Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat menjadi narasumber pada acara webinar Outlook Ekonomi Syariah 2021 di Jakarta, Rabu (2/12). Acara yang merupakan rangkaian dari Road To Anugerah Syariah Republika 2020 ini mengangkat tema | Prayogi/Republika

Ekonomi

KNEKS Raih Penghargaan GIFA 2021

KNEKS akan mendorong berbagai elemen mendukung pelaksanaan ekonomi syariah.

JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mewakili Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menerima penghargaan Global Islamic Finance Awards (GIFA) 2021. Kiai Ma’ruf mendorong KNEKS untuk terus bekerja keras dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Kami menerima ini sebagai sebuah tantangan untuk terus bekerja keras mewujudkan visi Indonesia menjadi global hub ekonomi syariah dan industri halal dunia," ujar Ma’ruf, Selasa (14/9).

Wapres mengatakan, penghargaan ini mendorong KNEKS untuk terus bekerja keras dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, ekonomi dan keuangan syariah saat ini menjadi sumber ekonomi baru pascapandemi.

Ma’ruf juga mengapresiasi GIFA yang telah menjadi katalisator dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Islam secara global. GIFA juga menyertakan semua pemangku kepentingan industri, mulai dari politisi hingga akademisi, yang berkontribusi besar dalam bidang masing-masing.

KNEKS menerima penghargaan GIFA sebagai Global Islamic Finance Leadership Award 2021 untuk kategori institusi. Direktur Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi dalam memenuhi tugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Menurut Ventje, KNEKS adalah lembaga yang unik dan belum ada yang serupa di dunia. KNEKS saat ini berupaya memperkuat kolaborasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KNEKS (kneks.id)

 

GIFA telah memberikan beberapa penghargaan kepada Indonesia, di antaranya penghargaan GIFA Islamic Finance Leadership Award 2016 kepada Presiden Joko Widodo. Kemudian, GIFA Lifetime Achievement Award 2016 kepada Kiai Ma’ruf saat menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam GIFA 2021, beberapa pelaku ekonomi dan keuangan syariah Indonesia turut mendapatkan penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Yayasan Baitul Maal Muamalat yang meraih GIFA Excellence Award kategori Islamic Social Responsibility 2021.

Kemudian, Tazkia Islamic University College yang meraih GIFA Championship Award kategori Education in Islamic Banking and Finance 2021, Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai GIFA Market Leadership Award kategori Islamic Banking 2021, dan Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih GIFA Islamic Capital Market Award 2021.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat