Peserta vaksinasi yang terdiri dari remaja dan pelajar di ruang observasi saat Gebyar Vaksin Covid-19 usia 12 tahun ke atas di Graha Bhayangkara, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Selasa (14/9/2021). Meski bukan syarat PTM, vaksinasi pelajar masih terus diperc | Edi Yusuf/Republika

Nasional

Mendikbud: PTM tak Perlu Menunggu Vaksinasi Pelajar

Meski bukan syarat PTM, vaksinasi pelajar masih terus dipercepat.

YOGYAKARTA -- Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim mengatakan, sekolah yang akan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) tidak perlu menunggu selesainya vaksinasi Covid-19 untuk pelajar. Sekolah yang berada di wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 sudah bisa menggelar PTM.

"Semua Level 1 sampai 3 boleh tatap muka sekarang juga, tidak perlu menunggu vaksinasi," kata Nadiem di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (14/9).

Nadiem menyebut, vaksinasi pelajar tidak menjadi kriteria sekolah menerapkan PTM. Hal itu berbeda dengan vaksinasi guru yang menjadi kriteria melaksanakan PTM terbatas. "Hampir semua tenaga pendidik, sekitar 50 atau 60 persen sudah divaksin," ujarnya.

Ia menegaskan, sekolah yang gurunya sudah divaksin wajib menyediakan opsi PTM. Walaupun begitu, PTM juga tetap harus mendapatkan izin dari orang tua. "Keputusan terakhir itu ada di orang tua, orang tua mau anaknya PJJ (pembelajaran jarak jauh), silakan," jelas Nadiem.

Nadiem mengatakan, meski bukan syarat PTM, vaksinasi pelajar masih terus dipercepat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata Nadiem, terus mendorong percepatan vaksinasi tersebut.

Nampaknya, imbauan Nadiem tidak sejalan dengan daerah. Pemerintah DIY misalnya, menegaskan tidak akan menyelenggarakan PTM sebelum vaksinasi pelajar selesai. Walaupun DIY masuk PPKM Level 3, vaksin menjadi salah satu syarat PTM.

"Kita ya sedang disiapkan (untuk PTM), yang memang semua harus vaksinasi," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (14/9).

Sultan menyebut, vaksinasi guru di DIY sudah diselesaikan. Sementara, vaksinasi pelajar masih berlangsung dan sudah hampir selesai.

Pernyataan Sri Sultan searah dengan Presiden Joko Widodo. Pada Senin (13/9), Jokowi menyatakan vaksinasi para pelajar penting agar PTM di wilayah PPKM Level 1-3 dapat segera dilaksanakan. Jokowi meminta kepala sekolah di tiap daerah tersebut segera menyelesaikan vaksinasi para pelajar dengan melibatkan personel TNI.

“Semua kepala sekolah kejar, bapak/ibu bupati dan wali kota untuk vaksinasi pelajar-pelajar kita ini agar segera diselesaikan, segera dirampungkan," kata Jokowi saat meninjau kegiatan vaksinasi pelajar di SMAN 1 Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (13/9). 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat