Ilustrasi kebakaran | Republika/Edwin Putranto

Bodetabek

Pabrik Karpet Talang Terbakar di Tangerang 

Kebakaran ini tidak menelan korban jiwa.

TANGERANG — Sebuah pabrik karpet talang di Jalan Adi Sucipto RT/RW 001/009, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten, ludes terbakar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mencatat kerugian akibat insiden tersebut mencapai sekitar Rp 500 juta.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, kebakaran itu terjadi pada Sabtu (28/5) sekitar pukul 23.00 WIB. Sekitar 10 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran datang ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan upaya pemadaman api.

“Objek kebakaran, yakni bahan baku plastik dan mesin. (Lokasi kebakaran tepatnya) PT Benda Karya Sejahtera di Jalan Adi Sucipto, Belendung, Benda, Kota Tangerang,” ujar Deni saat dikonfirmasi, Ahad (29/5).

Upaya pemadaman api dilakukan dengan mengerahkan jumlah personel sekitar 50 orang. Adapun jumlah mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan sebanyak 10 unit dari berbagai pos, dari UPT Batu Ceper, Benda, Keroncong, hingga Cibodas.

Si jago merah yang meluluhlantakkan pabrik karpet talang tersebut akhirnya berhasil dipadamkan selama sekitar lima jam. Deni mencatat api padam sekitar pukul 04.00 WIB, yang kemudian dilanjutkan upaya pendinginan. “Penyebab kebakaran tersebut diperkirakan akibat arus pendek listrik atau korsleting. Korban jiwa nihil. Kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta,” kata Deni.

Cegah kebakaran

Polres Metro Jakarta Barat melatih perwakilan warga Kampung Tanggung Jaya (KTJ) seluruh Jakarta dengan menggandeng swasta melakukan pelatihan antisipasi kebakaran, di kawasan Kembangan."Pelatihan dan simulasi ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang penanggulangan kebakaran," kata Kanit Bhabinkamtibmas Polres Metro Jakarta Barat Iptu Gusti Ketut Putra saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Putra mengatakan pelatihan yang diberikan berupa cara mengantisipasi kebakaran, pencegahan hingga tata cara menggunakan alat pemadam api ringan (Apar).

Selain itu, warga juga diberikan pemahaman oleh tim SAR Astra selaku pihak swasta yang digandeng Polres tentang penyebab terjadinya kebakaran. Putra melanjutkan peserta pelatihan pun tampak mengikuti program dengan antusias.

Beragam simulasi pemadaman kebakaran telah dilakukan seperti mengadakan api di tong menggunakan Apar hingga melakukan proses pemadaman menggunakan karung goni basah.Dengan adanya program tersebut, Putra berharap warga dapat melakukan antisipasi dan penanganan kebakaran dengan cepat secara pribadi.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

El Real Pertegas Dominasi di Benua Biru 

Keberhasilan El Real tak terlepas dari tangan dingin pelatih Carlo Ancelotti.

SELENGKAPNYA

PKS Siap Kolaborasi

PKS mengaku tak ingin di luar pemerintahan usai Pemilu 2024.

SELENGKAPNYA

Mem-booster Etos Kerja

Menjaga konsistensi etos kerja bagi seorang Muslim harus terus diupayakan.

SELENGKAPNYA