Pertandingan Inggris melawan Polandia dalam babak kualifikasi piala dunia | Youtube

Olahraga

Membedah Jatah Tiket Piala Dunia

Swiss lolos menuju Piala Dunia dengan perolehan angka 18 poin

 

ROMA -- Drama berlanjut saat timnas Italia kembali tersandung untuk tembus ke Piala Dunia 2022 Qatar. Gli Azzurri yang sebelumnya difavoritkan di Grup C gagal lolos secara otomatis. Mimpi La Nazionale untuk lolos secara otomatis sirna setelah bermain imbang tanpa gol melawan Irlandia Utara.

Sementara itu, pesaing mereka timnas Swiss berhasil menang telak empat gol tanpa balas atas Bulgaria yang membuat mereka menduduki posisi puncak Grup C. Swiss pun lolos dengan perolehan angka 18 poin terpaut dua angka dari sang runner-up Italia, yang harus menjalani babak play-off.

Praktis Italia akan tergabung dengan Portugal, Swedia, Skotlandia, Rusia, Polandia, Makedonia Utara, Republik Ceska atau Wales, dan Austria dalam babak play-off Piala Dunia 2022. Kampiun Euro 2020 kemarin, Italia, pun di ambang mengulangi mimpi buruk pada play-off Piala Dunia 2018. Saat itu, Gli Azzurri ‘tewas’ di tangan timnas Swedia.

Pelatih Italia Roberto Mancini menjelaskan, tidak masalah bagi Lorenzo Insigne untuk menjalani babak play-off. Terpenting, mereka harus lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.

"Tidak masalah bagaimana cara kami akan sampai di sana," kata Mancini menjelaskan dilansir Football Italia, Selasa (16/11).

Untuk diketahui, babak play-off Piala Dunia 2022 Zona Eropa sendiri akan diisi oleh 12 tim dari beberapa negara. Kesepuluh peserta hadir dari babak kualifikasi, sementara dua tim lain datang melalui jalur UEFA Nations League.

Menukil informasi dari Goal International, Selasa (16/11), pengundian babak play-off Piala Dunia 2022 akan diadakan pada Jumat, 26 November, di markas FIFA, di Zurich, Swiss.

Sebanyak 10 runner-up grup kualifikasi Piala Dunia bergabung dengan dua pemenang grup UEFA Nations League terbaik yang tidak finis di dua besar babak kualifikasi Piala Dunia.

Kedua belas tim ini dibagi menjadi tiga plot empat tim, dengan masing-masing plot terdiri atas semifinal dan final. Pemenang dari tiga final maju ke Piala Dunia 2022.

Enam runner-up grup kualifikasi teratas akan diunggulkan untuk pengundian sementara enam tim yang tersisa tidak akan diunggulkan.

Play-off Eropa untuk Piala Dunia 2022 akan dimainkan pada akhir Maret 2022. Pertandingan semifinal play-off digelar pada 24 dan 25 Maret, dengan final berlangsung pada 28 atau 29 Maret 2022.

Piala Dunia 2022 Qatar akan melibatkan 32 tim dari negara berbeda dengan setiap benua mendapat jatah masing-masing. Untuk zona Asia, jatah tiket sebanyak empat atau lima.

Sementara, zona Eropa memiliki jatah 13 tiket dengan 10 tim teratas dan tiga tim lolos via play-off. Begitu juga dengan zona Amerika Latin (CONMEBOL) lima tim dengan satu kesebelasan harus tembus melalui jalur play-off antarkonfederasi.

Untuk zona Amerika Tengah dan Utara (CONCACAF) tiga tim teratas lolos ke putaran final, tim keempat mengikuti play-off antarkonfederasi.

Sementara itu, Benua Afrika memiliki lima jatah tiket lolos Piala Dunia 2022 dengan Benua Oseania menyisakan satu tiket yang harus dilalui dengan pertandingan play-off antarkonfederasi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat