Orang-orang menerima makanan gratis yang dibagikan setelah gempa bumi di Diyarbakir, tenggara Turki, 6/2/2023). | EPA-EFE/REFIK TEKIN

Peristiwa

Derita Penyintas Gempa Turki-Suriah

Kini mereka harus berjuang menghadapi cuaca musim dingin di luar ruangan.

KAHRAMANMARAS -- Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi besar di Turki dan Suriah menjadi lebih dari 3.700 orang.

photo
Orang-orang berlindung di dalam gedung milik negara setelah gempa bumi di Diyarbakir, tenggara Turki, (6/2/2023). - (EPA-EFE/REFIK TEKIN)

 

 

Musim dingin yang membekukan, menambah derita ribuan orang yang terluka dan tuna wisma serta mempersulit upaya pencarian korban yang masih dinyatakan hilang.

 

photo
Seorang bayi diselamatkan dari bangunan yang hancur di Malatya, Turki, Senin, (6/2/2023). - (DIA Images)

 

Gempa dengan kekuatan 7,8 skala Richter menghancurkan blok-blok apartemen di Turki dan menambah kesulitan bagi jutaan warga Suriah yang bertahun-tahun dilanda perang.

photo
Petugas menyelamatkan seorang wanita dari puing-puing di Iskenderun, Turki selatan, Senin, (6/2/2023). - (Depo Photos via AP)

 

 

Kini penyintas gempa yang masih hidup harus berjuang melawan cuaca musim dingin tanpa perlindungan dan pemanas.

photo
Orang-orang berdiri di dekat tenda darurat setelah gempa bumi di Diyarbakir, tenggara Turki, (6/2/2023) - (EPA-EFE/REFIK TEKIN)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat