Anggota TNI menurunkan seorang anak dari alutista saat perayaan HUT TNI di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (5/10/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Jokowi: TNI Garda Terdepan Hadapi Krisis

Menhan menegaskan, pemerintah selalu memperhatikan kesejahteraan prajurit TNI.

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo meminta jajaran TNI untuk bersinergi dengan Polri menghadapi berbagai tantangan dan krisis saat ini. Jokowi menuturkan, dalam sejarahnya, TNI selalu berada di garda terdepan menghadapi setiap tantangan.

"Saya minta ke jajaran TNI dan jajaran Polri untuk bersinergi menyukseskan berbagai agenda nasional ini. Dukung agenda-agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial," kata Jokowi dalam amanatnya di upacara peringatan HUT ke-77 TNI di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10).

Presiden meminta agar TNI membantu kemandirian pangan, mengendalikan inflasi, menjaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal. Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, Jokowi juga meminta TNI tetap meningkatkan profesionalitasnya. "TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan //minimum essential force//, pembangunan kekuatan perlu terus selaras dengan pembangunan nasional dan program bela negara perlu dilanjutkan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi," ujar dia.

Menurut Presiden, bangsa dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Karena itu, ia meminta agar TNI terus memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Ia pun mengingatkan agar para prajurit TNI pantang menyerah, setia, dan rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia dan NKRI.

"Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara-saudara berada dan bertugas," ujarnya.

Tunjangan

Presiden Jokowi menyebut, tunjangan yang diterima prajurit TNI sudah mencukupi. Jokowi juga sempat menanyakan hal ini kepada perwakilan prajurit yang bertugas di daerah melalui video conference.

"Tadi kan saya tanya tunjangan, cukup. Cukup semua gimana, kan sudah dijawab tadi, gak ada yang ngeluh, cukup cukup. Artinya cukup, ada yang tadi jawab lumayan," kata Jokowi.

photo
Sejumlah pesawat melakukan atraksi saat perayaan HUT TNI di Jakarta, Rabu (5/10/2022). HUT TNI ke 77 bertemakan TNI Adalah Kita tersebut dimeriahkan dengan atraksi pesawat, parade kendaraan tempur dan pameran alat umum sistem persenjataan (alutista). - (Republika/Putra M. Akbar)

Sementara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan, pemerintah selalu memperhatikan kesejahteraan prajurit TNI. Namun demikian, upaya tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi bangsa.

"Ya kita selalu ingin memperhatikan ya, meningkatkan kesejahteraan. Tapi kita harus sesuaikan dengan kondisi ekonomi bangsa," kata Prabowo kepada wartawan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Saat ini, Indonesia sedang menghadapi berbagai krisis dunia. Bahkan diperkirakan krisis ke depannya bisa lebih parah. Prabowo pun menyebut kondisi tersebut dengan istilah perfect storm.

Prabowo mengatakan pemerintah terus berupaya keras dan tengah melakukan kajian untuk menghadapi ancaman perubahan iklim dan juga berbagai krisis lainnya. Karena itu, ia juga mendorong agar seluruh elemen bangsa tetap kompak.

"Jadi kita harus kompak. Kita harus kompak, kita harus waspada, kita harus jaga keamanan keuangan kita," ujarnya. 

photo
Parade marching band anggota TNI tampil pada perayaan HUT TNI di Jakarta, Rabu (5/10/2022). HUT TNI ke 77 bertemakan TNI Adalah Kita tersebut dimeriahkan dengan atraksi pesawat, parade kendaraan tempur dan pameran alat umum sistem persenjataan (alutista). Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Mengenang Maulid Nabi di Kediaman Habib Umar Alatas

Lebih dari 100 ribu kaum Muslimin dan Muslimat mendatangi acara maulid.

SELENGKAPNYA

Keluarga Cemara, Adaptasi Baru dengan Kelindan Persahabatan

Serial ini mengusung nilai-nilai persahabatan, cinta, dan keluarga

SELENGKAPNYA

Generasi Muda di Pusara Generasi Sandwich

Generasi muda disarankan menyiapkan dana pensiun sedini mungkin

SELENGKAPNYA