Sejumlah pemudik bersiap menaiki bus program mudik gratis DKI Jakarta di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022). | ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyahx

Nasional

Aroma Politis Mudik Gratis dan Bantahan Pemprov DKI

Dishub DKI menampik dana khusus untuk acara gunting pita mudik gratis Pemprov DKI Jakarta menghabiskan total Rp 3,9 miliar.

OLEH ZAINUR MAHSIR RAMADHAN

Kegiatan mudik gratis yang digelar Pemprov DKI Jakarta pada tahun ini menuai kritik bahwa program tahunan itu kali ini disusupi unsur politik. Saat melepas peserta mudik gratis di terminal Pulogebang, Jakarta Timur, pada Rabu (27/4) pekan lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terlihat berfoto bersama dengan beberapa pemudik yang menggunakan kaus putih bertuliskan “Anies Baswedan for President”.

Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI William Aditya mengatakan, masuknya unsur politis dalam kegiatan mudik gratis itu tidak sepatutnya terjadi. Terlebih, kegiatan tersebut berasal dari dana APBD.

“Tidak elok sekali jika ada dugaan kepentingan ambisi politik,” kata William, pekan lalu.

Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menampik anggapan bahwa kegiatan mudik gratis DKI 2022 jadi ajang kegiatan politik. Menurutnya, kegiatan mudik DKI yang dilakukan sejak tahun-tahun lalu, merupakan program Pemprov DKI.

photo
Petugas memasukan sepeda motor ke dalam truk saat Mudik Gratis DKI Jakarta 2022 khusus sepeda motor di Terminal Pulo Gadung, Jakarta, Selasa (26/4/2022). Pemprov DKI Jakarta mengadakan mudik gratis bagi warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta dan telah vaksin Covid-19 booster dengan jadwal keberangkatan pada 26 April 2022. - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

“Pertama kegiatan mudik gratis itu sudah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan itu untuk membantu warga Jakarta yang pulang kampung,” kata Riza di Balai Kota, Kamis (5/5) malam.

Riza menyebut, bantuan dari Pemprov DKI itu untuk meringankan beban banyak pihak. Selain para pemudik, kata Riza, juga sebagai upaya DKI mengurangi kepadatan arus lalu lintas dengan menyiapkan kendaraan massal seperti bus. “Jadi tidak melalui kendaraan pribadi,” ucapnya.

Riza menegaskan, kegiatan mudik gratis itu sama sekali tidak bernada politik praktis. Apalagi, katanya, memiliki sangkut paut dengan Pilpres 2024.

“Kalau ada orang yang kebetulan pake baju A baju B baju C ya itu ndak usah terlalu diributkan. Kan juga tidak dimaksudkan dikoordinir atau diatur,” jelasnya.

Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Tatak Ujiyati mengatakan, orang yang menggunakan kaos dukungan Anies untuk Pilpres 2024 merupakan pemudik. Menurutnya, aksi itu adalah inisiatif para pemudik sendiri.

photo
Sejumlah pengendara sepeda motor antre untuk melakukan verifikasi data dalam Mudik Gratis DKI Jakarta 2022 khusus sepeda motor di Terminal Pulo Gadung, Jakarta, Selasa (26/4/2022). - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

“Dia punya hak mau pakai kaos apa, kita tidak bisa melarang," kata Tatak dikutip dari akun Twitternya @tatakujiyati setelah dikonfirmasi wartawan.

Berbicara terpisah. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menampik dana khusus untuk acara gunting pita mudik gratis Pemprov DKI Jakarta menghabiskan total Rp 3,9 miliar. Menurutnya, dana tersebut juga digunakan untuk rangkaian penyelenggaraan mudik, mulai dari persiapan, pelaksanaan pelayanan mudik hingga penerimaan balik di Jakarta.

“Anggaran tersebut adalah anggaran yang diperuntukkan untuk mudik gratis tahun 2020, yang hingga tahun 2021 tidak dilaksanakan. Baru di tahun 2022 kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran yang tetap (3,9 miliar). Jadi tidak ada penambahan anggaran," kata Syafrin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, anggaran Rp 3,9 miliar itu digunakan untuk rangkaian penyelenggaraan mudik gratis dan dialokasikan untuk berbagai hal. Beberapa kegiatan yang tercakup dalam anggaran tersebut adalah sosialisasi kegiatan yang tersebar di 13 titik, cek kesehatan pengemudi saat keberangkatan dan kepulangan di Jakarta.

photo
Petugas menurunkan sepeda motor pemudik dari truk angkutan kendaraan pada Program Mudik Gratis Lebaran 2022 di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/4/2022). Terminal Tipe A Tirtonadi Solo akan menerima kedatangan 3.340 penumpang dan 330 kendaraan pemudik motor dalam program yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Pemprov DKI Jakarta, dan Pemprov Jawa Tengah tersebut. - (ANTARAFOTO/Maulana Surya)

Selain itu, lanjut Syafrin, dana itu juga termasuk biaya untuk registrasi peserta mudik di enam lokasi, persiapan pemberangkatan di enam titik untuk mengangkut motor dan pemudik. Juga administrasi dari persiapan sampai pelaporan kegiatan, hingga kedatangan bus dan truk balik.

 “Ada juga untuk snack peserta dan lain sebagainya,” ucap dia.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 19.680 kursi mudik gratis dan 930 unit kendaraan motor, menganggarkan dana senilai Rp 13,7 miliar. Diketahui, dana tersebut dibagi menjadi dua item, sewa kendaraan bus dan truk untuk kegiatan mudik senilai Rp 9,6 miliar. Dan sisanya Rp 3,9 miliar untuk jasa event organizer guna penyelenggaraan lainnya. Rincian itu, dikutip dari laman LPSE Jakarta. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

One Way Arus Mudik Tol Trans Jawa Bisa 24 Jam

Puncak arus balik diprediksi masih akan terjadi hingga Ahad (6/5).

SELENGKAPNYA

Timnas Garuda Belum Padu 

Sebelum laga perdana kemarin, pelatih Shin Tae-yong sempat mengakui bahwa kualitas permainan Vietnam lebih baik.

SELENGKAPNYA

Puluhan Juta Ton Biji-bijian Tertahan di Ukraina

Menurut Guterres, perang di Ukraina memberi tekanan lebih besar kepada negara berkembang.

SELENGKAPNYA