Berinvestasi melalui platform teknologi (ilustrasi) Foto: darmawan / republika. | REPUBLIKA

Inovasi

08 Nov 2021, 17:44 WIB

Berikhtiar Wujudkan Kebebasan Finansial 

Teknologi bisa menjadi teman berinvestasi demi mewujudkan kebebasan finansial.

Selama masa pandemi, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya literasi keuangan. Terutama, untuk menghadapi situasi sulit atau kondisi yang penuh dengan ketidakpastian. 

Mendukung minat investasi generasi muda, pekan lalu, ShopeePay, layanan pembayaran digital, berkolaborasi dengan aplikasi investasi reksa dana Bibit.id. Selain untuk menghadirkan kemudahan akses terhadap produk reksa dana, kerja sama ini juga memfasilitasi generasi muda dalam merencanakan kebebasan finansial melalui passive income hasil berinvestasi. 

Konsep kebebasan finansial memang saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Termasuk dari para generasi milenial dan generasi Z. 

Hal ini turut tercermin dari data Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mencatat, jumlah investor muda terus mengalami kenaikan dan mendominasi komposisi investor hingga mencapai 80 persen per Juli 2021. Menanggapi antusiasme investasi di kalangan generasi muda, Bibit.id dan ShopeePay, berupaya mendampingi generasi muda agar semakin cakap dalam berinvestasi sehingga mampu mencapai kebebasan finansial yang didambakan.

photo
Berinvestasi melalui aplikasi - (Dok Shopee)

CEO Bibit Sigit Kouwagam menjelaskan, Bibit selama ini percaya setiap orang berhak atas masa depan keuangan yang lebih baik. “Sejalan dengan hal tersebut, Bibit.id memfasilitasi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya investor pemula, untuk berinvestasi di pasar modal dengan aman, mudah, dan nyaman,” ujarnya. 

Melalui kemitraan dengan ShopeePay di aplikasi Bibit.id, ia melanjutkan, Bibit berharap agar para pengguna dapat berinvestasi rutin secara lebih mudah demi mencapai tujuan keuangan mereka.

Senada, Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay menyampaikan, ShopeePay menyambut baik kolaborasi dengan Bibit.id sebagai sarana untuk memfasilitasi transaksi investasi reksa dana para penggunanya. 

Menurut Ekam, upaya ini juga semakin mempertegas komitmen ShopeePay untuk mendorong akses digitalisasi sekaligus memperluas kehadiran ShopeePay. “Kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan pengalaman transaksi reksa dana pengguna Bibit.id agar semakin aman, mudah, dan memuaskan,” ujarnya. 

 
Jumlah investor muda terus mengalami kenaikan dan mendominasi komposisi investor hingga mencapai 80 persen per Juli 2021.
Data Bursa Efek Indonesia (BEI)
 
 

Lirik Sektor Properti 

Salah satu instrumen investasi yang akan selalu diminati masyarakat, adalah properti. Pada Senin (8/11), CEO Crown Group, Iwan Sunito, melalui One Global Capital Future Fund (OGCFF), menjalin kolaborasi dengan SharedListing untuk meluncurkan platform digital SharedListing. 

Platform ini, hadir untuk kolaborasi dan rujukan agen properti di Indonesia. Juru Bicara OGCFF, Tyas Sudaryomo menjelaskan, rujukan di antara agen properti adalah gambaran besar dari cara properti dibeli dan dijual di Indonesia. 

“SharedListing  membawa kolaborasi dan rujukan agen ke tingkat berikutnya. Di mana agen properti di seluruh Indonesia, dapat terhubung, membagikan daftar listing mereka, dan mengundang agen lain untuk merujuk pembeli dengan memberikan biaya rujukan,” ujarnya. 

Menurut Tyas, pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan tambahan bagi para agen properti. Salah satunya, sulit untuk bertemu dengan vendor dan calon pembeli. 

Termasuk juga, sulit bagi agen dan calon pembeli untuk melakukan kegiatan open house. “Untuk membantu mengatasi tantangan tersebut, SharedListing dapat berkontribusi pada proses pemulihan sektor properti di Indonesia pascapandemi Covid-19," ujarnya. 

Kehadiran platform ini, disebut Iwan, akan membawa inovasi nyata ke sektor properti Indonesia, seiring meluasnya jaringan SharedListing ke pasar properti global utama lainnya. Co-Founder SharedListing Howard Barkhan menyampaikan, SharedListing selama ini mencari pasar yang besar, dengan volume penjualan properti yang signifikan, dan tingkat adopsi teknologi baru yang tinggi. 

