Pelajar menjalani tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) lanjutan di Puskesmas Rusunawa, Jalan Cingised, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (2/11/2021). | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Nasional

Sembilan Provinsi Alami Peningkatan Kasus Sepekan Terakhir

Pemerintah terus memonitor perkembangan kasus di daerah menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru.

JAKARTA -- Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengemukakan terdapat sembilan provinsi di Indonesia yang mengalami kecenderungan peningkatan jumlah kasus positif sepekan terakhir. Sembilan provinsi yang dimaksud adalah Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Wiku mengatakan pandemi Covid-19 di provinsi tersebut masih terkendali karena kecenderungan peningkatan rata-rata jumlah kasus positif yang terlihat masih rendah. "Namun pergerakan ini harus terus dipantau untuk dilakukan mitigasi terhadap potensi kenaikan kasus di masa libur panjang," katanya, Kamis (4/11).

Ia mengatakan Jawa Barat menjadi provinsi penyumbang terbanyak kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yakni 741 kasus baru. Sekaligus menyumbang kasus aktif terbanyak 1.424 kasus.

"Persentase kesembuhan paling rendah dibandingkan yang lainnya adalah di provinsi Lampung, yaitu 90,63 persen," katanya. Wiku mengungkapkan. penambahan angka kematian tertinggi berasal dari Jawa Timur mencapai 39 orang.

Untuk angka keterisian tempat tidur rumah sakit untuk pasien Covid-19 didominasi Provinsi Papua yaitu 11,41 persen. Sementara itu daerah dengan cakupan vaksinasi dosis lengkap yang paling rendah adalah Provinsi Maluku Utara yaitu 17,5 persen.

Wiku memastikan pemerintah terus memonitor perkembangan kasus di daerah menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru. “Walau saat ini kasus Covid-19 cukup terkendali, namun monitoring terus dilakukan termasuk keterisian rumah sakit untuk menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan semaksimal mungkin,” ujar Wiku.

Pemerintah akan mendorong pihak rumah sakit untuk melakukan konversi tempat tidur jika keterisian tempat tidur untuk pasien sudah di atas ambang batas atau lebih dari 60 persen. Kebijakan menjelang periode libur akhir tahun akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus terkini dan kondisi di lapangan, termasuk pergerakan orang di berbagai lokasi seperti di tempat wisata, pertokoan, dan tempat peribadatan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat