Seorang anggota tim SAR membopong seorang anak dari reruntuhan gedung yang roboh di Kota Jandaris yang dikuasai pemberontak Syria, Senin (6/2/2023). | REUTERS/Khalil Ashawi

Peristiwa

Tim SAR Temukan Anak yang Selamat dari Reruntuhan Gempa

Jumlah korban tewas di Turiki dan Suriah telah menembus angka 5000 lebih.

Angka korban meninggal akibat gempa bumi di Turki dan Suriah terus meningkat. Terakhir hingga tulisan ini dibuat, jumlah korban tewas di kedua negara telah menembus angka 5000 lebih.

photo
Seorang anak mendapat pertolongan darurat setelah dievakuasi dari reruntuhan gedung di Kota Hatay, Turkey, February 7, 2023. (REUTERS/Umit Bektas) - 

 

Otoritas Turki menyebutkan angka 3549 korban tewas, sementara di Suriah mencapai 1600 meninggal. Diperkirakan angka ini akan terus bertambah mengingat masih banyak bangunan yang roboh yang belum dievakuasi.

photo
Tim SAR mengeveakuasi seorang anak perempuan dari gedung yang roboh akibat gempa di Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). (REUTERS/Sertac Kayar) 

 

Namun dari setiap peristiwa bencana gempa bumi, korban selamat terutama dari kalangan anak-anak selalu memberikan secercah harapan.  Keajaiban terjadi, dan masih akan banyak korban selamat yang akan ditemukan.

photo
Muhammet Ruzgar, (5tahun),  dievakuasi dari gedung yang rubuh akibat gempa di Kota Hatay, Turki, Selasa 7/2/2023. (REUTERS/Umit Bektas).

 

Kondisi ini juga yang terjadi di lokasi bencana gempa bumi di Turki dan Suriah. Meski tim SAR harus berpacu dengan kondisi alam yang tidak bersahabat, akibat suhu dingin yang menggigit di musim dingin.

photo
Seorang pria membopong anak yang selamat dari gempa bumi di Kota Jandaris, Suriah, Senin (6/2/2023). (REUTERS/Khalil Ashawi).

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat