Ketua DPR Puan Maharani (tengah). Puan mendorong perempuan memanfaatkan dan berkontribusi dalam dunia teknologi digital. | Prayogi/Republika.

Nasional

Puan: Gunakan Teknologi Digital untuk Kegiatan Produktif

Puan mendorong perempuan memanfaatkan dan berkontribusi dalam dunia teknologi digital.

JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Karena itu, ia ingin seluruh elemen masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

"Kita ingin anak-anak kita sudah tahu sejak awal bahwa mereka dapat menggunakan teknologi digital untuk kegiatan-kegiatan produktif, bukan hanya kegiatan konsumtif," ujar Puan dalam acara Women in Tech: Kepemimpinan Perempuan di Era Digital, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9).

Secara khusus, Puan mendorong perempuan untuk memanfaatkan dan memberikan kontribusi dalam dunia teknologi digital. Puan mengatakan, perempuan dapat menjadi pemimpin dan penggerak kemajuan dalam dunia yang makin terdigitalisasi. 

"Perempuan dapat menjadi kreator di dunia digital atau perempuan bisa menjadi leaders di industri teknologi dan digital," ujar Puan.

Puan juga mendorong semua anggota DPR, khususnya para legislator perempuan, untuk melek terhadap hal tersebut. Teknologi digital dapat meningkatkan kelas anggota DPR dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan.

photo
Director ICT Strategy & Business PT Huawei Tech Investment Mohamad Rosidi menjadi narasumber dalam talkshow online di Jakarta, Kamis (23/9/2021). Talkshow yang diselenggarakan oleh Republika ini mengangkat tema KitaBisaUsaha. -- (Prayogi/Republika.)

Dengan demikian, masyarakat secara tidak langsung turut merasakan manfaat teknologi. "DPR RI harus semakin melek digital. Kita anggota dewan yang perempuan harus melek digital, semakin paham digital," ujar Puan.

Ia tak menampik bahwa teknologi digital juga memiliki dampak negatif di kehidupan masyarakat. Karena itu, ia mendorong DPR dan pemerintah agar memberikan ketenangan kepada masyarakat terkait keamanan dunia digital agar masyarakat tak tabu dan takut terhadap hal tersebut. 

"Negara perlu hadir untuk memberi ketenangan bagi rakyat, rakyat perlu tahu dan yakin bahwa negara melindungi data mereka di era digital," ujar politikus PDIP itu.

Buka kesempatan

Corporate SVP and Director of the Board Huawei Catherine Chen mengatakan, teknologi digital membuka kesempatan yang menakjubkan untuk pertumbuhan sosial, ekonomi, dan perkembangan individu. Karena itu, manfaatnya juga harus dirasakan oleh setiap elemen masyarakat.

Demi mewujudkan hal tersebut, Huawei dituntun oleh gagasan ‘di Indonesia dan untuk Indonesia’ dan mengandalkan karyawan lokal selama 21 tahun beroperasi di tanah air. Selain itu, Huawei bekerja sama dengan organisasi massa untuk menyokong komunitas dan warga, terutama kelompok rentan. 

"Kami telah bekerja sama dengan pemerintah dan mitra dalam penggelaran infrastruktur digital," ujar Catherine.

Huawei berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan mitra industri untuk memperkuat kesadaran keamanan siber. Ia percaya banyak talenta di Indonesia yang dibutuhkan untuk menciptakan dunia digital yang lebih inklusif yang bermanfaat bagi semua orang.

"Pandemi telah menegaskan pentingnya infrastruktur digital dan teknologi. Selain juga mendorong untuk menggunakan daya ungkit keahlian kami dan menyediakan terobosan solusi untuk pembelajaran daring, kesehatan, dan bisnis," ujar Catherine. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat