Industri //e-sport// (ilustrasi) | Pexels/Fox

Inovasi

Berlaga dengan Percaya Diri

Perangkat gaming kini terus bermunculan, demi menunjang industri e-sport Tanah Air.

Dunia e-sports bukan lagi sekadar bermain gim. Ada industri besar yang ikut menjadi bagian dalam ekosistemnya. Mulai dari, pengembang gim, sponsor, penyelenggara ajang kompetisi, hingga gawai pendukung permainan yang harus mampu menunjang permainan.

Pada akhir Juni lalu, Asus Republic of Gamers (ROG) meluncurkan ROG Phone 5 Series, yang merupakan inkarnasi baru dari smartphone gaming yang memberikan penggunanya pengalaman bermain dengan penuh percaya diri.

photo
Asus ROG Phone 5 Series - (Dok Asus Indonesia)

Jimmy Lin selaku Asus Regional Director Southeast Asia, menjelaskan, komitmen Asus untuk menjadi produsen perangkat gaming terdepan dibuktikan dengan hadirnya ROG Phone 5 Series. Perangkat ini, merupakan penyempurnaan dari ROG Phone 2 dan 3. “Perangkat ini hadir dengan peningkatan di berbagai aspek untuk membuat gamers menjadi pemenang di setiap permainan," lanjutnya.

ROG Phone 5 Series didukung platform Mobile Qualcomm Snapdragon 888 5G unggulan yang menampilkan komunikasi 5G canggih dan fitur-fitur premium Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Menurut ST Liew selaku Vice President, Qualcomm CDMA Technologies Asia-Pacific and President, Qualcomm Taiwan Corporation, platform seluler Qualcomm Snapdragon 888 5G, hadir untuk mengemas inovasi di industri smartphone untuk 5G, AI, fotografi dan terpenting, gaming.

“Dengan platform ini, ROG Phone 5 membawa kekuatan pemrosesan seluler ke level yang baru. Qualcomm memastikan, platform seluler Qualcomm Snapdragon 888 5G ini, menjadi penyempurna bagi ROG Phone 5,” ungkapnya.

Republika pun berkesempatan menjajal perangkat yang ditawarkan dikisaran harga Rp 9 hingga Rp 19 juta ini.  Secara penampilan, ROG Phone 5 terlihat gagah, dengan tampilan maskulin, seperti ponsel gaming pada umumnya. Di layarnya yang berukuran seluas 6,78 inch, terdapat kamera swafoto dan sematan pelantang untuk menunjang permainan gim atau ketika kita akan menikmati hiburan.

Permukaannya yang sedikit licin, bisa jadi merepotkan ketika kita akan bermain atau menonton streaming pada jangka waktu yang lama. Tapi, untuk digenggam, perangkat ini tetap terasa pas.

Dengan bobot sekitar 238 gram, ROG Phone 5 menggunakan panel OLED E4 buatan Samsung, lengkap dengan sertifikasi keamanan mata dari SGS Eye Care. Dengan begitu, mata pengguna bisa tetap terasa nyaman, meski intensitas screen time secara umum saat ini terus meningkat.

ROG Phone 5 Series memiliki baterai 6.000 mAh, dan dilengkapi adaptor HyperCharge 65 watt yang mengisi baterai dalam waktu sesingkat mungkin. Dari pengalaman Republika ketika mengisi ulang perangkat ini, diperlukan waktu 30 menit, untuk mengisi kapasitas baterai perangkat hingga 70 persen.

Tapi, ketika baterai sudah sangat tiris, atau sekitar 10 persen, proses pengisian dayanya juga tetap terbilang cepat. Yaitu, sekitar 1 jam 15 hingga akhirnya terisi penuh. 

Kaya Fitur Penunjang

photo
Oppo Reno 6 5G - (GSM Arena)

Sebelum menjajal kemampuan bermain dan menjadi pemain profesional e-sports, kita perlu mengetahui fitur-fitur utama dari smartphone yang dapat membantu memberikan performa luar biasa. 

Termasuk juga, tentunya mempercepat push rank di tingkat teratas. Oppo Chief Creative Officer Patrick Owen menjelaskan, Oppo senantiasa mengajak para penggunanya agar mampu terus berkarya, khususnya bagi pada pemain e-sports Tanah Air. 

Para pemain, ia melanjutkan, kini bahkan bisa menjadikan e-sports sebagai sumber penghasilan karena industrinya yang tengah berkembang pesat. “Untuk itu, Oppo melalui Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G menyediakan fitur yang mendukung pemain e-sports semakin berprestasi dengan fitur yang akan sangat membantu pemain e-sports,” ujarnya. 

Salah satu fitur yang amat penting untuk ada di smartphone gaming adalah ketahanan baterai. Oppo Reno6 5G memiliki 4.300mAh daya baterai dengan 65W SuperVOOC 2.0. Baterai dapat terisi penuh 100 persen hanya dengan waktu charge selama 28 menit. 

Selain itu, masalah utama yang sering dialami oleh para pemain e-sports adalah smartphone yang kerap panas. Reno6 Pro 5G menambahkan 3.68cm2 Ultra Large Vapor Chamber (VC) melengkapi sistem multi-pendinginan yang ada. 

VC ini mencakup 32 persen dari area telepon, termasuk SoC, Modem, RAM, ROM, dan sebagian besar area baterai. Performa smartphone juga sangat menentukan kecepatan pemain dalam merespon permainan. 

Hal ini, terkait dengan chipset dan kapasitas ruang penyimpanan. Jika sebelumnya, para pemain disarankan untuk uninstall beberapa aplikasi untuk menambah ruang, kini hal itu tak perlu. Reno6 5G menggunakan 8GB RAM + 128GB ROM untuk memaksimalkan permainan dan ini dapat diperluas kembali dengan berbagai opsi. 

 

 

Memilih gawai yang tepat dapat makin menunjang permainan, ketika kita berlaga di dunia e-sport.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat