Petugas menyemprotkan cairan disinfektan pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Dr Setiabudi, Kota Bandung, Sel | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Nasional

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 Dimulai

Proses registrasi akun LTMPT untuk sekolah dimulai 4 Januari 2022.

JAKARTA -- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) teleh memulai proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022. Sekolah-sekolah sudah dapat memulai melakukan registrasi akun LTMPT untuk proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga 15 Februari mendatang.

"Kegiatan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa pada tahun 2022 tidak bersamaan agar bisa memberi kesempatan sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)," ujar Ketua Umum LTMPT, Mochamad Ashari, di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (4/1).

Dia menjelaskan, proses registrasi akun LTMPT untuk sekolah dimulai 4 Januari 2022, sementara proses registrasi akun LTMPT bagi siswa baru dapat dilakukan pada 10 Januari 2022. Untuk batas akhir registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa dijadwalkan sama-sama berakhir pada 15 Februari 2020.

photo
Calon mahasiswa mengakses informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin (14/6/2021). - (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Sejalan dengan dibukanya proses registrasi akun LTMPT bagi sekolah, proses penetapan siswa yang memenuhi syarat mengikuti SNMPTN juga mulai dilakukan hingga 8 Februari 2022. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah.

"Untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dilakukan pada 8 Januari sampai 8 Februari 2022," kata Ashari.

Setelah semua proses tersebut selesai, siswa-siswa yang sudah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN dapat melakukan pendaftaran pada 14 hingga 28 Februari 2022. Ashari mengingatkan, siswa yang hendak mendaftar harus melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu.

"Setelah itu dilakukan seleksi, scoring, nanti (SNMPTN) diumumkan hasilnya pada tanggal 29 Maret 2022," ujar dia.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam, mengungkapkan, tahun 2022 seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN dilakukan melalui dua jalur, yakni SNMPTN dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersama-sama dengan LTMPT.

Proses registrasi akun LTMPT bagi anak-anak ingin kembali ikut SBMPTN dapat dilakukan pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022. Sementara untuk proses pendaftaran SBMPTN dimulai pada 23 Maret hingga 15 April 2022. "Artinya ini memilih jurusan, pilihan satu, pilihan dua, dan seterusnya itu mulai 23 Maret sampai 15 April 2022," jelas Ashari.

photo
Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Ahad (5/7/2020). - (FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO)

Kemudian, pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN akan dilakukan sebanyak dua gelombang. Untuk gelombang pertama dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua dilaksanakan pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022. Lokasi UTBK SBMPTN, kata Ashari, tersebar di seluruh Indonesia di 74 pusat UTBK.

"Nanti hasilnya diumumkan pada tanggal 23 Juni. Sedangkan sertifikatnya itu bisa diunduh 25 Juni-31 Juli 2022. Ini tanggal-tanggal penting untuk SBMPTN," terang dia.

Di samping itu, untuk proses SNMPTN per hari ini, sekolah-sekolah sudah dapat memulai melakukan registrasi akun LTMPT hingga 15 Februari 2022. Proses registrasi akun LTMPT bagi sekolah tahun ini dilakukan lebih dulu sebelum proses registrasi akun LTMPT bagi para siswa.

"(Pengaksesnya) bisa sampai 2,4 juta pada saat itu baru dibuka, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser, untuk sekolah dulu, baru siswa buat akun. Nanti siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dia mau mengambil jurusan apa," ujar Ashari.

Sejalan dengan dibukanya proses registrasi akun LTMPT bagi sekolah, proses penetapan siswa yang memenuhi syarat mengikuti SNMPTN juga mulai dilakukan hingga 8 Februari 2022.

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah. "Untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dilakukan pada 8 Januari sampai 8 Februari 2022," kata Ashari.

Setelah semua proses tersebut selesai, siswa-siswa yang sudah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN dapat melakukan pendaftaran pada 14 hingga 28 Februari 2022.

Ashari mengingatkan, siswa yang hendak mendaftar harus melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu. "Setelah itu dilakukan seleksi, scoring, nanti (SNMPTN) diumumkan hasilnya pada 29 Maret 2022," ujar dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat