Pemain Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) berupaya mempertahankan bola yang dibawanya dari pemain Liverpool Fabinho dalam sebuah pertandingan di London, pada 16 Maret 2022. | EPA-EFE/NEIL HALL

Olahraga

Jawaban Arsenal, Konsistensi Manchester City

Arsenal terus menghangatkan persaingan finis empat besar.

LONDON -- Arsenal memberi jawaban atas alarm bahaya yang berbunyi menjelang berakhirnya Liga Primer Inggris 2021/2022. Arsenal mengakhiri puasa kemenangan dalam tiga partai terakhir usai membekap rival sekota Chelsea dengan skor 4-2 pada laga pekan ke-33 di Stadion Stamford Bridge, London, Kamis (21/4).

Dua gol Eddie Nketiah dan masing-masing satu dari Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka hanya bisa dibalas dua gol via Timor Werner dan Cesar Azpilicueta. Hasil ini membuat Arsenal terus menghangatkan persaingan finis empat besar.

Arsenal sejatinya tidak difavoritkan pada laga di London Barat. Sebab, dalam tiga partai terakhir, skuad besutan Mikel Arteta menelan kekalahan secara beruntun. Sementara, Chelsea baru saja memastikan lolos ke partai final Piala FA.

Pelatih Mikel Arteta memuji kinerja anak asuhnya yang seakan tampil kesetanan serta menunjukkan mentalitas kuat untuk memburu target empat besar. "Kami mencetak empat gol dengan pemain akademi kami yang hebat. Kemenangan ini untuk tim dan juga para penggemar yang telah setia memberikan dukungan," kata Arteta, dilansir dari laman resmi klub.

Ini merupakan kemenangan penting bagi Arsenal. Saat ini, Meriam London berada di posisi kelima, hanya kalah selisih gol dari Tottenham Hotspur yang sama-sama mengemas 57 poin.

Dua klub asal London Utara itu unggul tiga angka dari Manchester United (MU) yang duduk di posisi enam. Namun, baik Spurs maupun Arsenal berada di posisi menguntungkan untuk finis di zona Liga Champions. Sebab, mereka memiliki tabungan satu pertandingan yang belum dimainkan.

Di sisi lain, Arteta menegaskan catatan positif tidak pernah menelan kekalahan mendampingi timnya bermain di Stamford Bridge. The Gunners menorehkan dua kemenangan dan satu imbang. Catatan terasa istimewa melawan tim sekelas Chelsea yang merupakan juara Liga Champions musim lalu.

Tak ada waktu lama bagi penggawa the Gunners untuk merayakan euforia kemenangan tersebut. Sebab, dua hari mendatang, the Gunners sudah harus bersiap menjamu MU di Stadion Emirates, Sabtu (23/4) malam WIB.

Pelatih berusia 40 tahun menyebut hasil positif di kandang Chelsea juga jadi modal berharga untuk timnya menghadapi rival perebutan empat besar. Ia paham timnya tak punya banyak waktu. Untuk itu, ia berharap pasukannya akan menjadikan Stadion Emirates 'neraka' bagi MU.

 
Saya sedang memikirkan laga melawan MU. Sekarang ini tentang pemulihan dan mempersiapkan mental para pemain Arsenal.
 
 

Pada laga lain, Manchester City menunjukkan konsistensi dalam persaingan ketat memburu gelar juara bersama Liverpool. Meski menghadapi jadwal padat dan sejumlah pemain kunci bertumbangan, City mampu memetik kemenangan 3-0 atas Brighton and Hove Albion. Hasil itu mengembalikan City ke posisi puncak klasemen dengan perolehan angka 77 dari 32 pertandingan, menggusur Liverpool ke peringkat kedua dengan satu poin lebih sedikit.

Penentuan gelar Liga Inggris musim ini bakal terus berlangsung ketat hingga pengujung kampanye. Tim yang terpeleset siap-siap gigit jari. Pelatih City Pep Guardiola mengerti tantangan yang dihadapi timnya bersaing dengan Liverpool. Guardiola memuji Liverpool sebagai salah satu tim terbaik dalam sejarah sepak bola.

"Sekarang kami tidak punya alasan untuk menyia-nyiakan kesempatan. Masih ada enam partai tersisa dan jika kami memenangkan semua pertandingan, kami juara," ujar Guardiola dilansir Daily Mail.

The Eastland juga tak bisa berlama-lama istirahat. City akan kembali bermain melawan Watford pada Sabtu. Ilkay Guendogan dan kolega patut menjaga kondisi mereka dalam mengarungi jadwal padat. Apalagi, tengah pekan depan Real Madrid sudah menanti di semifinal Liga Champions.

Lima Besar Klasemen Liga Primer Inggris

Tim Main Menang Seri Kalah Gol Poin

1 Man City 32 24 5 3 55 77

2 Liverpool 32 23 7 2 61 76

3 Chelsea 31 18 8 5 39 62

4 Tottenham 32 18 3 11 18 57

5 Arsenal 32 18 3 11 10 57

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mikel Arteta (mikelarteta)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

JIS akan Digunakan Shalat Idul Fitri

JIS bisa menampung hingga 8.000 jamaah. 

SELENGKAPNYA

Waspadai Dampak Inflasi

Alokasi dana program prioritas nasional 2023 mencapai Rp 467,3 triliun.

SELENGKAPNYA

Menjemput Lailatul Qadar

Datangnya Lailatul Qadar sesungguhnya dapat dilihat dengan memperhatikan alam semesta.

SELENGKAPNYA