cerdas Cermat, yaitu kuis Ilmupedia Berani Jawab! (IBJ).

IBJ adalah program kuis tingkat nasional yang diselenggarakan untuk murid-murid tingkat SMA dan sederajat dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Vice President Mass Market Telkomsel Hastining B Astuti menjelaskan, Telkomsel terus berkomitmen selalu menjadi enabler bagi generasi muda dan meyakini, akses terhadap ilmu pengetahuan perlu dibuka secara luas. "Sejalan dengan komitmen pemerintah dalam memperkuat teknologi sebagai alat pemerataan kesempatan dan dukungan pembelajaran yang sama bagi anak, maka Telkomsel menghadirkan kuis IBJ," ia menjelaskan.

Selain IBJ, Telkomsel juga berupaya penyediaan akses terhadap ilmu pengetahuan yang semakin inklusif. Inisiatif tersebut diwujudkan dalam bentuk paket data ilmupedia. Paket Ilmupedia merupakan paket data yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi belajar daring.

Paket ini diharapkan dapat mendorong pelajar terus menggali potensi diri mereka dengan memberikan keseruan serta kemudahan akses belajar daring. Paket Ilmupedia kini sudah dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar dari Quipper, Cakap, Bahaso dan Zenius. Paket Ilmupedia dapat diaktifkan oleh pengguna layanan prabayar Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi menu akses *363*844#. N setyanavidita livikacansera

Dukung Revolusi 4.0 di Sektor Transportasi

Indosat Ooredoo Business, melalui NEXTfleet, menjadi satu-satunya solusi IoT Fleet Management yang hadir di acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang berlangsung 5-8 Maret 2020 di Jakarta.

Indosat Ooredoo membawa tema "Creating Values with Safety & Productivity Booster" untuk mendukung implementasi revolusi industri 4.0, khususnya di sektor transportasi, logistik, dan distribusi.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena menjelaskan, Indosat memiliki strategi tiga tahun untuk //business to business// (B2B) dalam mendorong pertumbuhan dengan menjadi lebih lincah menghadapi kompetisi. ?Hari ini kami bangga dapat hadir di tengah pelaku industri kendaraan komersial Indonesia dan mempersembahkan NEXTfleet bagi pelanggan yang berkaitan erat dengan dinamika kemajuan teknologi transportasi yang kian pesat,? ujarnya.

NEXTfleet mengusung teknologi telematics terkini, yang didesain untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik, seperti Cold Chain Management, Logistic & Distribution, dan public transport management. Untuk meningkatkan keamanan dan kinerja pengendara, Indosat Ooredoo Business kini sedang menyiapkan teknologi ADAS (Advanced Driver Assisted System), dan Intelligent Telematics Surveillance yang dapat diaplikasikan untuk monitoring environment, seperti monitoring muatan, dan parking and gate system.

Kualitas NEXTfleet didukung kesiapan infrastruktur Indosat Ooredoo yang telah melaksanakan penggelaran jaringan 4G secara intensif. Termasuk mengembangkan cakupan populasi 4G dari hanya sebesar 44 persen pada akhir 2017 hingga mencapai hampir 90 persen di 2019. Kesiapan infrastruktur ini, secara langsung ikut pula mendukung kelangsungan ekosistem Internet of Things (IoT) di hampir seluruh wilayah nusantara. n

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat