Seorang pengendara motor melintasi foto-foto korban tragedi di kawasan Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Ahad (15/1/2023). | EPA-EFE/MAST IRHAM

Peristiwa

Hari ini Sidang Perdana Kasus Tragedi Kanjuruhan

Proses pengadilan dipindahkan dari Malang ke Surabaya.

MALANG -- Pengadilan Negeri Surabaya bakal menyelenggarakan sidang perdana tragedi kanjuruhan dengan agenda pembacaan dakwaan hari ini Senin (16/1). Sidang perdana yang menyeret lima orang sebagai terdakwa bakal digelar di PN Surabaya, dan digelar secara online.

photo
Warga beraktivitas di kawasan Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Ahad (15/1/2023).(EPA-EFE/MAST IRHAM)

 

Kelima terdakwa tersebut adalah Ketua Panpel Arema Arema FC Abdul Haris, Security Officer Suko Sutrisno, Danki 3 Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmad.

photo
Foto salah satu korban tragedi terlihat di pintu gerbang 13 di kawasan Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Ahad (15/1/2023). (EPA-EFE/MAST IRHAM)

Tragedi Stadion Kanjuruhan terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu, pada pertandingan antara Arema FC dan Persebaya. Tragedi ini menjadi tragedi sepakbola terburuk kedua di dunia.

photo
Foto udara suasana Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Ahad (15/1/2023). (EPA-EFE/MAST IRHAM)

Sebanyak 135 orang meninggal dunia akibat tembakan gas air mata kepolisian ke tribun penonton yang menyebabkan kepanikan dan saling berdesakan untuk menyelamatkan diri.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat