Transformasi | Freepik.com

Inovasi

Ragam Inisiatif untuk Wujudkan Transformasi

Berbagai inisiatif terus dilakukan untuk mewujudkan industri yang berbasiskan teknologi.

Industri 4.0 menjadi peluang Indonesia bergabung dalam 10 besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2030. Revolusi industri keempat yang didukung di gitalisasi disebut menjadi kunci transformasi industri di Indonesia.

Presiden Direktur dan CEO PT Siemens In donesia Prakash Chandran menjelaskan, Sie mens ingin menjadi mitra kolaborasi utama dalam proses perwujudan transformasi industri di Indonesia sekaligus men jadi bagi an program nasional Making Indonesia 4.0.

Dengan maksud mempromosikan dialog antarpemangku kepentingan tentang transformasi digital yang dapat berkontribusi secara berkelanjutan bagi masa depan industri, infrastuktur, serta masyarakat di Indonesia, Siemens menyelenggarakan forum Siemens Digitalize Indonesia 2019 di Jakarta, beberapa waktu lalu. Forum tersebut menjadi wadah membahas teknologi yang mampu mewujudkan transformasi digital pada sektor manufaktur, energi, kereta api, pelabuhan, dan kesehatan.

Siemens pun bekerja sama dalam menen tukan arah untuk mengatasi hambatan melalui penggunaan teknologi, sehingga menjadi lebih kuat dan baik dalam menjalani proses menuju transformasi. Kami telah memulai beberapa inisiatif digitalisasi dengan mitra lokal perusahaan, kata Chandran dalam konferensi pers Siemens Digitalize Indonesia 2019.

Menurut dia, salah satu kemitraan, yakni kerja sama dengan produsen listrik swasta, PT Sumberdaya Sewatama. Siemens pun memulai digital energy services dengan meng gunakan sistem operasi terbuka berbasis cloud untuk internet of things (IoT), MindSphere. Kemitraan itu bertujuan memberikan nilai lebih dalam terhadap seluruh proses energy-as-a-service, terutama dalam bidang pembangkit listrik, operasi dan pemeliharaan, serta efisiensi energi. Sebagai mitra teknologi, Siemens juga mendukung perwujudan transformasi digital di Indonesia dan memberdayakan industri kelistrikan lokal untuk menjadi perusahaan digital.

Siemens juga baru saja menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan anak perusahaan PLN, yakni PT Indonesia Power untuk menerapkan realitas maya (VR) da lam rangka optimasi pembangkit, serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan personel pengoperasian mereka. Melalui kerja sama itu, Siemens berkomitmen me ningkatkan keterampilan dan kemampuan personel pengoperasian dengan mengem bangkan modul pelatihan percontohan un tuk pusat pelatihan digital milik PT Indonesia Power.

Sebagai langkah selanjutnya, modul pela tihan tambahan akan dikembangkan sesuai kebutuhan spesifik pembangkit listrik. Proyek itu diharapkan dapat dimulai pada 2019.

Anggota Dewan Direksi Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure, Cedrik Neike, mengatakan, Siemens berupaya menciptakan ekosistem dengan perusahaan-perusahaan pada sektor industri, seperti makan an dan minuman, serta bahan kimia me lalui program inisiatif Siemens Artificial Intelligence/Control Performance Analytics (AI/CPA) Software. Solusi itu dimaksudkan untuk mendukung industri dalam optimalisasi produknya sehingga kapasitas produksi menjadi lebih besar.

Program tersebut juga difasilitasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mempercepat implementasi Industri 4.0 bagi industri-industri utama di Indonesia dengan menggunakan teknologi canggih dari Siemens.

Kembangkan SDM
Siemens juga mendukung tujuan negara meningkatkan keterampilan dan mempekerjakan kembali tenaga kerja lokal guna mempersiapkan bangsa dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan masa depan. Sebagai mitra kolaborasi utama, Siemens men jalankan program-program pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan (TVET) di lembaga pendidikan publik dan swasta di Indonesia.

Program ini menargetkan bisa melatih 1.300 siswa sampai 2023. Kemitraan itu mencakup pengayaan kurikulum yang ada di lembaga-lembaga tersebut serta penerapan kurikulum baru dalam bidang permesinan. Kemitraan itu akan semakin diperkuat kegiatan train-the-trainer khusus dengan fokus area pada bidang elektrifikasi, otomatisasi, dan digitalisasi.

Siemens juga memiliki unit khusus yang ber fokus pada smart manufacturing khusus untuk sertifikasi pendidikan pelatihan mekanik yang berkolaborasi dengan universitas dan sekolah kejuruan. Program itu bertujuan mendukung siswa, instruktur, dan lembaga pendidikan dalam mengatasi kekurangan bakat yang diperlukan industri.

Pelatihan dan bimbingan teknis akan diberikan langsung profesional dalam bi dang Industri 4.0. Hal itu memberi peluang bagi sis wa untuk belajar dari kurikulum pen didikan yang sesuai dengan kemajuan industri.

Lulusan program akan menerima sertifikat industri dari Siemens yang diakui secara internasional serta memberi kemu dahan dalam mengejar karier dalam bidang industri otomatisasi dan manufaktur. Tahun ini, ada 10 siswa dari sekolah SMTI Yogyakarta yang menyelesaikan pelatihan dan menerima sertifikasi MTS. Siemens menargetkan ada 15 lulusan lagi pada Mei 2020. Kami terus menciptakan peluang kerja, pelatihan, dan peningkatan keterampilan serta semakin memperkuat kerja sama dengan mitra lokal, ujar Neike. (ed: setyanavidita livikacansera)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat