Neymar merayakan kemenangan dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/Joedson Alves

Olahraga

Ambisi Neymar Jelang Duel Brasil Vs Kolombia

Neymar ingin menyamai bahkan melewati rekor legenda Brasil, Pele.

 

 

CORINTHIANS -- Brasil menjalani musim menakjubkan sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan. Armada Selecao belum terkalahkan dalam 11 pertandingan.

Sebanyak 10 laga berhasil dimenangkan. Sisanya, satu duel berkesudahan imbang. Anak asuh Adenor Leonardo Bacchi kini melanjutkan petualangan di Kualifikasi Piala Dunia.

Brasil akan menjamu Kolombia di Arena Corinthians, Jumat (12/11) pagi WIB. Jelas tuan rumah diunggulkan menjadi pemenang. Skuad Negeri Samba ingin secepatnya meraih tiket menuju Qatar.

Bintang Selecao, Neymar da Silva Jr, tak sabar untuk segera unjuk gigi. Ia siap mengerahkan segalanya demi membantu timnya meraih hasil maksimal. "Jika ada pertandingan besok, itu seolah-olah yang terakhir dalam hidup saya," kata Neymar, dikutip dari 90min.com, Rabu (10/11).

Pada kesempatan yang sama, Neymar mencoba mengklarifikasi pemberitaan mengenai dirinya. Sebelumnya, jugador Paris Saint-Germain (PSG) itu dikabarkan berencana pensiun seusai perhelatan akbar tahun depan.

Menurut Neymar, itu merupakan kesalahpahaman. Ia masih bergairah untuk bermain sepak bola. Masa depan hanyalah misteri. Oleh karena itu, Neymar berfokus bermain sebaik mungkin pada agenda yang sudah diketahuinya. Seolah-olah itu kesempatan terakhir baginya untuk berekspresi. Itulah mengapa maknanya menjadi luas. Tidak terbatas seputar kampanye di Qatar.

Neymar juga memiliki ambisi pribadi dalam beberapa laga ke depan, termasuk saat berhadapan dengan Kolombia. Striker berusia 29 tahun itu berharap bisa mencetak gol sebanyak mungkin hingga bisa menyamai bahkan melewati rekor legenda tim nasional Brasil, Pele. "Saya pikir itu salah satu yang ingin saya capai karena ini untuk negara saya, timnas saya bermain, dan negara tempat saya dilahirkan," ujar eks andalan Barcelona ini.

Neymar sudah mencetak 70 gol saat berseragam Selecao. Ia masih tertinggal tujuh gol dari Pele. Apa pun yang terjadi nanti, ia menolak dibandingkan dengan sosok bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu. Baginya, Pele adalah simbol sepak bola Brasil. Salah satu orang yang membuat Negeri Samba mendunia dari lapangan hijau. 

Sebelum berfokus pada target tersebut, Neymar dan rekan-rekan patut waspada. Kolombia adalah satu-satunya tim yang mampu menahan imbang Selecao sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022 bergulir. Beberapa pekan lalu, papan skor Estadio Metropolitano Roberto Melendez, menunjukkan angka 0-0. 

Namun, kali ini duel berlangsung di markas Brasil. Kubu tamu ingin mempertahankan posisi di zona top four. Dengan mengantongi 16 poin, La Tricolor cuma unggul selisih gol atas Uruguay di urutan kelima. Kemudian, Cile yang di berada di posisi keenam mengemas 13 poin.

Masih ada enam pertandingan tersisa. Semua laga di depan mata terasa final. Kolombia bersaing dengan Ekuador, Uruguay, Cile, Bolivia, Paraguay, dan Peru. Tampaknya tim-tim ini cuma memperebutkan dua tiket otomatis, ditambah satu jatah play-off.

Pasalnya, dua tiket otomatis lainnya hampir pasti menjadi milik Brasil dan Argentina. Pantang bagi Juan Cuadrado dkk untuk terpeleset. Hasil imbang menjadi target realistis anak asuh Reinaldo Rueda yang bertamu ke Corinthians Arena.

Laga ini terasa spesial bagi pemain bertahan Kolombia, Yeimar Gomez Andrade. Jika diturunkan, ia bakal mencatat penampilan perdana bagi La Tricolor. Mengutip dari soundersfc.com, Yeimar antusias menatap duel di depan mata.

"Impian pesepak bola profesional adalah mewakili negaranya. Itu juga selalu menjadi impian saya. Sekarang saya telah mendapatkanya, saya sangat senang," ujar penggawa Seattle Sounders FC ini.

Prediksi Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1)

Kiper Alisson Becker

Bek kiri, kanan: Alex Sandro Danilo Luis

Bek tengah kiri, kanan: Thiago Silva, Marquinhos

Gelandang bertahan kiri, kanan: Casemiro, Fred

Winger kiri, second striker, winger kanan: Lucas Paqueta, Neymar, Vinicius Junior

Penyerang: Gabriel Jesus

Pelatih: Tite

Kolombia (4-4-2)

Kiper: David Ospina

Bek kiri, kanan: Johan Mojica, Daniel Munoz

Bek tengah (kiri, kanan): William Tesillo, Davinson Sanchez

Sayap kiri, kanan: Luiz Diaz, Juan Cuadrado

Gelandang tengah (kiri, kanan): James Rodriguez, Wilmar Barrios

Penyerang kiri, kanan: Zapata, Luis Muriel

Pelatih: Reinaldo Rueda

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat