Petugas amil zakat melayani warga yang membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (29/4/2022). Baznas Masjid Istiqlal membuka layanan zakat fitrah hingga malam takbiran dengan besaran 3,5 liter atau 2,7 kilogram beras atau uang sebesar Rp 50 | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

Lupa Bayar Zakat Fitrah, Harus Bagaimana?

Jika tidak membayar zakat fitrah pada waktu yang ditentukan para ulama, dia tidak dikenakan sanksi.

Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap Muslim yang mampu melaksanakannya. Namun, sebagian umat Islam mungkin ada yang lupa menunaikan zakat fitrah pada awal Ramadhan hingga awal Syawal. Lalu, bagaimana jika lupa menunaikan zakat fitrah pada waktu itu? Apa yang harus dilakukan?

Ahli fikih sekaligus Wakil Sekretaris Asosiasi Ma’had Aly se-Indonesia, KH Badrut Taman, menjelaskan, di dalam aturan fikih Islam, lupa merupakan hal yang menyebabkan seseorang di-ma’fu atau diampuni serta tidak mendapatkan dosa. Kendati demikian, menurut dia, setelah dia ingat harus segera menunaikan zakat fitrah itu.

"Jadi, kapan dia ingat wajib segera mengqadha (mengganti) dan tentunya dilakukan sebagaimana pembayaran kewajiban zakat fitrah," ujar Kiai Badrut saat dihubungi Republika, Selasa (10/5).

photo
Petugas amil zakat melayani warga yang membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (29/4/2022). Baznas Masjid Istiqlal membuka layanan zakat fitrah hingga malam takbiran dengan besaran 3,5 liter atau 2,7 kilogram beras atau uang sebesar Rp 50.000 per orang. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Sama seperti ketika lupa shalat, menurut dia, ketika ingat harus segera mengganti tanggungan shalatnya agar terbebas dari dosa. Karena, kata dia, lupa ini bisa menggugurkan dosa, tapi tidak menggugurkan kewajiban.

Lebih lanjut, direktur Aswaja NU Center Jember ini menerangkan, tidak menunaikan zakat fitrah pada waktunya ini berbeda dengan tidak melakukan ibadah puasa. Menurut dia, jika tidak membayar zakat fitrah pada waktu yang ditentukan para ulama, dia tidak dikenakan sanksi. Cukup hanya dengan menunaikan kewajiban mengqadha.

"Berbeda dengan puasa. Kalau berpuasa hingga tembus ke tahun berikutnya, maka di samping dia wajib mengqadha juga terkena kafarat. Namun, kalau zakat fitrah tidak terkena kafarat, tetap sebagaimana biasa," ujar Mudir Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember ini.

Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Jember ini menuturkan, waktu mengqadha zakat fitrah bisa dilakukan kapan saja, khususnya setelah ingat. Kendati demikian, menurut dia, sebenarnya waktu membayar zakat fitrah itu sendiri ada tiga pendapat berbeda di kalangan ulama.

Pertama, ada ulama yang menyatakan bahwa ketentuannya hanya terbatas pada akhir bulan Ramadhan sampai sebelum matahari terbenam 1 Syawal. Namun, menurut dia, pendapat yang masyhur adalah pembayaran zakat fitrah bisa dimulai dari 1 Ramadhan sampai 1 Syawal.

"Kemudian ada juga ulama yang berpendapat sepanjang tahun bisa membayar zakat fitrah. Jadi, kalau ikut pendapat ulama yang ketiga ini, diperbolehkan kita membayar zakat untuk tahun depan, bayarnya sekarang," kata Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain ini. 

Namun, karena pembahasan kali ini mengikuti pendapat yang masyhur di kalangan ulama, yakni dari 1 Ramadhan hingga 1 Syawal, maka disebut dengan qadha. Artinya, harus segera membayar utangnya kepada Allah SWT.

zakat

photo
Pedagang membantu pembeli meletakkan pembelian beras untuk zakat fitrah ke sepeda motor di pasar Inpres Lhokseumawe, Aceh, Selasa (26/4//2022). Meningkatnya penjualan permintaan beras untuk kebutuhan zakat fitrah di bulan Ramadhan 1443 hijriah menyebabkan harga beras berbagai merek dan kualitas naik 20 hingga 30 persen dari harga biasanya. - (ANTARA FOTO/Rahmad)

Dikutip Masrawy, anggota Lembaga Fatwa atau Dar al-Ifta Mesir, Syekh Dr Majdi Asyour, juga menyampaikan hal senada. Menurut dia, ada dua hal yang perlu dilakukan ketika lupa menunaikan zakat fitrah. Pertama, yaitu memohon ampunan kepada Allah SWT. Kedua, segeralah mengeluarkan zakat fitrah.

Dia menjelaskan, zakat fitrah itu dibayarkan saat matahari terbenam pada hari terakhir Ramadhan menuju Idul Fitri. "Atas dasar itulah, ini menjadi utang bagi setiap Muslim. Dan mereka yang lupa membayarnya harus cepat-cepat membayarnya dengan memohon ampunan yang sungguh-sungguh dan pertaubatan dari dosa itu," kata Syekh Majdi.

Dia menambahkan, bila lupa membayar zakat fitrah bukan berarti gugur untuk melaksanakannya, melainkan justru sebaliknya. "Artinya, di sini adalah segeralah bayar karena utang kepada Allah SWT itu harus dipenuhi. Dan bagi yang bersangkutan, wajib memohon ampun dan segera bayar.”

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kolonel Priyanto Minta Maaf ke Keluarga Korban dan TNI

Priyanto mengungkapkan, ia belum sempat mengucapkan maaf kepada keluarga korban.

SELENGKAPNYA

Kepribadian Pasangan Pengaruhi Pilihan Masyarakat

Masyarakat membutuhkan pemimpin yang tak sekadar memiliki motif berkuasa.

SELENGKAPNYA

Kesiapan Hadapi Hepatitis Akut

Di Indonesia, kasus hepatitis misterius ini sudah ditemukan di DKI Jakarta, Tulungagung, Sumatra Barat, dan Bogor.

SELENGKAPNYA