“Kami pelajari, agen-agen Indonesia berusaha mencari solusi teknologi untuk berkolaborasi. Saat ini yang terjadi adalah kombinasi antara surel, SMS, Obrolan WhatsApp, dan kemungkinan CRM agensi yang semuanya memiliki keterbatasan,” ujarnya. 

SharedListing telah dibuat secara khusus untuk tujuan kolaborasi dan rujukan agen. Saat ini, keberadaannya adalah sebagai aplikasi untuk agen di lapangan, dan melalui portal berbasis laman yang ditargetkan untuk digunakan oleh administrator yang bekerja dari kantor pusat. 

Saat ini, aplikasi SharedListing untuk residensial dan komersial tersedia untuk diunduh secara gratis dari Google Play Store, Apple App Store, dan Galeri Huawei.

Agar Sukses Berinvestasi

photo
Menabung dan berinvestasi (ilustrasi) - (Pexels/Bich Tran)

Kebebasan finansial merupakan sesuatu yang perlu direncanakan sedari dini. Bagi sebagian besar generasi milenial dan generasi Z, hal ini mungkin cukup menantang, khususnya karena pendapatan bulanan yang relatif pas untuk memenuhi kebutuhan harian dan kebutuhan hidup lainnya. 

Namun, kebebasan finansial dapat mulai dibangun secara perlahan dengan langkah sederhana. Untuk itu, Bibit.id dan ShopeePay memberikan tiga prinsip utama berinvestasi yang dapat menjadi landasan generasi muda dalam mewujudkan kebebasan finansial yang diimpikan, yaitu: 

1. Realistis dalam menetapkan target keuangan dan jangka waktunya.

Mewujudkan kebebasan finansial tentu harus dibekali dengan target yang jelas dan realistis agar kita bisa merancang strategi keuangan dengan matang dan terperinci sesuai kemampuan. Memiliki target yang terlampau tinggi atau mustahil terkadang malah bisa menimbulkan rasa putus asa dan kecewa hingga akhirnya malas untuk melanjutkan investasi. 

Untuk memiliki target keuangan yang realistis, kita bisa menggunakan prinsip SMART yaitu specific, measurable, achievable, realistic, dan time bound (spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan ada jangka waktu tertentu-Red). 

Kita bisa memulai dengan menentukan secara spesifik jumlah dana yang hendak dicapai. Selain spesifik, target dana yang akan dikumpulkan juga harus realistis dengan mempertimbangkan bujet untuk kebutuhan harian, hiburan, serta dana darurat.

Setelah itu, kita bia mulai mencari pilihan investasi yang cocok dengan profil risiko kita. Misalnya, dengan fitur Robo Advisor pada aplikasi Bibit.id untuk mempermudah pemilihan produk investasi yang sesuai. 

Cukup pilih salah satu tujuan investasi yang tersedia, memasukkan target dana yang harus terkumpul, setelah itu Robo Advisor Bibit.id akan secara otomatis memberikan rekomendasi produk investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda.

2. Diversifikasi instrumen investasi 

Dalam upaya memaksimalkan hasil investasi, diversifikasi investasi menjadi salah satu strategi untuk menghindari risiko kerugian tertentu. Saat ini, ada beberapa instrument investasi yang bisa dipilih, antara lain produk reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, dan reksa dana saham dengan proporsi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Ketiga jenis reksa dana ini memiliki aspek likuiditas, keuntungan, dan risk tolerance yang berbeda-beda. Dengan begitu, kita dapat meminimalisasi risiko dari investasi yang dilakukan.

3. Konsisten dan disiplin

Salah satu kunci untuk mewujudkan kebebasan finansial adalah dengan menjadikan investasi sebagai kegiatan yang harus dilakukan secara konsisten. Tentukan frekuensi investasi sesuai dengan kemampuan dan komit untuk menjalaninya secara disiplin. Misalnya, setiap minggu atau setiap bulan. 

Saat ini, kita bisa membeli berbagai produk reksa dana di Bibit.id dengan mudah dan instan menggunakan ShopeePay. Berbagai keuntungan dan fasilitas yang diberikan oleh ShopeePay dapat membantu proses berinvestasi melalui gratis biaya transfer, hingga promo cashback 30 persen. 


×