Warga menunjukan laman resmi Baznas melalui perangkat telepon pintarnya saat akan membeli hewan kurban secara daring di Depok, Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyediakan layanan kurban secara online pada masa pandemi COV | ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA

Khazanah

Baznas-PPPA Luncurkan Tahsin Quran Call

Program Baznas dan PPPA Daarul Quran ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama PPPA Darul Quran meluncurkan program Ramadhan Tahsin Quran Call. Program ini bertujuan membangun komunitas para pembelajar dan pencinta Alquran, serta membentuk pribadi Muslim yang memiiki kebiasaan membaca Alquran dengan makhraj dan tajwid yang benar.

Program Tahsin Quran Call merupakan program yang mempertemukan ustaz atau pengajar Alquran dengan santri untuk belajar Alquran secara daring. Deputi II Baznas RI Imdadun Rahmat mengatakan, program ini diharapkan dapat menjadi jawaban di tengah pandemi Covid-19.

“Melalui sambungan telepon, masyarakat dapat mengakses layanan Tahsin Quran Call dari rumah tanpa perlu bertemu langsung dengan pengajar," ujar Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, akhir pekan lalu.

Imdadun mengatakan, program ini merupakan upaya Baznas dan PPPA Darul Quran untuk memberikan layanan dan akses terbaik bagi para mustahik dalam bidang dakwah. Salah satunya melalui program yang mendorong masyarakat agar konsisten selalu membaca dan memuliakan Alquran selama Ramadhan. 

Program ini akan dilaksanakan melalui sambungan telepon dengan target penerima 1.000 manfaat yang tersebar di seluruh Indonesia. Direktur Utama PPPA Darul Quran Abdul Ghofur mengatakan, Tahsin Quran Call ini dapat memberikan kemudahan masyarakat yang belum bisa membaca Alquran dengan baik. Setelah mengikuti program ini, masyarakat dapat lancar dan dengan tepat membaca sesuai makhraj dan tajwid dengan benar. 

“Target program ini mencakup semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa yang bertekad untuk memperbaiki bacaan Alquran," kata Abdul. 

Dia berharap program Baznas dan Daarul Quran ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti shalat, mengaji, membaca tilawah, serta memuliakan Alquran. 

Pada kesempatan berbeda, Cinta Quran Center (CQC) yang digagas oleh Cinta Quran Foundation sebagai sekolah lanjutan bagi lulusan SMA/sederajat dengan beasiswa penuh telah resmi didirikan. Para santri ditempa selama dua tahun untuk menjadi hafiz Alquran yang berjiwa pemimpin dan entrepreneur

"Setelah lulus, mereka pun turut berjuang mewujudkan Indonesia Cinta Quran," kata salah satu pengurus CQC, Syafaat, melalui keterangan tertulisnya kepada Republika, Ahad (3/4).

Syafaat mengatakan, semua pengurus Cinta Quran Foundation bersyukur CQC telah selesai didirikan. Dia berharap kehadiran CQC dapat bermanfaat untuk generasi muda yang cinta terhadap Alquran.

"Menjelang Ramadhan, alhamdulillah CQC telah merampungkan gedung baru," kata dia.

Cinta Quran Foundation merupakan lembaga dakwah, sosial, dan kemanusiaan yang mengetengahkan nilai dan spirit Alquran. Kini, Cinta Quran Foundation telah dipercaya oleh berbagai instansi, lembaga, badan, hingga perusahaan di Indonesia dan berkomitmen untuk mewujudkan #IndonesiaCintaQuran.  

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

LAZ Dorong Kemakmuran Masjid

Ramadhan menjadi momen mempererat hablumminannas melalui semangat berbagi yang dimotori LAZ. 

SELENGKAPNYA

Cara Mulai Puasa Ramadhan

Terlepas perbedaan memulai puasa Ramadhan, yang jelas dalam satu negara diutamakan persatuan.

SELENGKAPNYA

Adab dan Tuntunan Syariah Promo Ramadhan

Memperbanyak konsumen dengan beragam promo saat Ramadhan harus memenuhi tuntunan syariah.

SELENGKAPNYA