Pegawai menunjukan stok masker N95 logistik Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (13/9/2020). Stok masker N95 untuk penanganan COVID-19 serta antisipasi kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Dinas Kesehatan Riau semakin menipis, | ANTARA FOTO/FB Anggoro

Nasional

Kini Dianjurkan Bermasker N95 untuk Cegah Covid-19 Omikron

Varian Covid-19 saat ini adalah omikron yang kemampuan penularannya 20 kali lipat lebih cepat dari delta.

 

Kenaikan kasus Covid-19 harus dibarengi dengan peningkatan protokol kesehatan. Salah satu caranya, dengan beralilh ke masker dengan kualitas terbaik. Ketua Satuan Tugas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban merekomendasikan masyarakat sebisa mungkin menggunakan masker N95. Sebab, Covid-19 varian omikron yang mendominasi penularan bisa menembus masker kain.

"Sedapat mungkin pakai masker N95 atau KN95. Itu untuk masyarakat, bukan hanya tenaga kesehatan," ujar Zubairi, Rabu (16/2).

Zubairi meminta supaya masyarakat tidak lagi memakai masker kain karena bisa ditembus oleh varian ini. Jika sulit mendapatkan masker N95 maka masyarakat bisa menggunakan masker bedah. Kemudian, kalau semua jenis masker tidak tersedia karena diburu, ia mengatakan, publik bisa menggunakan masker kain daripada tidak memakai masker sama sekali.

Terkait harga masker N95, Zubairi mengaku telah melakukan survei di beberapa tempat dan ia melihat harganya antara Rp 1.000 hingga 3.000 per satuan. Sedangkan, masker kain harganya banyak yang lebih mahal. Ia mengingatkan, masker ini penting digunakan karena varian yang banyak beredar di Tanah Air saat ini adalah omikron yang kemampuan penularannya 20 kali lipat lebih cepat dari delta.

Ketika kenaikan kasus Covid-19 terjadi di Eropa, sejumlah negara di sana menganjurkan penggunaan masker FFP2. FFP adalah singkatan dari filtering face piece. Di Eropa, standar penggunaan masker mengacu pada FFP yang memiliki rentang efisiensi dari satu alias paling rendah ke tiga atau yang paling tinggi.

Makser FFP2 memberi proteksi dari 94 persen aerosol, termasuk virus yang mengudara atau airborne termasuk Covid-19. Masker N95 atau standar Amerika dan masker KN95 alias standar Cina memiliki perlindungan serupa.

Masker sekali pakai ini memiliki sejumlah lapisan yang terdiri atas bahan berbeda. Di antaranya filter polypropylene dengan pola atau motif serat yang iregular sehingga bisa menangkap partikel virus dalam ukuran terkecil sekalipun. Studi yang dibuat oleh lembaga Jerman Max Planck Institute menemukan, penggunaan masker FFP2 dan sejenisnya bisa mengurangi risiko infeksi Covid-19 hingga 0,1 persen, seperti dilansir dari laman Economist, Kamis (16/2).

Disiplin prokes

Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengingatkan masyarakat di provinsi ujung barat Indonesia tersebut, untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan menyusul penularan dan penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Jumat (18/2), mengatakan disiplin protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumun. "Apalagi saat ini sudah menular dan menyebar Covid-19 varian Omikron. Karena itu, kami mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Penularan Omikron lebih cepat. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mengantisipasi penularan virus itu.

Selain itu, katanya, penyebaran Covid-19 bisa diantisipasi dengan vaksinasi yang terdiri atasdosis pertama, kedua, dan ketiga atau penguat."Kami mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendatangi gerai vaksinasi. Lakukan vaksinasi lengkap, mulai dosis pertama, kedua, serta ketiga," kata Kombes Pol Winardy.

Menyangkut capaian harian vaksinasi Covid-19 Polda Aceh dan jajaran per 17 Februari 2022, iamengatakan, tercatat sebanyak 51.700 orang, di mana 16.288 orang di antaranya menerima vaksin dosis pertama, 34.075 orang dosis kedua, serta 1.337 orang dosis ketiga.

"Kendati sudah menerima vaksin, kami terus mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi sekarang ada varian Omicron yang penularannya empat kali lebih cepat dari varian Delta," kata dia.Polda Aceh dan jajaran terus mengintensifkan vaksinasi guna terwujud kekebalan komunal dari penularan Covid-19.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat