Pemain Juventus Dusan Vlahovic (kiri) membawa bola yang dibayangi pemain Atalanta Merih Demiral (kanan). | EPA-EFE/PAOLO MAGNI

Olahraga

Ujian Jago Kandang Si Nyonya Tua Juventus Lawan Villareal

Juventus tak pernah kalah pada 10 laga terakhir di Turin dari semua ajang.

TURIN -- Juventus gagal mempertahankan keunggulan pada legpertama babak 16 besar Liga Champions, akhir Februari silam. Unggul sejak menit pertama di markas Villarreal, I Bianconeri justru kebobolan pada menit ke-66.

Dengan skor imbang 1-1 pada leg pertama dan dihapusnya aturan agresivitas gol tandang, baik Juventus maupun Villarreal masih memiliki peluang sama untuk melangkah ke babak perempat final. Kendati begitu, Si Nyonya Tua memiliki sedikit keunggulan dibanding the Yellow Submarine saat melakoni leg kedua babak 16 besar, Kamis (17/3) dini hari WIB. Kesempatan tampil di kandang, Stadio Allianz, Turin, membuat Juventus sedikit diunggulkan dari Villarreal.

Anggapan ini bukan tanpa alasan. I Bianconeri terbukti begitu dominan saat tampil di laga kandang. Tim besutan Massimiliano Allegri itu tercatat tak pernah kalah dengan catatan delapan kemenangan pada 10 laga terakhir di Turin dari semua ajang.

Selain tak pernah kalah kandang pada 2022, Juventus juga hanya kebobolan empat gol selama periode tersebut. Performa kandang I Bianconeri di pentas Liga Champions juga mentereng. Si Nyonya Tua sukses memetik kemenangan dari enam laga kandang terakhir.

Pelatih Allegri mengungkapkan, prestasi ini menjadi hal baik untuk menatap laga Liga Champions melawan Villarreal. Namun, dia tetap mewanti-wanti anak asuhnya untuk menjaga level konsentrasi selama 90 menit laga. Kecolongan gol pada menit ke-66 laga leg pertama menjadi bahan evaluasi utama yang tak boleh terulang.

''Sepak bola seperti dimainkan di atas bilah pisau. Lihatlah apa yang terjadi pada laga PSG kontra Real Madrid. Saat situasi sepertinya terkendali, momen kecil bisa mengubah segalanya. Jadi, kami harus bisa menjaga level konsentrasi di level maksimum,'' ujar Allegri seperti dilansir laman resmi klub.

Untuk laga ini, kekuatan Juventus semakin bertambah dengan membaiknya kondisi beberapa pemain. Di antaranya ada Alex Sandro, Mattia de Sciglio, Giorgio Chiellini, dan Paulo Dybala yang dikabarkan sudah semakin bugar dari kondisi cedera.

Di sisi lain, Villarreal masih kehilangan Ruben Pena, Paco Alcacer, dan Alberto Moreno karena dibekap cedera. Selain itu, kebugaran Gerard Moreno, Ettiene Capoue, dan Juan Foyth belum berada dalam kondisi maksimal. Kendati begitu, Francis Coquelin, yang sempat diistirahatkan pada laga kontra Celta Vigo, akhir pekan lalu, dikabarkan bakal kembali ke starting line-up Villarreal.

Terlepas dari kesiapan para penggawa Villarreal dalam laga ini, pelatih Unai Emery mengakui Juventus lebih diunggulkan untuk memetik kemenangan. Tak hanya soal keuntungan tampil di kandang, Juventus dinilainya memiliki barisan pemain berkualitas, termasuk dengan kehadiran striker Dusan Vlahovic yang mencetak gol pada leg pertama.

''Harus diakui, Juventus difavoritkan pada laga ini. Namun, Liga Champions selalu menciptakan antusiasme tersendiri. Kami akan berusaha menurunkan tim terbaik dalam laga ini dan kami siap menghadapi mereka,'' kata Emery seperti dilansir Mundo Deportivo.

Status underdog dalam lawatan ke Stadion Allianz Turin ini didasari dari 12 laga tandang, Villarreal hanya mampu memetik tiga kemenangan dan lima laga lainnya kalah. Villarreal tercatat selalu kebobolan dalam 10 lawatan terakhir ke kandang lawan di pentas Liga Champions. Namun, Emery tetap optimistis pemainnya mampu untuk memberikan yang terbaik.

Prediksi Susunan Pemain:

Juventus (4-4-2)

Pelatih: Massimiliano Allegri

Kiper: Szczesny

Belakang: Danilo, De Ligt, Chiellini, Sandro

Tengah: Cuadrado, Locatelli, Arthur, Rabiot

Depan: Morata, Vlahovic

Villarreal (4-4-1-1)

Pelatih: Unai Emery

Kiper: Rulli

Belakang: Pedrazza, Torres, Albiol, Aurier

Tengah: Trigueros, Coquelin, Parejo, Pino; Lo Celso

Depan: Chukwueze

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat