Anak-anak memanfaatkan layanan Mobil Internet dan Layanan Kewilayahan (Monika) milik Perpustakaan Kota Yogyakarta di Demangan, Yogyakarta, Rabu (2/6). Di Monika anak-anak bisa memanfaatkan layanan internet gratis menggunakan laptop. Selain itu, juga bisa | Wihdan Hidayat / Republika

Inovasi

Manfaatkan Internet untuk Kebaikan

Dinamika informasi di masa pandemi sangat tak terkendali.

Dinamika informasi di masa pandemi begitu luar biasa. Tak terhitung lagi, berapa banyak berita bohong atau misinformasi yang tersebar di jagat maya selama ini. 

Pda Jumat (17/9), IndiHome bersama para brand ambassador-nya yaitu Mikha Tambayong dan Keluarga Christian Sugiono dan Titi Kamal mengajak masyarakat untuk menyebarkan cerita yang memberi semangat dan inspirasi melalui gerakan sosial #LebihBaikSebarYangBaik. 

Ini merupakan sebuah bentuk kepedulian IndiHome terhadap situasi saat ini di mana maraknya berita negatif dan hoaks di media sosial. Masyarakat dapat mengunggah cerita menariknya pada akun media sosial pribadinya dan melakukan registrasi di laman www.indihome.co.id/sebaryangbaik pada periode 23 Agustus sampai 23 Oktober 2021. 

Tiga cerita terbaik akan dipilih oleh Titi Kamal, Christian Sugiono, dan Mikha Tambayong, kemudian berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari IndiHome.

Titi Kamal mengungkapkan, akhir-akhir ini memang begitu banyak berita yang meresahkan dan tidak benar di media. “Dengan adanya gerakan #LebihBaikSebarYangBaik, kenapa kita tidak berkarya, memberikan konten positif maupun positif vibes ke orang banyak, seperti memasak, menyanyi, dan hal lainnya,” ujar dia. 

Selain itu, Indihome bersama para brand ambassador-nya juga mengajak masyarakat berkreasi sekaligus mengharumkan nama Indonesia melalui program “Indonesia Keren”. Program ini adalah program eksklusif dari IndiHome untuk mencari insan kreatif dan peduli seni budaya Indonesia. Ini merupakan wujud dukungan IndiHome dalam melestarikan seni budaya khas Indonesia di tengah era globalisasi. 

photo
Pengumuman prpgram Indonesia Keren dan #LebihBaikSebaryangBaik dari IndiHome, Jumat (17/9). - (Dok Telkom)

Bagi peserta yang terpilih akan memperoleh kesempatan untuk tampil pada ajang pertunjukan seni internasional, yaitu World Expo Dubai 2020, sebuah perhelatan prestisius yang akan digelar pada 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022, diikuti partisipan sekitar 190 negara, termasuk Indonesia.

Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana menjelaskan, program Indonesia Keren merupakan kesempatan emas bagi masyarakat yang memiliki bakat seni dan budaya seperti menyanyi, menari, maupun bakat seni budaya lainnya untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dan tampil tampil di World Expo Dubai 2020. “Saat ini sebanyak lebih dari 600 karya telah mengikuti program ini. Audisi program Indonesia Keren dibuka sejak 17 Agustus hingga 23 September 2021,” ujarnya. 

Masyarakat masih berkesempatan mengikuti audisi progam Indonesia Keren dengan mengunggah link karya melalui www.indihome.co.id/indonesiakeren dan media sosial masing-masing. 

Karya yang ditampilkan harus mengandung unsur seni budaya Indonesia. Peserta pun diberi kebebasan mengembangkan ide serta kemampuan yang dimiliki untuk ditampilkan, baik seni tari, musik, maupun seni budaya lainnya.

Karya peserta akan dikurasi secara ketat dan objektif oleh Rangga Djoened dan Dudy Gunawan yang selama ini dikenal sebagai koreografer profesional seni dan budaya Indonesia. Nantinya, pemenang akan diumumkan pada 24 September 2021.

 

 

Program Indonesia Keren merupakan kesempatan emas bagi masyarakat yang memiliki bakat seni dan budaya seperti menyanyi, menari, maupun bakat seni budaya lainnya untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

 

VENUSIANA, Direktur Consumer Service Telkom.
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat