Pengunjung melihat peralatan cetak pada awal pertama terbit saat Pameran Pers Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Komplek Astaka Pancing, Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023). Dalam pameran ini pengunjung bisa melihat koleksi surat kabar pertama terbit d | Republika/Wihdan Hidayat

Peristiwa

Pameran Hari Pers Nasional 2023

Rangkaian HPN 2023 ini akan berlangsung hingga 12 Februari.

MEDAN -- Pameran digelar menjelang perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Komplek Astaka Pancing, Medan, Sumatra Utara, Selasa (7/2/2023). Rangkaian HPN 2023 ini akan berlangsung hingga 12 Februari dengan puncak peringatan pada 9 Februari.

photo
Pengunjung melihat bagan sejarah dunia pers saat Pameran Pers Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Komplek Astaka Pancing, Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023). - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Dalam pameran ini, pengunjung bisa melihat koleksi surat kabar pertama terbit di Indonesia. Selain itu, juga kisah toko pers Sumatra yang memengaruhi sejarah pers di Indonesia.

photo
Pengunjung melihat koleksi surat kabar pertama terbit saat Pameran Pers Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Komplek Astaka Pancing, Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023). - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya. Tanggal ini mengacu pada berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia pada tanggal yang sama tahun 1946.

photo
Pengunjung melihat koleksi surat kabar pertama terbit saat Pameran Pers Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Komplek Astaka Pancing, Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023).  - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Ketika itu pers menjadi alat perjuangan perang kemerdekaan melawan penjajah. Tanggal ini kemudian ditetapkan menjadi Hari Pers Nasional pada masa pemerintahan Presiden Soeharto pada tahun 1985, berdasarkan rekomendasi Kongres PWI 1978.

photo
Pengunjung memotret tokoh pers Sumatera Utara saat Pameran Pers Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Komplek Astaka Pancing, Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023). - (Republika/Wihdan Hidayat)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat