Masjid kebanggaan masyarakat Palembang ini telah mengalami beberapa renovasi dan pemugaran. Terkini, perbaikan dilakukan pada 2003 sehingga menambah kapasitas hingga 15 ribu jamaah. | DOK REP SELAMAT GINTING

Khazanah

Dewan Masjid Diminta Berdayakan Ekonomi Umat

Dewan Masjid Indonesia dapat ikut mendukung pengembangan industri halal di Indonesia

SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur dapat terus meningkatkan perannya dalam melakukan pemberdayaan ekonomi ummat.

Khofifah mengatakan, salah satu upaya pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat bisa dilakukan melalui percepatan transformasi digital. Di mana saat ini transformasi digital memungkinkan untuk bisa memberikan percepatan pemberdayaan ekonomi, khususnya bagi remaja atau pemuda masjid.

“Potensi remaja-pemuda masjid mungkin bisa dimaksimalkan dalam upaya percepatan transformasi digital dalam pemberdayaan ekonomi. Kekuatan para pemuda dan remaja masjid ini luar biasa, mereka punya tekad dan niat untuk mendedikasikan energi produktifnya untuk memakmurkan masjid,” kata Khofifah, Selasa (21/12).

Menurutnya, salah satu yang bisa dilakukan oleh para pemuda dan remaja masjid adalah menginventarisir dan mendata pelaku UMKM yang ada di sekitar masjid. Kemudian para pelaku UMKM tersebut diberikan pendampingan dan pelatihan mulai kualitas produk sampai dengan pemasaran secara digital.

Selain itu, Khofifah juga berharap DMI dapat ikut mendukung pengembangan industri halal di Indonesia terutama Jatim, salah satunya industri makanan dan minuman halal. Apalagi, kata dia, industri makanan dan minuman halal di Indonesia saat ini tumbuh cukup pesat. Ditambah Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar dunia.

“Potensi yang dimiliki  Indonesia sudah sepatutnya dapat menjadi kekuatan kita untuk mendorong industri halal. Hari ini Indonesia adalah importir terbesar halal food, kita berharap ke depan bisa menjadi eksportir terbesar halal food,” kata Khofifah.

Upaya untuk menjadi eksportir halal food terbesar ini, lanjut Khofifah, bisa dimulai dari pemberdayaan ekonomi yang dilakukan Dewan Masjid Indonesia. Yakni memberdayakan industri makanan dan minuman halal yang ada di sekitar masjid.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengatakan, masjid jangan hanya bicara aqidah atau tausyiah, tapi juga muamalah. Muamalah salah satunya seperti pengembangan industri halal. Dimana jamaah tidak hanya mendapat ceramah atau tausyiah terkait ibadah tapi juga soal pemberdayaan ekonomi.

“Dari sekitar 43 ribu masjid di Jatim kalau rata-rata 1.000 sampai 2.000 orang datang Sholat Jumat berarti hampir 40 juta orang tiap Jumat mendengarkan ceramah bagaimana memberdayakan ekonomi, memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Jangan sampai masjidnya megah dan indah tapi di sekitarnya banyak yang kurang mampu,” kata JK.

Pemkot Depok bangun dua masjid agung

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana membangun dua masjid agung yang dananya berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Wali Kota Depok Mohammad Idris pun meminta Gubernur Jabar M Ridwan Kamil untuk ikut membantu pembangunan dua masjid agung di Kota Depok tersebut.

“Pembangunan masjid agung sendiri direncanakan dilakukan di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos dan Pondok Cina, Kecamatan Beji," kata Idris dalam keterangannya di Kota Depok, Jabar, Senin (20/12).

Dia mengatakan, Pemkot Depok sudah melaksanakan detail engineering design (DED) sebelum pembangunan masjid agung dilakukan. Adapun desain masjid agung itu nantinya dibuat oleh Ridwan Kamil. Menurut Idris, kajian pembangunan masjid agung yang berlokasi di Jatijajar telah selesai dilakukan. Sementara pembangunan direncanakan dimulai pada 2023.

"Satu lagi yang di Pondok Cina itu masih proses pemindahan aset. Insya Allah pembangunan masjid agung di Jatijajar tahun 2023 dimulai, dan 2024 untuk yang di Pondok Cina," kata Idris.

Gubernur Ridwan Kamil secara tersirat menyanggupi permintaan yang diajukan Wali Kota Depok tersebut. Dia siap membuat desain untuk dua masjid di Kota Depok. "Oke nanti saya buatkan," katanya saat meninjau pembangunan Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, akhir pekan lalu.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat