Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mendampingi Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu | Erdy Nasrul

Nasional

Tingkat Vaksinasi Di Pakpak Bharat Mencapai 82 Persen

Apresiasi Presiden Joko Widodo merupakan hadiah terbesar bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat.

 

PAKPAK BHARAT - Tingkat vaksinasi di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, sudah mencapai 82 persen. Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, menyebut dengan tingkat vaksinasi yang mencapai 82 persen, tingkat Vaksinasi di Kabupaten Pakpak Bharat adalah yang tertinggi di Sumatera Utara.

Bahkan pada Kamis lalu (16/9), Presiden RI. Joko Widodo saat menghadiri rapat bersama Forkopimda serta Bupati dan Walikota se-Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, sempat mengapresiasi pencapaian Kabupaten Pakpak Bharat. 

Dalam siaran persnya, Franc Bernhard Tumanggor, mengatakan apresiasi yang disampaikan presiden RI Joko Widodo merupakan hadiah terbesar bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, Forkopimda,TNI/Polri serta tenaga kesehatan sebagai garda terdepan di lapangan. 

"Apresiasi dari bapak Presiden ini merupakan motivasi bagi seluruh stakeholder untuk semakin meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19, sehingga masyarakat khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat bisa seluruhnya mendapatkan vaksin, mulai usia dua belas tahun hingga masyarakat dewasa." ujar Bupati Pakpak Bharat.

Franc Bernhard Tumanggor mendorong segenap unsur dan lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam pelaksanaan vaksinasi supaya pandemi dapat segera tuntas di Kabupaten Pakpak Bharat. Ia  meminta  setiap warga Pakpak Bharat yang belum melakukan vaksinasi, supaya segera melakukan vaksinasi guna mempercepat penanggulangan pandemi. 

Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan vaksin dosis I dan Dosis II, pemkab Pakpak Bharat juga telah membentuk posko pelayanan terpadu vaksinasi Covid-19 yang berada di Gedung Serba Guna Salak, tepatnya di depan Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat dan dibuka hari Senin-Jumat pukul 09:00 -15: 00 WIB.

Selain itu, Bupati Pakpak Bharat juga rutin menyambangi masyarakat untuk mengejar target vaksinasi tingkat kabupaten. Ia menemui masyarakat, antara lain untuk mengajak mereka untuk mau divaksin. 

"Dalam kegiatan vaksinasi di desa-desa terpencil, yang sulit ditempuh roda empat seperti kecamatan Sibagindar yang berbatasan dengan Aceh Singkil, saya dan tim  harus menggunakan roda dua, dan bahkan menginap di rumah masyarakat. Kita beri Semangat mereka agar bersedia divaksin," ujarnya.

Data terakhir yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat,  jumlah anak usia 12-17 yang sudah tervaksinasi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat adalah dosis I sebanyak 98,48% dan dosis II sebanyak  18,94 %.   Sedangkan  jumlah total keseluruhan   persentase capaian vaksinasi di Kab.Pakpak Bharat adalah Dosis I 83,26% dan Dosis II 52,89 %.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat