Pemain bulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung | EPA-EFE/MAURI RATILAINEN

Olahraga

Tim Uber Bulutangkis Indonesia Unggul 4-1 Atas Prancis

Kemenangan pertama tim uber bulutangkis Indonesia dipersembahkan oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

DENMARK — Tim bulu tangkis putri Indonesia berhasil unggul 4-1 atas Prancis pada lanjutan penyisihan Grup A Piala Uber 2021 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Senin (11/10). Kemenangan pertama skuad Merah Putih dipersembahkan oleh tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, dengan mengalahkan Marie Batomene, 21-18, 21-13.

Jorji, sapaan akrab Gregoria Mariska, mampu mendominasi permainan. Tren positif tersebut dipertahankan oleh tunggal putri Putri Kusuma Wardani (KW) yang membuat Indonesia unggul menjadi 2-0 atas Prancis.

Putri KW berhasil meredam permainan Leonice Huet dua set langsung 21-9 dan 21-8. Ini merupakan kemenangan kedua Putri KW atas Leonice. Sebelumnya pebulu tangkis berusia 19 tahun asal Tangerang itu memperdaya Leonice pada ajang Spain Masters.

Pada partai ketiga, Indonesia menerjunkan pasangan ganda putri yang berbeda. Greysia Polii yang biasa berpasangan dengan Apriyani Rahayu diistirahatkan dan perannya digantikan Putri Syaikah.

Pada partai ini pasangan ganda Indonesia mendapat perlawanan ketat dari ganda putri Prancis, Margot Lambert/Anne Tran. Apriyani/Putri Syaikah dipaksa untuk memainkan reli-reli panjang sebelum mengalahkan Lambert/Tran dengan skor 21-13, 21- 10.

"Dari awal kami jelas sangat antusias masuk lapangan. Kami saling mendukung untuk membangun kekompakan," kata Apriyani seusai laga, Senin (11/10).

Pelatih ganda putri Eng Hian sangat senang atas upaya dan kerja keras yang ditunjukkan Apriyani dan Chika, sapaan akrab Putri Syaikah. Ia mengaku, meski baru dipasangkan sebagai tandem, keduanya mampu bermain sangat baik. "Kemenangan berharga untuk semua. Selain itu, Apriyani bisa membawa Chika bermain tenang dan bagus," kata Didi, sapaan Eng Hian.

Adapun pada partai keempat yang mempertemukan Nandini dengan pebulu tangkis peringkat 76 dunia, Hoyaux, berakhir pilu bagi Merah Putih. Pasalnya, Nandini yang menjalani debut di Piala Uber 2021 harus menyerah karena mengalami cedera menjelang akhir rubber game dengan skor akhir 12-21, 21-16, dan 20-17 untuk kemenangan Hoyaux.

Dini pun mengaku menyesal harus memupus asa untuk bisa menyumbangkan angka bagi tim Merah Putih. "Sakit sekali, padahal tadi kondisi saya sudahlumayan bagus bisa memberikan perlawanan," kata Dini menjelaskan penyesalannya.

Kemenangan terakhir tim Indonesia didapat dari pasangan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto setelah unggul 23-21 dan 22-20 atas lawannya, Marie Batomene/Delphine Delrue.

Praktis hasil ini memastikan kemenangan Indonesia 4-1 atas Prancis. Di laga perdana, Indonesia juga memetik kemenangan 4-1 atas Jerman.

Skuad Merah Putih dipastikan lolos perempat final Piala Uber 2021 apabila Jepang mampu menaklukkan Jerman. Jika ini terjadi, Indonesia akan berebut status juara grup pada laga melawan Jepang, Selasa (12/10).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat