Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kanan) dan Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono (kiri) menyaksikan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kedua kiri) bersama Direktur Operasi Perum Perhutani Natalas Anis Harjanto (kedua kanan) | ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Ekonomi

Pertamina NRE-Perhutani Bersinergi 

Kerja sama Perhutani dan Pertamina NRE merupakan satu dari inisiatif strategis Kementerian BUMN mendukung dekarbonisasi.

JAKARTA -- Pertamina Power Indonesia sebagai Subholding Power & New Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Perum Perhutani bersinergi mendorong percepatan pencapaian Nationally Determined Contribution Indonesia pada 2030 serta visi Net Zero Emission di lingkup Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Keduanya bersinergi mengembangkan proyek nature based solution (NBS), salah satunya melalui skema reduced emission from deforestation and forest degradation (REDD).

"Proyek ini bertujuan mengintensifkan kegiatan pelestarian hutan guna mengurangi pelepasan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan serta memberikan dampak positif bagi penyerapan emisi karbon dan keanekaragaman lingkungan," kata Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury saat menyaksikan penandatanganan Head of Agreement (HoA) kerja sama pengembangan proyek NBS antara Pertamina NRE dan Perhutani di Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6).

photo
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kedua kiri) berbincang dengan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kiri) didampingi Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Persero Mulyono (kanan) dan Direktur Operasi Perum Perhutani Natalas Anis Harjanto (kedua kanan) usai penandatanganan Head Of Agreement (HoA) Proyek Nature Based Solutions (NBS) Pertamina Power Indonesia (PPI) dengan Perum Perhutani di Sentul Eco Edu Forest, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). - (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pahala menyebut, kerja sama ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Desember 2021, kemudian ditindaklanjuti dengan serangkaian pengerjaan pra-feasibilty study (FS) pada Februari-Mei 2022, dan dilanjutkan audiensi dengan KLHK pada 7 Juni 2022 serta konsultasi regulasi melalui focus group discussion (FGD) dengan KLHK pada 15 Juni 2022 lalu.

Pahala menyampaikan, pembentukan perusahaan NBS dan kerja sama Perhutani dan Pertamina NRE ini merupakan satu dari inisiatif strategis Kementerian BUMN mendukung dekarbonisasi. Pahala berharap sinergitas ini bisa menjaga lingkungan dan mendorong adanya energi baru terbarukan, yang berkaitan dengan sektror energi mengingat sebagai salah satu penghasil emisi terbesar.

Pahala juga mengatakan, Indonesia merupakan salah satu paru-paru dunia, dengan luasan hutan serta kekayaan dan keanekaragaman hayati yang dimiliki. Indonesia didorong untuk menurunkan emisi dengan target sampai dengan 29 persen dalam waktu 10 tahun pada 2030.

"Tentunya, kita berharap proyek NBS dapat memanfaatkan, mengelola, serta melestarikan wilayah hutan dengan potensi pengembangannya yang dalam hal ini Perhutani beserta anak perusahaannya berperan sebagai penyedia lahan (land co), sementara Pertamina NRE sebagai pengelola bisnis NBS melalui NBS co," kata Pahala.

Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro mengatakan, Pertamina NRE mendapat amanah mengawal transisi energi Pertamina. Salah satu fokus bisnis Pertamina NRE adalah low carbon solutions yang mana NBS menjadi salah satu proyek utamanya.

"Proyek ini sangat berpotensi untuk mendukung target net zero emission. Untuk itu, kami sangat antusias dengan kolaborasi dengan Perhutani yang memegang konsesi kehutanan negara," ujar Dannif.

Dannif menyampaikan, Pertamina NRE juga terus berupaya meningkatkan utilisasi EBT di internal Pertamina serta mengembangkan solusi dekarbonisasi, seperti EV ecosystem, green hydrogen, dan energy efficiency sebagai upaya mencapai target penurunan emisi Pertamina Group. Dannif berharap kolaborasi dengan Perhutani Group dapat mendukung aspirasi net zero emission Pertamina pada 2060.

photo
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kanan) dan Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Persero Mulyono (kiri) menyaksikan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kedua kiri) dan Direktur Operasi Perum Perhutani Natalas Anis Harjanto (kedua kanan) menandatangani Head Of Agreement (HoA) Proyek Nature Based Solutions (NBS) Pertamina Power Indonesia (PPI) dengan Perum Perhutani di Sentul Eco Edu Forest, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). Proyek Nature Based Solutions (NBS) ini berpotensi untuk diimplementasikan menjadi proyek yang mendukung Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia tahun 2030. - (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Direktur Operasi Natalas Perum Perhutani Anis Harjanto mengatakan, selain menekan laju deforestasi, tujuan atas kerja sama tersebut adalah memperluas tutupan lahan yang akan meningkatkan kemampuan kawasan hutan untuk menyerap emisi gas rumah kaca. Anis menyebutkan, sudah teridentifikasi sembilan calon lokasi di wilayah kawasan hutan milik Perhutani Group yang akan menjadi objek dan lokasi dari proyek tersebut.

"Kesembilan calon lokasi ini lebih lanjut akan dilakukan FS untuk mengetahui kelayakan proyek dari khususnya terkait dampak terhadap lingkungan serta sisi finansial maupun operasional," ujar Anis.

Anis menambahkan, berdasarkan hasil Pre FS, NBS Project pada sembilan lokasi ini akan mampu menghasilkan karbon kredit lebih dari  11,6 juta ton CO2 per tahun. Menurut Anis, dengan skema bisnis yang tepat, poyek ini akan mampu menjadi bisnis baru yang memberikan nilai tambah pada kedua belah pihak.

Adapun upaya dekarbonisasi yang akan dilaksanakan oleh Perum Perhutani, lanjut Anis, di antaranya menekan atau mengurangi kerusakan hutan dan meningkatkan rehabilitasi lahan, menekan kebakaran hutan, mengganti penggunaan Marine Fuel Oil (MFO) menjadi Compressed Nature Gas (CNG) pada industri hasil hutan. 

Perhutani, kata Anis, juga mengurangi penggunaan pupuk anorganik dalam bidang tanaman. "Untuk NBS merupakan salah satu solusi yang mengacu pada pengelolaan dan optimasi sumber daya alam yang berkelanjutan melalui rekonfigurasi pengelolaan," kata Anis.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penanaman bersama bibit pohon damar di wilayah Sentul Eco Edu Tourism Forest sebagai simbolis dimulainya kerja sama antara Pertamina NRE dan Perhutani.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ibadah Haji Bagi yang Mampu

Pengetatan kriteria istithaah harus dijalankan sebaik-baiknya.

SELENGKAPNYA

Wira-wiri Petugas di Bir Ali

Jamaah laki-laki siap dengan dua lembar kain ihram masing-masing.

SELENGKAPNYA

Satu Abad NU, Momentum Kebangkitan Baru

Ada sembilan klaster program utama yang sudah disiapkan PBNU untuk menyambut satu abad usia NU.

SELENGKAPNYA