Sejumlah calon penumpang kapal mengantre untuk membeli tiket Kapal Pelni di kantor Pelni Cabang Kupang,NTT, Selasa (26/4/2022). | ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Ekonomi

Pelni Antisipasi Kepadatan Saat Nataru

Pelni memprediksi pada Nataru 2022/2023 akan melayani penumpang hingga 451 ribu orang.

JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memprediksi sejumlah rute akan mengalami kepadatan selama masa angkutan mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro memastikan rute-rute tersebut akan diantisipasi agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang. 

"Kami memprediksi ruas-ruas yang padat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," kata Yahya saat ditemui di KM Kelud yang bersandar di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (21/10). 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pelayaran Nasional Indonesia (@pelni162)

Dia menegaskan, Pelni akan memastikan penumpang tetap terangkut di ruas yang padat tersebut. Rute pelayaran Pelni yang diprediksi akan padat penumpang pada masa Nataru 2022/2023, yakni Batang-Belawan, Baubau-Makassar, Sorong-Manokwari, dan Surabaya-Makassar.

Untuk mengantisipasinya, Yahya mengatakan, Pelni akan melakukan reroute atau mengalihkan rute sejumlah kapal. "Kami akan menambah frekuensi di ruas yang padat agar penumpang tidak menumpuk pada satu waktu," kata Yahya. 

Yahya menambahkan, penambahan frekuensi operasional kapal tersebut dilakukan dengan melakukan reroute. Kapal-kapal yang beroperasi di ruas yang sepi penumpang akan dialihkan ke rute padat. "Kami sedang koordinasi juga dengan Kementerian Perhubungan mengenai pengalihan rute kapal ini untuk operasional Nataru nanti," ujar Yahya. 

 
 
Kapal sudah mulai proses docking, ada yang sampai November ini terakhir docking.
 
 

Pelni memprediksi pada Nataru 2022/2023 akan melayani penumpang hingga 451 ribu orang. Pelni menyiapkan 26 kapal penumpang dan 44 kapal perintis. "Kapal sudah mulai proses docking, ada yang sampai November ini terakhir docking," kata Yahya.

Selain kesiapan kapal, Pelni juga menentukan waktu puncak arus mudik dan balik Nataru 2022/2023, yakni 11 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Pelni juga akan membuka posko angkutan Nataru 2022/2023 yang beroperasi 24 jam untuk mengantisipasi kondisi darurat.

Yahya menambahkan, Pelni juga bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo). Khususnya dalam menyiapkan fasilitas pelabuhan dan terminal saat melayani penumpang. 

 
 
Jika protokol kesehatan masih diberlakukan itu penting. Apalagi di daerah wilayah timur yang masih terbatas itu informasi tentang protokol kesehatan tetap diinformasikan. Misalnya saat masih di kapal.
 
 

Pengamat perkotaan dan transportasi Yayat Supriatna mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diantisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang kapal saat Nataru. Menurut dia, informasi perlu disampaikan kepada para pemudik pada masa Nataru 2022/2023 agar mereka mempersiapkan diri. 

"Jika protokol kesehatan masih diberlakukan itu penting. Apalagi di daerah wilayah timur yang masih terbatas itu informasi tentang protokol kesehatan tetap diinformasikan. Misalnya saat masih di kapal," kata Yayat. 

Jika nantinya mendapatkan dispensasi penambahan kuota penumpang, Yayat meminta Pelni dapat mengondisikan fasilitas dengan baik, khususnya untuk menjaga keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan penumpang di dalam kapal. 

"Karena biasanya dalam kondisi seperti itu penumpang ingin cepat sampai. Suasana seperti itu yang harus dijaga selama perjalanan," kata Yayat. 

Yayat juga meminta sosialisasi mengenai masa pembelian tiket Nataru dapat dilakukan secara luas. Begitu juga dengan sosialisasi penerapan pembelian tiket melalui akses daring (online) yang harus diperhatikan calon penumpang

Kiai Abbas Abdul Djamil Tokoh Pergerakan Cirebon

Kontribusinya dalam mengusir penjajah sangat besar melalui gerilya Laskar Hizbullah.

SELENGKAPNYA

Jihad Santri Melawan Penjajah

Sesudah Indonesia merdeka, kalangan santri semakin merapatkan barisan untuk membela Tanah Air.

SELENGKAPNYA

Revitalisasi Pasar Jongke Habiskan Rp 185 Miliar

Kementerian PUPR akan melakukan kajian sebelum proyek tersebut dikerjakan

SELENGKAPNYA