Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (ketiga kiri) melakukan selebrasi. | ANTARA FOTO/Humas PSSI

Olahraga

Timnas Indonesia Diminta tak Cepat Puas

Kesuksesan Timnas Indonesia mengobati dahaga masyarakat Indonesia yang rindu kemenangan.

JAKARTA – Tim nasional (timnas) Indonesia memastikan diri lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023 usai menaklukkan Taiwan dalam dua leg di laga play-off. Setelah menang tipis 2-1 pada pertemuan pertama, skuad Garuda unggul meyakinkan dengan skor 3-0 pada leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam WIB.

Kesuksesan tim asuhan Shin Tae-yong ini tentu mengobati dahaga masyarakat Indonesia yang rindu kemenangan. Selain itu, permainan yang dipertontonkan oleh Evan Dimas dkk juga menunjukkan bahwa Indonesia punya kelas. Itu berarti, evaluasi dari Shin Tae-yong dalam penyelesaian akhir bekerja dengan baik.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana pada menit ke-27, Ricky Kambuaya pada menit ke-54, dan Witan Sulaeman pada menit ke-90+3. Shin mengaku puas dengan performa tim asuhannya tersebut. Ia pun mengapresiasi kerja keras anak asuhnya sepanjang pertandingan.

"Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan. Jadi, untuk ke depannya, kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang," kata Shin setelah pertandingan.

Kendati demikian, pelatih berusia 52 tahun tersebut menilai, masih perlu ada perbaikan di sektor pertahanan. Pasalnya, Indonesia beberapa kali hampir kecolongan karena membiarkan pemain lawan berdiri tanpa penjagaan. Ia melihat sektor pertahanan harus lebih stabil lagi.

"Meski hari ini kami mampu mencetak tiga gol, namun harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya. Kami ingin lebih baik lagi ke depannya dan ini adalah langkah pertama kami," kata Shin.

Selanjutnya, tim Merah Putih berhak bergabung dengan dengan Nepal, Mongolia, Bangladesh, dan Sri Langka di pot nomor empat. Adapun satu slot lagi, masih diperebutkan oleh Kamboja dan Guam yang akan melakoni laga leg kedua pada Selasa (12/10) malam WIB. Kamboja unggul 1-0 pada leg pertama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh story' ball (starzthetic.id)

Selain Indonesia, lima negara Asia Tenggara lainnya sudah lebih dulu memastikan lolos ke babak kualifikasi. Thailand, Filipina, dan Myanmar tergabung di pot nomor dua. Sementara, Malaysia dan Singapura menempati pot nomor tiga. Nantinya, 24 negara akan dibagi ke dalam enam grup untuk memperebutkan 11 tiket ke Piala Asia 2023.

Rencananya, Kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 1 Februari hingga 27 September 2022. Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang sudah memastikan tempat di putaran final Piala Asia 2023 karena menghuni dua besar klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan berpesan kepada pemain timnas Indonesia agar tidak cepat puas. Menurutnya, tim-tim kuat sudah menunggu di babak kualifikasi nanti.

Iriawan ingin, Evan Dimas dkk tetap bekerja keras, bermain maksimal, dan terus mengikuti instruksi dari tim pelatih. "Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi prestasi skuad Garuda," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (12/10).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat